by

Ketua PWI Bengkalis : “ FWBS Silaturahmi Bersama Forum Kepala Desa Siak Kecil ”

Bengkalis,LINTAS PENA

Dalam rangka meningkatkan kerjasama media di Tahun 2021, Forum Wartawan Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana melakukan Silaturahmi bersama Forum Kepala Desa Siak Kecil.

Pertemuan tersebut, berlangsung di Ruang Rapat Kantor Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Jum’at (08/01/2021). Selain seluruh Forum Kepala Desa se-Kecamatan Siak Kecil, Juga hadir Ketua PWI Kabupaten Bengkalis, Alfis Nardo S.AP, Ketua FWBS Darmayanto A. Md, Erwin Syahputra S.Psi, Ketua Awni Darwis AK dan beberapa rekan media lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Forum kepala desa Siak Kecil Irawan mengatakan bahwa pertemuan bersama FWBS dan rekan wartawan yang diundang secara resmi yakni, guna membahas kerjasama baik media cetak maupun online.

“Hari ini kita akan membahas kerjasama media untuk kedepannya tahun 2021. Dan kita sangat mengharapkan wartawan yang berada di wilayah kita ini mampu untuk membantu, khususnya didalam pemberitaan guna pembangunan di Siak Kecil ini,” tuturnya.

Selain itu, Irawan juga menyampaikan ada beberapa keluhan yang dialami oleh kepala desa di Siak Kecil diantaranya, banyaknya wartawan yang mendatangi kepala desa ketika ADD cair. Bahkan dari luar seperti Pekanbaru, Dumai dan lainnya berdatangan.

“Dalam hal ini kita minta solusi atau masukan  dari Ketua PWI Kabupaten Bengkalis Alfis Nardo,” ujar Irawan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis Alfis Nardo S. AP menjelaskan bahwa, terkait kerjasama media haruslah Fleksibel terkhusus media cetak.

“Harus ada konsekuensinya, seperti berlangganan koran, kalau wartawan itu ada korannya dan aktif masuk kedesa baru dibayar. Jika tidak, tidak perlu dibayar. Dan koran ada Dua Versi ada yang mingguan dan ada harian,” tutur Alfis.

Selain itu, Alfis juga mengatakan bahwa untuk tahun 2021 untuk media cetak dan online akan dijadikan 1 pintu yakni melalui FWBS. Tujuannya, agar mempermudah desa dalam melaksanakan tugas dan tupoksinya dalam melayani masyarakat serta guna menertibkan wartawan yang sering menakut nakuti kepala desa.

“Kepala desa tidak perlu takut terhadap wartawan. Dan kepala desa juga harus tau kinerja wartawan itu sendiri. Seorang wartawan tidak hanya menggantungkan kartu pers, namun tetapi ada medianya, ada surat tugasnya, mana tulisannya dan harus mempunyai legalitas yang jelas,” ungkapnya.

Alfis juga menjelaskan, ketika ada wartawan yang datang kedesa baik lokal maupun dari luar temui saja, tanyakan apa keperluannya. Jika Ia ingin mengkonfirmasi berita mencari data sesuai aturan itu sudah tugasnya. Dan bila kedatangan wartawan tersebut meminta uang, itu adalah pemerasan, dan segera laporkan ke dewan pers,” jelasnya.

“Perlu digaris bawahi, wartawan mempunyai tingkatan, ada yang PWI dan ada tidak. Yang lebih berkualitasnya sudah UKW belum, ada yang UKW muda, kemudian Madya dan selanjutnya Utama. Jadi, wartawan tidak semuanya sama. Alhamdulillah, wartawan yang bergabung di FWBS ini hampir semua sudah PWI dan UKW, meskipun ada beberapa lagi yang akan menyusul. Ini semua agar wartawan itu mengerti kode etik jurnalistik dan bagaimana menulis berita yang berimbang, bukan wartawan Abal Abal yang menakuti kepala desa,” tegas Alfis.

Sementara itu, Ketua FWBS Darmayanto mengatakan bahaw akan mendata wartawan yang ada di 3 Kecamatan yakni, Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana. Baik media cetak maupun online.”Itikad baik kita bagaimana kerjasama media terhadap Desa Siak Kecil ini tertib, dan tidak amburadul sebagaimana dari dulu FWBS terjalin kerjasama yang baik terhadap desa. Dan kita bisa lihat mana yang wartawan dan mana yang mengaku wartawan,” ungkapnya.

Terakhir, Darmayanto berharap kedepan Pemerintah desa akan terus mendukung kerjasama kemitraan antara FWBS dengan seluruh Pemerintah Desa,  hal itu penting agar informasi dan komunikasi dapat menjadi penunjang positif dalam mewujudkan pembangunan yang ideal di tengah – tengah masyarakat.

“Kami FWBS mengucapkan terimakasih kepada Forum Kepala Siak Kecil karena telah berkomitmen untuk menjalin kerjasama media. Dan saya mewakili rekan rekan media mengucapkan terima kasih sudah memfasilitasi pertemuan ini,” tutupnya. (M.RITONGA/RILIS)

Comment

News Feed