by

Kiat Memanfaatkan Teknologi Digital dalam Pembelajaran

Oleh: Yanti Warlina, S.Pd. (SDN Babakankadu Kota Tasikmalaya)

PADA era digital ini teknologi berkembang sangat pesat. Di era digital atau revolusi industry 4.0  teknologi menjadi hal yang mendasar. Pada era revolusi industry 4.0 semua bidang dituntut untuk memiliki keterampilan digital, mulai dari bidang ekonomi, pembangunan dan bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, guru harus dapat memahami teknologi digital yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, supaya pembelajaran lebih menarik dan mudah tersampaikan dengan baik kepada peserta didik.

Guru sebagai pengajar dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran di Sekolah. Keterampilan dasar mengajar merupakan keharusan yang dimiliki oleh setiap guru. Dengan demikian, guru harus mempersiapkan segala hal yang menunjang untuk terlaksananya tujuan pembelajaran dengan baik, mulai dari mempersiapkan materi, memilih strategi, metode, media dan sistem penilaian.

Peserta didik dituntut untuk memiliki keahlian tertentu, begitu pula dengan guru dituntut memiliki kemampuan dalam bidang teknologi digital. Guru harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman, saat ini kata digital sudah tidak aneh lagi.  Dengan demikian, jika seorang guru memiliki kemampuan dalam bidang teknologi digital, ia akan mudah untuk mengembangkan ide kreatifnya dalam menentukan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Media Pembelajaran merupakan alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan adanya media pembelajaran yaitu untuk membantu guru dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan, membuat pembelajaran lebih bermakna, dan membantu peserta didik supaya lebih mudah memahami topik materi. Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT) mendefinisikan bahwa media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan menarik perhatian peserta didik untuk lebih semangat dalam belajar.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi digital. Berikut ini beberapa sumber belajar digital yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran:

  1. Infografis

Infografis berasal dari kata infographics (Bahasa Inggris) yang berasal dari singkatan information dan graphics merupakan bentuk visualisasi data untuk menyampaikan informasi kepada pembaca supaya mudah dipahami.

Infografis di bidang pendidikan dikenal dengan istilah edugrafis. Edugrafis merupakan metode penyampaian informasi atau materi melalui desain komunikasi visual yang menarik. Guru berusaha mendapatkan perhatian dari peserta didik supaya dapat mengikuti pembelajaran dengan fokus dan memahami apa yang disampaikan. Infografis dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian peserta didik dalam pembelajaran, guru dapat menyajikan materi yang akan disampaikan melalui infografis yang dibuat dengan menarik.

Untuk membuat infografis sebagai media pembelajaran tidak begitu sulit, ada cara mudah yaitu dengan memanfaatkan website atau aplikasi yang menyediakan layanan pembuatan infografis muali dari yang gratis hingga aplikasi yang berbayar, diantaranya yaitu ada  canva, visme, easely, charts, creately, many eyes, inkscape,picktochart, dan lain-lain.

  1. Podcast

Podcast merupakan media rekam melalui internet dan biasanya disampaikan dengan format episodic. Pada umunya podcast berupa audio, namun ada juga yang berformat file pdf dan video.

Dalam proses pembelajaran, podcast dapat digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan konten audio interaktif yang dapat didengarkan oleh peserta didik dimanapun dan kapanpun. Podcast bisa dengan mudah digunakan di sekolah untuk meningkatkan proses pembelajaran. Podcast bisa menjadi media pembelajaran, namun tidak setiap pengajar harus memproduksi podcast sendiri. Saat ini sudah banyak podcast gratis yang sudah ada. Ada beberapa sumber yang dapat digunakan, yaitu iTunes, spotify, google music, dan lain-lain.

  1. Slide Powerpoint

Powerpoint merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft office. Power point digunakan dalam proses pembelajaran untuk menarik perhatian peserta didik supaya semangat dalam mengikuti pembelajaran. Akan tetapi, guru harus bisa menyesuaikan materi mana yang cocok di prsentasikan menggunakan powerpoint, karena tidak semua materi cocok untuk di presentasikan.

Dengan mengguakan media powerpoint, guru dapat mempresentasikan materi kepada peserta didik dengan mudah dan bisa dibuat menjadi sebuah tampilan presentasi yang menarik dengan menambahkan audio atau video, sehingga peserta didik akan fokus dan tertarik mengikuti pembelajaran. Powerpoint cukup mudah digunakan dan didapat, karena powerpoint terdapat di komputer, laptop dan hp android.

  1. Media Video

Menurut Alphaomegaproperty  (2020) video merupakan serangkaian alur gambar gerak dengan menampilkan pesan untuk tercapainya tujuan dari pembelajaran. Video pembelajaran merupakan media yang dirancang secara sistematis dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran, sehingga memungkinkan peserta didik dengan mudah dapat mencermati materi yang disampaikan. Dalam pembelajaran yang menggunakan media video, guru harus menyiapkan alat-alat yang memadai mulai dari projector, TV monitor dan lainnya.

  1. Video Animasi

Video animasi merupakan tampilan sebuah gambar bergerak yang berasal dari berbagai objek yang disusun dengan secara khusus. Objek yang dimaksud misalnya yaitu gambar manusia, gambar hewan, tulisan, gambar gedung dan gambar lainnya yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang mendukung dan mudah digunakan dalam membuat video animasi, akan tetapi tidak semua orang bisa dengan mudah bisa membuat video animasi. Bagi guru yang tertarik menggunakan media pembelajaran dengan video animasi, namun belum bisa membuatnya, mereka memilih alternatif lain yaitu dengan mencari di internet seperti youtube atau website lainnya. Tetapi, akan lebih baik jika guru membuat media tersebut sendiri, supaya apa yang ingin disampaikan dapat disampaikan melalui video yang dibuatnya sendiri.

Manfaat dari penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran akan membuat susana belajar lebih menyenangkan dan menarik perhatian peserta didik yaitu dengan menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk animasi, gambar, dan video dari sebuah objek yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.

Banyak macam-macam media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Guru memilih media pembelajaran dengan menyesuaikan materi yang akan disampaikan. Tidak semua materi bisa disampaikan dengan menggunakan media tersebut, dengan demikian guru harus dapat memahami macam-macam dan kegunaan dari media pembelajaran.

Walaupun saat ini teknologi semakin canggih, akan tetapi secanggih apapun teknologi tidak akan pernah menggantikan peran guru, tetapi guru yang tidak mau belajar teknologi akan tergantikan. Dengan demikian, guru harus mengetahui dan memahami teknologi digital yang dapat digunakan dalam bidang pendidikan. Guru dapat menuangkan ide-ide kreatifnya dengan menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran, karena saat ini sudah banyak aplikasi  yang dapat membantu dalam bidang pendidikan. (***

 

Comment

News Feed