by

Warisan Bertengkar

Oleh : Rudi Mahar Nurjaman, S.Pd. (Guru PJOK SDN 1 Manangga Kota Tasikmalaya)

ETIKA cara bergaul antar sesama manusia sangatlah diperlukan dalam kehidupan sekaarang ini mengingat banyaknya kasus problem yang memicu ke sebuah pertengkaran. Pertengkaran merupakan sebuah tindakan dan sebuah pergulatan dari hawa nafsu yang mungkin tidak pernah berujung bahkan dapat memutuskan tali silaturahmi antara sesame manusia.

Banyak sekali akibat buruk dari sebuah pertengkaran sengga mewariskan rasa dendam kesumat yang akan merusak kehidupan. Hal ini sangat berbahaya jika diteruskan dengan berkepanjangan karena dapat memicu kepada kehidupan yang sulit, membahayakan orang lain, pribadinya, keluarga, masarakat bahkan bisa juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam pemberitaan sekarang-sekarang ini pertengkaran-pertengkaran antar teman, saudara, ormas, Negara sering kita saksikan di dalam media televise dan radio bahkan sekarang sangat cepat di dalam layanan situs internet. Daalam pemberitaan itu ada yang lebih miris lagi yaitu pertengkaran seorang anak dengan orang tuanya samapai kehilangan nyawa di salah satu pihak, kalaupun tidak kehilangan nyawa takut adanya ucapan serapah-serapah sehingga berakibat patal ke depannya.

Sebuah kekuatan akan hilang sirna jika melintasi garis perjuangan. Marilah kita bersama-sama saling menahan diri, banyak berpandangan baik terhadap sesama, berpegang kuat kepada tali agama Alloh SWT dan seringlah tersenyum karena dengan senyuman akan tercipta rasa sejuk, damai dan tentram.

Hindarilah pertengkaran meskipun kita merasa paling jago karena pertengkaran hanya dapat mewariskan perasaan dendam, dengki, egois dan saling menjatuhkan serta memicu tindakan anarkis yang extrim.

sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damakanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Alloh supaya kamu mendapt rahmat “. (QS Al Hujrat. 10).

“ dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali agama Alloh, dan janganla kamu bercerai berai dan ingatlah akan nikmat Alloh kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahilyah) bermusuh-musuhan, maka Alloh mempersatukan hatimu lalu menjadilah kamu karena nikmat Alloh orang-orang yang barsaudaradan kamu telah berada di tepi jurang neraka dan Alloh menyelamatkanmu dari padanya  demikianlah Alloh menerangkan ayat-ayatnya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk “. (QS. Al Imran 103). “

Please follow and like us:

Comment

News Feed