by

Kapolres Ciamis Ikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Ciamis – LINTAS PENA

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di halaman pendopo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020).

Apel dipimpin langsung Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya, didampingi Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra. Dengan diikuti puluhan personel gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah baik BPBD, Tagana, Damkar, Satpol PP, Dishub, dan relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya menyampaikan, berdasarkan informasi dari BNPB, Kabupaten Ciamis menempati posisi ke-16 di tingkat Nasional daerah rawan bencana. Sedangkan untuk tingkat Provinsi, Kabupaten Ciamis berada di urutan ke-5 dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Banyak pontensi bencana yang sangat mengancam masyarakat, diantaranya Banjir, Gempa, Tanah Longsor dan Pergeseran Tanah. Untuk itu kita harus dapat meminimalisir korban jiwa dan menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa kondisi saat ini cuaca cukup ekstrim. Banjir terjadi di beberapa wilayah selatan Ciamis. Mari bersama-sama membantu mensosialisasikan kepada masyarakat agar lebih waspada,” jelasnya.

Untuk itu, kata Herdiat, kesiapsiagaan dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin terselenggaranya proses penanganan bencana dengan aman guna menekan potensi kerugian baik materiil ataupun hal yang tidak diinginkan. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta dapat memfasilitasi ruang partisipasi para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam memobilisasi sumber daya yang ada untuk penanganan bencana darurat.

“Tingkat kesiapsiagaan harus kita tingkatkan agar kewajiban kita dalam melindungi masyarakat dalam berbagai ancaman dapat dijalankan secara efektif. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kegiatan apel sinergitas ini terus dilaksanakan setiap periode, agar kemapuan semua komponen senantiasi terpelihara, dan kabupaten Ciamis menjadi tangguh dalam ancaman bencana yang ada,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres beserta Dandim dan Bupati Ciamis meninjau ke lokasi desplay peralatan penangan bencana. Melihat dan meriksa alat-alat yang digunakan ketika penanggulangan bencana. Selama kegiatan berlangsung, berjalan lancar dan kondusif.

@HUMAS POLRES CIAMIS/EDIS 57

 

Please follow and like us:

Comment

News Feed