by

Lima Golongan Manusia Yang Dirindukan Sorga

Oleh Aceng Sukirman,SP.d

Pada dasarnya semua manusia menginginkan hidup senang dan bahagia baik di dunia

maupun di akhirat.Namun untuk mendapatkan hal itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan karena harus ditebus dengan perjuangan dan pengorbanan.Rosululloh SAW. telah bersabda dalam sebuah hadistnya yang artinya:Barangsiapa yang ingin mendapatkan

Kesenagan dunia,maka wajib kepadanya untuk mencari ilmunya.Dan barangsiapa yang menginginkan kesenangan dan kebahagiaan akhirat,maka wajib kepadanya untuk mencari ilmu akhiat.Dan barangsiapa yang mengharapkan kedua duanya maka wajib kedua duanya untuk dicari maka Insya Allah kesenangan dunia dan akhirat bisa diraih.

Saudara saudaraku sebangsa dan setanah air ,mari kita perhatikan penjelasan Rosul dalam sebuah hadistnya yang artinya : Ada lima golongan manusia yang dirindukan Syurganya Allah SWT.yaitu :

1.Taalil Qur’an artinya orang yang suka membaca Al Qur’an. Selain dirindukan surga,orang suka membaca  Al Qur’an akan mendapatkan syafaat Hal ini telah dijelaskan dalam hadist,yang artinya bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya Al Qur’anakan datang pada hari qiamat nanti memberikan pertolongan atau syafaat kepada siapa saja yang suka membacanya waktu masih hidup di alam dunia selain itu juga membaca Al Qur’an dapat menjadi penerang dari gelapnya di alam kubur nanti juga Al Qur’an bisa jadi penawar atau obat dari berbagaipenyakit baik penyakit lahir terutama penyakit batin.Membaca Al Qur’an juga dapat menambah keimanan pada diri kita.

2.Hapidzu lisan yaitu orang orang yang dapat menjaga lisannya dari perkataan dusta, menggunjing, dan mencela orang lain.Rosululloh SAW.telah bersabda dalam hadis yang artinya;selamatnya manusia sangat bergantung pada bisa atau tidak bisanya memelihara atau menjaga lisan nya sering kita saksikan di lapangan terkadang manusia sering terjebak kepada perbuatan gibah atau menggunjing orang lain padahal itu dosa lisan yang paling besaroleh karena itu marilah kita belajar untuk menjaga lisan kita supaya tidak terperosok pada perbuatan gibah atau menggunjing orang lain.

3.Suka memberi makanan kepada orang lain baik itu makanan ringan ataupun makanan yang dapat mengenyangkan.maka kita termasuk orang yang peduli dan perhatian terhadap orang yang kurang beruntung nasibnya masih banyak saudara saudara kita yang hidupnya  hidupnya dibawah garis kemiskinan jangankan untuk beli pakaian,kendaraan untuk makan saja susah apalagi di zaman seperti sekarang ini yang mana susah nya untuk mencari lapangan kerja yang sudah bekerja saja banyak yang di PHK yang diakibatkan oleh tidak stabilny ekonmi yang dipicu oleh Covid 19 atau korona yang berdampak dan merusak seluruh tatanan kehidupan yangdibuat nya lumpuh total.

4 Assholatulaili wannaasu niyam yang artinya orang yang suka bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajud sementara orang lain masih pada tidur.Sholat tahajud  memang sangat dianjurkan seperti yang dijelaskan oleh Allah SWT.dalam Al Qur’an surat Al Isro yang artinya;Dan dari sebagian malam maka bertahajudlah sebagai ibadah tambahan yang hukumnya sunat mudah mudahan Tuhanmu mengangkat mu ke tempat yang sangat mulia.

5 orang orang yang dirindukan surga adalah orang orang yang suka mengerjakan ibadah puasa di bulan Romadhon.Puasa dibulan Romadhon merupakan rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim yang sudah dewasa sebagaimana yang telah dijeaskan oleh Allah SWT. dalam Al Qur’an surat Al Baqoroh ayat 183 yang.artinya ;Wahai orang orang yang beriman telah diwajibkan kepadamu untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkannya puasa tersebut kepada orang orang sebelum kamu supaya kamu sekalian menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Selain itu,diperkuat dalam hadist bahwa Rosululloh SAW.telah bersabda yang artinya ; Barangsipa yang berpuasa di bulan Ramadhan yangdidasari dengan keimanan dan penuh keikhlasan maka orang tersebutakan diampuni semua dosanya yang telah lalu.

Saudara saudaraku ! Sebagai kesimpulan,ada 5 golongan manusia yang dirindukan Surga yaitu ;1.Orang yang suka membaca Al Qur’an 2.Orang yang pandai menjaga lisan 3. Orang yang suka memberi makan kepada orang yang membutuhkan 4. Orang yang rajin sholat Tahajud walaupun hanya dua rokaat. 5. Orang yang mengerjakan puasa di bulan Romadhon.

Demikian artikel ini saya buat mudah mudahan bermanfaat aammiinnn…

Kritik dan saranpun sangat saya nantikan sebagai koreksi untuk perbaikan artikel ini semoga Allah SWT. selalu melindungi kita semua.(@@@

Comment

News Feed