by

Pelantikan Pengurus Istana Adat dan LEMTARI Isdat Provinsi Maluku Berlangsung Sukses

Maluku,LINTAS PENA

Setelah lama dalam perjuangan untuk melangkah membentuk pengurus Istana Adat Provinsi Maluku, baru terlaksana keinginan anak anak adat Maluku itu untuk membuat acara pelantikan tepat ditanggal Sabtu 6 Maret 2021 sekaligus dimaknai sebagai hari lahirnya Istana Adat di Provinsi Maluku.

“Acara pelantikan itu merupakan satu acara deklarasi berkumpulnya anana adat istiadat propinsi Maluku yang terdiri dari beragam anak adat dari pulau pulau dimaluku. “ujarnya Tutuarima Roby, pendiri Lembaga Tinggi Masyarakat Adat RI (LEMTARI).

Pada kesempatan itu juga, lanjut Tutuarima Roby,  telah dilantik susunan pengurus Badan Pengurus Istana Adat Provinsi Maluku yang diketuai oleh   Ace Niufat,S Pd dengan jajarannya dan juga badan pengurus eksekutif lembaga tinggi adat di Republik Indonesia Istana Adat atau disebut Lemtari Isdat  Propinsi Maluku yang merupakan pengurus independen tingkat propinsi yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan di isdat provinsi, Ketua eksekutif Lemtari Isdat  Helen Pattirane,SH dan jajaran eksekutif  juga hadir dalam acara pelantikan itu.

“Arifuru merupakan suku negeri adat yang ikut deklarasi pelantikan kepengurusan Istana adat propinsi Maluku dan juga terdapat anak adat naulu pada acara adat .”katanya

Acara pelantikan ini dimeriahkan juga dari anak anak adat dari Maluku tengah pulau seram dengan lagu Istana Adat, sekalian disaat itu dilantik badan pengurus istana adat kabupaten,kabupaten  Maluku tengah yang diketuai   Christofer dan juga pengurus kota.

“Suatu awal yang baik telah dilakukan disana oleh anak anak adat dan masyarakat adat dipulau pulau Maluku yang biru laut terbentang dari ujung pulau seram dan Buru sampai ke ujung Pulau Tanimbar serta Maluku barat daya untuk bersatu melestarikan adat ,masyarakat adat dan satu tanah adat untuk anak anak adat di tahun tahun akang datang. Maluku dan Ambon kota musik bagi Indonesia,ciri chas anak Maluku di Indonesia.. “paparnya

Pada kesempatan itu  tampak hadir pula  Bunda Ratu Dr Nining Suningrat Prakusumah,SH MH yang adalah Penasehat Badan Pengurus Utama didampingi juga oleh  Jhon Ruphilu ,S Pd merupakan ketua urusan internal pada Badan Pengurus Pusat Istana Adat berkenan untuk hadir pada acara pelantikan pengurus propinsi kabupaten kota dan Lemtari Isdat di propinsi Maluku.

Bunda Ratu Nining Suningrat menambahkan, bahwa pelantikan  jajaran pengurus provinsi kota dan kabupaten Istana Adat dan Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Propinsi Maluku ini yang pertama dan seterusnya semua bergantian 34 provinsi seluruh Nusantara….”Setelah ini,  akan di lanjutkan ke Kalimantan, Sumatera, Pulau Jawa terutama wilayah Kerajaan Padjadjaran  sesuai wangsit Majapahit….Wangsit Ratu Tribuana Wijaya Tungga Dewi Prameswari. Pelantikan pengurus Istana Adat dan LEMTARI provinsi kota dan kabupaten akan dilaksanakan secara marathon supaya cepat selesai.Semoga upaya kami terwujud. mohon do’a dan dukungan dari semua,”pungkasnya. (REDI MULYADI)***

 

Comment

News Feed