by

Pembukaan Taman Baca “Arunika” Desa Maleber, Bupati: Bentuk Karakter Kuat dan Cerdas dengan Literasi

Kuningan ,-LINTAS PENA

Dalam rangka membantu penguatan literasi di desa maleber, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. membuka Taman Baca Arunika di Desa Maleber, Sabtu (10/4/2021). Kegiatan ini sekaligus penyerahan bantuan dari Yayasan Amal Mulia dan Paguyuban Imam Jaya kepada Karang Taruna Adipati Angin.

Taman Baca Arunika memiliki arti “Cahaya Matahari Terbit”. Taman baca Arunika dibentuk dengan tujuan agar menjadi inovasi bagi anak-anak untuk lebih berkembang dan kreatif, mengerti apa itu literasi dan pengetahuan ilmu. Serta diharapkan anak-anak mampu menjadi seperti cahaya matahari terbit, memberi semangat serta harapan baru untuk orangtua, lingkungan maupun negeri.

Ketua Karang Taruna Adipati Angin, Ega Harsana, S.Pd.I. menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini dapat dijadikan langkah konkrit untuk memajukan desa maleber.

“Setelah mendapatkan bantuan ini, semoga taman baca Arunika menjadi lebih baik dan ke depannya dapat melakukan inovasi-inovasi yang kreatif agar minat baca dan minat berkunjung ke taman baca meningkat.” Ujarnya.

bekerja sama dengan Madina Islamic School, perwakilan Yayasan Amal Mulia, drs. H. Ahmad Ahmadin, M.Mpd. menyampaikan, pihaknya diamanahi untuk memberikan support kepada taman baca Arunika melalui karang taruna adipati angin Maleber.

“Kami memberikan bantuan sebanyak 15 dus. 7 dus diantaranya berisi buku agama dan buku bacaan untuk anak-anak. Sisanya adalah seragam sekolah untuk TK dan SD. Semoga dapat memberikan manfaat dan motivasi sehingga budaya literasi dapat tumbuh di Desa Maleber” ujarnya.

Sementara itu, Ketua paguyuban imam jaya … menuturkan, berawal dari pembuatan proposal, Imam Jaya ingin salah satu permasalahan di desa maleber, yaitu pendidikan, dapat diberikan solusi. Pihaknya ingin meningkatkan minat baca anak-anak melalui taman baca. Hal tersebut mendapatkan respon yang positif.

“Kami berkomitmen dan bersinergi dalam melaksanakan kegiatan di bidang olahraga dan seni, pendidikan dan kerohanian, serta ekonomi kreatif dan kewirausahaan. Semoga kolaborasi antara imam jaya dan karang taruna dapat terlaksana demi memajukan desa maleber.” Tuturnya.

Pada kesempatan ini Bupati Kuningan berterima kasih dan mengapresiasi pada karang taruna adipati angin, yayasan amal mulia dan paguyuban imam jaya yang dapat merealisasikan keinginan untuk meningiatkan literasi membaca.

Terkait literasi, setalah dicanangkan sebagai Kabupaten Pendidikan, Bupati Kuningan ingin menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten literasi.

Untuk dapat merealisasikannya, Ia menyampaikan harus mulai dari diri sendiri, karena saat ini membaca tidak hanya melalui buku, tetapi melalui media online atau e-book.

“Mudah-mudahan kita sebagai para pembimbing bisa memberikan pendampingan dan bimbingan untuk anak-anak kita, setidaknya dalam memberikan semangat membaca. Dengan literasi kita akan mengenal dunia. Dengan membaca kita akan membentuk sebuah karakter yang kuat dan cerdas.” Ujar Bupati Kuningan. (ADING.M/DISKOMINFO)

 

Comment

News Feed