by

Nelayan Kabupaten OKI terima Bantuan Mesin Perahu Hemat Ongkos Melaut Hingga 50 Persen

OKI Sumsel LINTAS PENA

Upaya untuk meningkatkan  penghasilan dan kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatra Selatan (Sumsel) melalu Dinas Perikanan Kabupaten OKI kembali membantu para nelayan yang ada di Kabupaten paket mesin perahu konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) secara Simbolis dan bertahap.

Konversi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) bagi nelayan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel dinilai dapat mengurangi ongkos melaut nelayan di daerah Kabupaten OKI tersebut hingga 50 persen. Selasa 20/10-2020.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H M Dja’far Shodiq menjelaskan, Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ilir  (OKI) akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para warganya, Untuk itu, bantuan ini betul-betul bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para nelayan, jelasnya

Shodiq berharap agar sekitar 33 ribu nelayan di OKI mendapatkan bantuan yang sama. “Dengan bantuan ini mungkin belum mencukupi secara keseluruhan, tapi bantuan ini akan sangat tepat sekali. Manfaatkan bantuan sebaik-baiknya, harap Shodiq.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten OKI, Irawan menuturkan, mesin perahu konversi dari bahan bakar (BBM) ke Bahan Bakar gas (BBG)) ini dapat membantu operasi para nelayan untuk mengurangi biaya melaut.

“Pertama, harganya lebih murah dari BBM. Bahan bakar gas (BBG) ini lebih murah dibanding BBM per liternya. Penghematan biaya operasional dengan menggunakan LPG berkisar 30-50% dibanding saat menggunakan BBM (minyak solar). Di beberapa tempat bahkan bisa menghemat hingga 80%” katanya saat penyerahan bantuan mesin berkonventer BBG kepada sebanyak 1.707 nelayan dari lima kecamatan di Kabupaten OKI, tuturnya.

Irawan kembali menuturkan, Bantuan ini merupakan tahapan kedua yang diterima oleh nelayan di Kabupaten OKI sejak tahun lalu sebanyak 950 paket pada tahun ini.“Tahun lalu kita menerima 950 paket tahun ini sedikit lebih banyak 1.707 paket untuk 5 Kecamatan antara lain, Kayuagung 491 paket, SP Padang 433 paket, Jejawi 404 paket, Pampangan 278 , Pedamaran 101 paket,” ungkapnya.

Irawan kembali melanjutkan, ribuan paket bantuan mesin ini akan disalurkan secara bertahap kepada nelayan. “Ini akan kita bagikan secara bertahap mulai 21 Oktober hingga 19 November nanti, dibagikan secara bertahap mengingat saat ini masih dalam pandemi jadi kita bagikan juga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Perhari 50-60 nelayan yang bisa dilayani,” jelasnya. (RAHMAN).

Please follow and like us:

Comment

News Feed