by

Optimalisasi Google Form Untuk Kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh: Wiwin Siti Wahyuni,S.Pd.SD (Guru SDN 2 Manangga Kec.Bungursari-Kota Tasikmalaya)

PEMBELAJARAN jarak jauh sudah berjalan hampir satu setngah tahun, selama itu pula guru selalau dituntut untuk berinovasi agar pembelajaran terus berlangsung. Semua aspek pendidikan diupayakan oleh guru agar mampu tercapai dengan baik. Dair mulai kompeti inti satu sampai kompetensi inti empat semuanya berusaha disampaikan dengan maksimal dan sebvaik mungkinb agar peserta didik mendapatkan haknya. Beragam cara dilakukan agar semua target pembelajar tercappai dengan baik. Walau tentunya dengan segala keterbatasan yang ada hasil yang diperoleh pun takan mampu semaksimal ketika pembelajaran dilakukan dalam keadaan normal. Namun bukan berarti guru  menyerah, dengan mengoptimalakn segala potensi yang ada, dan menyatukannya dengan kreatifitas hasil yang kurang maksimal tersebut setidaknya bisa dikurangi.

Banyak hal baru yang dulu jarang digunaan bahkan mungkin tidak digunakan, kini hal itu menjadi sesuatu yang familiar dan menjadi hal lumrah untuk digunakan dalam pembelajaran. Salah satunya adalah google form atau  dalam bahasa indonesia disebut google formulir. Salah satu produk google ini benar-benar sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Fitur yang lengkap dan pengaya yang banyak mampu di fungsikan optimal dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Namun pastinya setiap produk hasil rekayasa manusia memiliki kekiurangan. Namun kekurangan tyersebut tidak mengurangi fungsi dan manfaat yang diberikan dalam mempermudah kegiatan belajar mengajar secara daring.

Ada tiga fungsi utama dari google formulir ini yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam pelaksaanaan pembelajaran jarak jauh. Fungsi yang pertama adalah sebagai isntrumen untuk pendataan. Kemudian fungsi selanjutnya adalah untuk melkuakan absensi. Dan fungsi yang ketiga adalah sebagai sarana untuk melakukan tes atau evalausi atau quis.ketiga fungsi utama ini bisa dioptimalkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Fungsi pendataan pada google form sangat berguna apabila guru membutuhkan sejumlah data yang berkaitan dengan data peserta didik. Dengan keadaan pandemi seperti ini tentunya kecpetan pengumpulan data akan sangat terhambat. Hambatan yang terjadi menyebabkan kita membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengumpulan datanya andai dilakukan secara luring atau luar jaringan. Dengan menggunakan fungsi pendataan pada google form kita bisa memngkas waktu tunggu terkumpulnya data. Data bisa terkumpul lebih cepat bahkan begitu tauitan isian disebar saat itu pula data yang sudah diisi bisa langsung terkumpul.

Fungsi selanjutnya adalah sebagai media absensi. Ada banyak opsi dalam melakukan absensi dengan menggunakan google form. Guru bisa merancang absensi menggunakan barcode atau bisa juga melalui membagikan link absensi secara langsung.dalam proses pengisiannya guru pun bisa memvariasikan hal apa saja yang dibutuhkan ketika siswa melakukan absensi. Cukup menambahkan beberapa pengaya maka kita bisa membuat sebuah form absensi yang mumpuni dan bagus serta akurat.

Fungsi yang terakhir adalah penggunaan google form sebagai media evaluasi. Dalam fitur yang satu ini google sudah langsung memberikan fasilitas agar formulir yang dibuat bisa langsung berfungsi sebagai alat evalusi. Kita cukup mengklik jadikan formulir sebgai quis pada bagian pengaturan dan ya formulir tersebut langsung berubah menjadi sebuah formulir quis. Dan yang lebih membantu lagi adalah kita dapat mlakukan pengaturan agar begitu test selesai nilai ditampilkan. Hal ini tentu saja sangat membantu bagi guru, karena guru tidak perlu lagi mengkoreksi jawaban dan menghitung nilainya untuk dimasukan kedalam buku daftar nilai. Guru hanya perlu membuka sheet tanggapan dan memindahkanya kedalam buku daftar nilai. (***

Comment

News Feed