by

Diklat Online Nasional Angkatan Ke – 5 Akubisa Ditutup Resmi Oleh Asmadi Selaku Kadisdikbudcab Wilayah II Provinsi Kalimantan Timur

Bontang, LINTAS PENA

Selama sepekan diklat online akuBISA angkatan ke–5 dari tanggal 01 – 08 Maret 2021. Acara ditutup Senin, 08/3/2021 dengan sukses dan lancar. Kegiatan Diklat Online Kenaikan Pangkat Guru dan Kepala sekolah, mengambil topik “Menguatkan Kemampuan Guru dan Kepala Sekolah dalam Pemenuhan PKB untuk Kenaikan Pangkat.

Dalam sambutannya Asmadi, menyampaikan ”diklat ini sangat penting buat guru dan kepala sekolah untuk mendapatkan pengehauan meningkatkan jenjang kariernya sampai menjadi guru utama dengan golongan IV e. Tetapi, guru harus memenuhi beberapa persyaratan, mulai dari melakukan kegiatan menulis dan meneliti. Kegiatan ini berguna untuk memenuhi syarat unsur PKB”, jelasnya.

Semoga guru dan kepala sekolah memiliki kemampuan dalam mengembangkan keprofesionalannya dengan mengajukan kenaikan pangkat/golongan sesuai dengan aturan, tambahnya.

Harapan dengan diklat ini dapat menambah pengetahuan guru tentang berbagai jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan, Mengembangkan kemampuan guru dan kepala sekolah dalam menulis dan meneliti untuk memenuhi pengembangan keprofesian berkelanjutan, Menyiapkan guru dan kepala sekolah agar mampu menyusun dan mempersiapkan sendiri kebutuhan pengajuan Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK).

Lanjut, Anugrah selaku CEO akuBISA menyampaikan “semoga kegiatan kami ini dapat membantu pendidik, guru dan kepala sekolah dapat meningkatkan jenjang kariernya, setelah memahami bentuk-bentuk penelitian yang bisa dilaksanakan di masa pandemi. Selain itu, BISA memahami cara menyusun hasil laporan pembuatan media pembelajaran yang dipakai saat pandemi. Karena itu juga bisa dgunakan untuk kenaikan pangkat/golongan guru dan kepala sekolah.

Pemaparan materi yang begitu jelas dan hambel dari narasumber dari Pasuruan Jawa Timur, menambah semangat peserta dan banyak pertanyaan. Antusias peserta selama diklat sangat tinggi, skenario pelaksanaan yakni Virtual Meeting selama 3 hari dan Virtual Pendampingan Medsos (WhatsApp) selama 2 hari. Agar peserta dapat lebih memahami materi Pemenuhan PKB ada buku karangan narasumber Dr. Imron Rosidi, M.Pd, buku dengan tebal 432 halaman lengkap mengurai tentang kenaikan pangkat dan PKB dengan harga yang terjangkau dan boleh dipesan di akuBISA, tambahnya.

Akhir acara sebelum penutupan resmi oleh Asmadi selaku Kepala Dinas Cabang Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim Wilayah II, peserta diklat memberi testimony diwakilkan oleh Ardiansyah  dari Penajam Paser Utara, “dengan mengikuti kegiatan pelatihan pemenuhan PKB yang diselenggarakan oleh akuBISA sangat bermanfaat sekali khususnya dalam penyusunan laporan pemenuhan angka kredit kenaikan pangkat ke tingkat yang lebih tinggi dan sangat mudah sekali di fahami dalam penyajian materi diklatnya”.

Peserta diklat angkatan 5 berjumlah 70-an berasal dari daerah; Bontang – Kaltim, Batu Ampar Kutim – Kaltim, Sangata Kutim – Kaltim, Karangan Kutim – Kaltim, Samarinda – Kaltim, Penajam Paser Utara – Kaltim, Tanah Laut – Kal-Sel, Jawa Timur, Tenggarong Kukar – Kaltim, Kab. Paser – Kaltim, Tulungagung – Jawa Timur, Padang – Sumbar, Pacitan – Jawa Timur Nganjuk – Jawa Timur, Palangka Raya – Kalteng, Kamal Bangkalan-  Jawa timur, Kab. Hulu Sungai Selatan, Kebumen – Jateng, Sidoarjo – Jawa Timur, Pasuruan – Jatim, Bondowoso – Jawa Timur, Yogyakarta – Jateng Kota Bekasi, Kota Mojokerto, Tanah Laut – Kal-Sel, Tarakan – Kaltara, Kalbar, Sumbawa – NTB, Malang Jawa Timur, Jember – Jawa Timur – Magetan – Jawa Timur, Toraja Utara – Sulsel, Lingga Kepulauan Riau, Aceh.

Acara terselenggara berkat kolaborasi akuBISA PT. Angkasa Kreatif Usaha dengan UNIKOM, dan Disdikbud Kaltim dalam pengembangan SDM. Diklat berikutnya angkatan 6 bertema: “DIKLAT PEMBEKALAN DAN PERSIAPKAN MENGIKUTI SELEKSI CALON KEPALA SEKOLAH DAN CALON PENGAWAS SEKOLAH (Tips Lolos seleksi Substantif dan Persiapan Menuju Diklat Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah.(ADVERTORIAL)***

Comment

News Feed