by

PUPR Kab.OKI Akan Lakukan Perbaikan Jembatan Yang Putus

OKI Sumsel LINTAS PENA

Jembatan penghubung Desa Srigeni, Kecamatan Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI) putus. Debit air sungai Komering yang deras akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ditambah timbunan enceng gondok di duga jadi penyebab putusnya jembatan dengan kontruksi besi tersebut.

Bupati Kabupaten OKI Iskandar SE meminta kepada Dinas instansi terkait untuk segera melakukan perbaikan bagian jembatan yang rusak, agar aktivitas warga yang melintasi jembatan tersebut dapat berjalan lagi seperti biasa. “Saya minta PUPR lakukan perbaikan segera bagian jembatan yang putus terseret arus agar jembatan khusus roda dua dan pejalan kaki ini dapat dimanfaatkan kembali” ujar Iskandar.

Lebih lanjut dikatan Iskansar, Dengan adanya perbaikan jembatan tersebut, aktivitas perekonomian masyarakat di daerah itu normal kembali, Selain itu Iskandar juga meminta semua pihak bekerjasama untuk mengatasi persoalan sampah enceng gondok yang mengotori aliran Sungai Komering.

“Banyaknya eceng gondok yang menyebabkan aliran air tidak lancar dan menjadi meluap, juga membahayakan jembatan terlebih musim penghujan seperti ini”,harapnya.

Kembali Iskandar menjelaskan, selain kepada Dinas PUPR, meminta kepada kepala Desa di sepanjang sungai turut memelihara dan membersihkan sampah enceng gondok melalui pedanaan dana desa.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten OKI Ir H Hapis MM menjelaskan, Jembatan besi sepanjang 110 M tersebut merupakan akses warga antar kampung di Desa Serigeni dan bukan merupakan akses jalan lalu lintas utama. Jalur yang terputus sekitar 35 M.

Sejak Kamis (25/3) pagi, jajaran Dinas PU dibantu warga sekitar sigap mengevakuasi jembatan agar tidak membahayakan penduduk sekitar.“Akibat derasnya debit air ditambah beban timbunan rumput dan enceng gondok hingga besi penahan jembatan tidak kuat, Kita segera lakukan perbaikan melalui dana pemeliharaan. Jelasnya.

Lanjut Hapis, enceng godok dan rumput yang di alirkan  Kesungai ini sangat mengganggu dan merugikan apalagi pada saat air sungai naik akibat curah hujan tinggi.

” Kita akan bangun  Kontruksi penahan enceng gondok pada tahun ini mudahan mudahan dengan kita bangun penahan enceng gondok dan rumput nanti dapat mengantisipasi timbunan enceng gondok yang kerap dibuang di perairan Sungai Komering ini.

“Kita juga akan upayakan pembangunan kontruksi penahan enceng gondok untuk antisipasi di Kelurahan Jua Jua ditahun ini , ungkap Hapis. ( RAHMAN/ DOK KOMIMFO).

Comment

News Feed