by

Polsek Pangandaran Polres Ciamis Polda Jabar Monitoring Rakernis Pengawasan Kampanye Pilkada Tahun 2020

Pangandaran – LINTAS PENA

Jajaran personel Kepolisian Sektor Pangandaran Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan monitoring pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Pengawasan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Pangandaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Sun In, Jalan Kidang Pananjung No.199, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (24/09/2020).

Rakernis diikuti kurang lebih 45 orang. yang hadir adalah Kordiv Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jabar, Loly Suhenti, Staf Pengawasan Bawaslu Provinsi Jabar, Ridwan Raharja, Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan, S.Ag., Kadiv Parmas KPU Kabupaten Pangandaran, Maskuri Sudrajat, Kordiv PHL dan Hubal Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Gaga Abdulah Sihab, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Drs. Asep Wahyu, dan para Ketua serta Komisioner Pawascam maupun Staf PHL se-Kabupaten Pangandaran.

Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadi, SH., M.M., mengatakan, kehadiran aparat keamanan dalam hal ini personel Polsek Pangandaran Polres Ciamis Polda Jabar dalam monitoring kegiatan Raker Bawaslu Kabupaten Pangandaran untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas. Guna memberikan rasa nyaman dan kondusif para peserta sehingga dapat memahami materi yang disampaikan.

“Segala bentuk kegiatan tahapan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pangandaran TNI-Polri harus selalu hadir guna mendeteksi sedini mungkin gangguan Kamtibmas. Sehingga pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Pangandaran dapat berjalan lancar, damai, dan kondusif,” katanya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Kompol Suyadi menambahkan, peran serta Polri akan lebih ditingkatkan lagi untuk tidak hanya menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas tetapi juga memberikan edukasi atau pemahaman terhadap masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Dengan disiplin protokol kesehatan menjadi langkah bersama memutus penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini masih terus mewabah.”Mari sama-sama menerapkan protokol kesehatan yang 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Ini upaya kita bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu Kordiv Humas Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Loly Suhenti menyampaikan, PKPU 13 Tahun 2020 adanya pembubaran, dimana yang tidak taat aturan protokol kesehatan serta dianjurkan untuk memakai masker medis, masker katun tebal dan tidak dianjurkan untuk memakai masker scuba. Sementara, PKPU 12 membahas tentang dana kampanye, etika ada aturan langsung membaca cepat dan perhatikan

“PKPU 13 Tahun 2020 tentang peraturan lain yang tadinya dapat dilakukan menjadi tidak dapat dilakukan. Yakni larangan adanya kerumunan/gerombolan seperti pentas seni, hiburan, olah raga besar dilapangan dalam kerumunan besar. Adanya aturan baru yang keluar untuk pembubaran masa dimusim kampanye dilakukan oleh pihak kepolisian,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Staf Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Ridwan Raharja mengatakan, kampanye merupakan tahapan yang menyita emosi publik. Kemampuan pengawasan menjadi tanggung jawab semua divisi, namun terkait temuan dan laporan pelanggaran kampanye, paling berwenang adalah divisi penindakan dan pengawasan. Tugas utama Bawaslu adalah pencegahan, pengawasan dan penindakan, Jangan sampai tidak ada laporan, temuan pengawasan serta penanganan pelanggaran dalam masa kampanye.

“Seluruh jajaran Bawaslu, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk bersama masyarakat berpartisipasi mengawasi dan memantau seluruh tahapan kampanye guna mencegah terjadinya pelanggaran. Semua hal dan aktivitas boleh dilakukan saat masa kampanye, kecuali yang dilarang. Ini pentingnya mengkomunikasikan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh ke partai politik,” katanya.

Pesan pesan pencegahan, kata Ridwan, akan disampaikan ke partai politik apabila orientasi pencegahan didahulukan. “Partai politik akan tahu mana yang dilarang dan mana yang tidak dilarang. Sehingga akan ada kehati-hatian untuk melakukan pelanggaran kampanye,” ungkapnya. .(HUMAS POLRES CIAMIS/EDIS 57)

Comment

News Feed