by

Mutiara Yang Tersimpan di Dalam Pendidikan Guru Penggerak

Oleh: Dadan Hamdani, M. Pd  ( Guru SDIT PERSIS Tarogong Garut )

PENDAHULUAN

Sahabat lintas pena pada artikel kali ini penulis akan memaparkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Calon Guru Penggerak ( CGP ) dalam mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ( PGP ) selama 9 bulan tersebut, dan sekaligus merupakan jawaban dari pertanyaan yang sering disampaikan oleh guru-guru tentang apa saja dan bagaimana Pendidikan Guru Penggerak tersebut.

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

Setelah peserta dinyatakan lulus dalam rangkaian tahapan seleksi, maka peserta diwajibkan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan.

Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan.

Adapun materi yang disajikan sebanyak 3 paket yang memuat 3 atau 4 modul, setiap 1 paket dapat ditempuh kurang lebih selama 2 bulan

ALUR KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Mulai dari Diri

Kegiatan ini berupa pertanyaan-pertanyaan reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang sebuah konsep/materi. Calon Guru Penggerak pun menuliskan harapan bagi diri sendiri dan murid-murid setelah setelah mempelajari materi, dan ekspektasi mengenai materi dan kegiatan yang akan ditemui dalam modul.

  1. Eksplorasi Konsep

Kegiatan ini berupa pemaparan materi dari instruktur tentang sebuah konsep, dan calon guru penggerak diharapkan mampu mendiskusikan dan mempresentasikannya.

  1. Ruang Kolaborasi

Kegiatan ini sebagai forum diskusi Calon Guru Penggerak dengan fasilitator tentang sebuah analisis kasus serta pemberian solusinya yang berhubungan dengan konsep / materi

  1. Refleksi Terbimbing

Kegiatan ini Calon Guru Penggerak merefleksikan pengetahuan dan pengalaman setelah mempelajari materi / konsep

  1. Demonstrasi Kontekstual

Kegiatan ini Calon Guru Penggerak membuat karya ( video pendek, komik, lagu,puisi,dll ) tentang materi / konsep

  1. Elaborasi Pemahaman

Kegiatan ini berupa diskusi langsung dalam bentuk konferensi untuk memperdalam dan mempertajam sebuah materi / konsep yang disampaikan oleh instruktur atau tokoh Pendidikan yang sudah menerapkan materi / konsep tersebut.

  1. Koneksi Antar Materi

Dalam kegiatan ini Calon Guru Penggerak melihat lagi seluruh materi yang sudah dipelajari, kemudian membuat hubungan antara materi-materi tersebut dan juga keterkaitannya dengan praktik yang konkret bersama dengan murid dan rekan guru di sekolah asal.

  1. Aksi Nyata

Dalam Kegiatan ini Calon Guru Penggerak membuat portofolio dari perubahan konkret di sekolah yang terdiri dari dokumentasi foto / video dan tulisan refleksi

Comment

News Feed