by

Mahir Membuat Alat Peraga

Oleh : Tata Mulyana S, Pd. (Guru kelas 1 SDN rancabendem, Kec. Bungursari, Kota Tasikmalaya)

PEMERINTAH melalui Kemendikbud mengeluarkan aturan seluruh pendidik harus berijazah S1 dan mempunyai sertifikat pendidik supaya bisa mengajar di instansi pendidikan. Dengan adanya aturan yang dibuat pemerintah diharapkan dunia pendidikan akan selangkah lebih maju untuk menghasilkan generasi yang handal dibidang ilmu pengetahuan serta taat dibidang agama. Dengan berbagai bidang terobosan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan diindonesia dengan usaha memperbaiki kurikulim dari mulai tahun 1947 sampai 2015 .

Kurikulum pertama menitik beratkan kepada pendidikan bersifat politis kearah kepentingan nasional. Dan kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian : aspek pengetahuan,keterampilan, sikap dan perilaku. Alat peraga merupakan suatu alat yang dipakai untuk membantu dalam proses belajar mengajar yang berperan besar sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh pengajar alat peraga mempunyai tujuan untuk memberikan wujud yang riil terhadap bahan yang dibicaran dalam kehidupan sehari hari.

Alat peraga mempunyai manfaat menambahkan kegiatan belajar para siswa , menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar untuk belajar, sebab dapat meningkatkan minat perhatian dan aktivitas siswa. Menurut para ahli ( Wijaya dan Rusyan 1994) media pendidikan dapat berfungsi sebagai stimulus untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dan tidak bosan mencapai tujuan pembelajaran mereka .

Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar menjadi lebih relevan bagi individu dan siswa memiliki banyak potensi untuk belajar,yang menjadikan belajar sangat menyenangkan bagi setiap individu. Manfaat dari alat peraga adalah : tingkat minat pada tujuan pendidikan,mencapai lebih banyak gol,membantu mengatasi berbagai kendala dalam proses pendidikan. Kelemahannya adalah apabila bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat peraga tidak sesuai dengan yang dibutuhkan alhasil hasilnya kurang memuaskan dengan apa yang diinginkan dengan hasil yang dimaksud. Selanjutnya apabila alat peraga tidak sesuai dengan materi yang dijelaskan akan berpengaruh terhadap penyampaian materi dengan hasil yang kurang sesuai maka dari itu diperlukakan seoarang guru yang kreatif dan inovatif dalam mengeksplor kedalaman materi sehingga anak menjadi termotivasi ingin lebih jauh keingin tahuan untuk lebuh memperdalam materi yang mereka sedang dipelajari. Hikmah yang didapat dari sebuah alat peraga bagi seorang guru diantarnya : Proses pembelajaran akan lebih menarik, dapat lebih menghemat waktu dalam menyampaikan pembelajaran, daya ingat dalam pemahaman suatu materi akan lebih lama, anak akan meras tertantang ingin lebih menggali pelajara yang disampaiakn oleh guru, anak tidak akan verbalisme dalam menyerap ilmu yang disampaikan dalam pembelajaran tersebut.

Bagi masyarakat pola pikir anak dalam menyikapi masalah dalam kehidupan sehari – hari akan ada banyak perubahan yang signifikan, prilaku anak dalam berbicara, bertingkah laku akan lebih terukur dalam memutuskan sesuatu.(***

Comment

News Feed