by

Ustadz Ahmad Fuadi, Pimpinan Majelis Ta’lim dan Sholawat Al Goffar Bahas Tuntas Seputar Ilmu Al Hikmah

ILMU AL HIKMAH adalah  sebuah nama dari suatu ilmu wirid/dzikir yang haq yang sumbernya dari Al Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Tokoh dan sekaligus guru besar yang pertama kali mendirikan dan menyebarkan ilmu Al Hikmah di Indonesia yakni KH. Muhammad Syaki Abdusy Syukur Bin Sartawi (Abah Syaki) dari Cisoka Tengerang Banten (wafat tahun 1985).

Beliau berguru ilmu hikmah kepada K.H.Muhammad Toha bin Syi’in (lahir 15-08-1889 dan Wafat tahun 1957) dan K.H.Muhammad Amilin bin H.Mansyur (wafat 1962).

Hal itu disampaikan Ustadz Ahmad Fuadi adalah seorang spiritualis yang mumpuni sekaligus sesepuh Majelis Ta’lim dan Sholawat Al Goffar beralamat di Jalan KH Abdul Latif Gang Mawar Lingkungan Rau Barat RT 001 RW 011 Kelurahan Cimuncang Kecamatan Serang Kota Serang Banten 42111

“Ilmu Hikmah adalah: (1). Ilmu yang haq, benar, yang diambil dari hikmah Asma Allah Al’azhom (nama-nama Allah SWT Yang Mulia dan Besar) dengan bersumber dari ayat-ayat Al Quran, Hadits-hadits Nabi Muhammad SAW dan doa-doa pilihan yang mustajab untuk mencapai keselamatan, kesejahteraan, kebahagiaan zhohir dan bathin dunia akhirat dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT, (Taqorrub Ilallah) melalui ibadah wajib dan sunnah serta mengamalkan ajaran dari para ‘alim ‘ulama yang merupakan pewaris Nabi. (2). Ilmu Hikmah bersifat “sirr” (rahasia, bathin) dengan metode dzikir dan doa.”ujarnya

Ustadz Ahmad Fuadi menjelaskan, bahwa “Allah menganugerahkan Al Hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan barangsiapa yang dianugerahi (ilmu) hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak, dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (Al Qur’an surat Al Baqoroh : 269)

Karena itu, lanjut ustadz sederhana dan santun ini, “aslinya” Al Hikmah itu bukan ilmu isian (titipan) dan bukan juga ilmu yang memanfaatkan makhluk lain  seperti khodam/jin/malaikat …melainkan adalah rahasia “SIRRULLAH” yang bekerja melalui “KEAJAIBAN RUH” manusia  pada beberapa titik LATHIFAH yang ada pada diri manusia.

“Jadi, Al Hikmah tidak akan pernah bisa dicabut oleh siapapun, kecuali Allah SWT dan DIRINYA SENDIRI (melanggar janji bai’at)…dan tidak akan pernah bisa HILANG sampe ajal menjemput. “tuturnya

Mang Ahmad panggilan akrab Ustadz Ahmad Fuadi memaparkan lebih jauh, bahwa  Al-Hikmah….itu berasal dari kata HAKAMA-YAHKUMU_HIKMATAN, sedang kalau kata jama’nya AL HIKMAH kurang lebihnya berarti: Ilmu pengetahuan, kebenaran, keadilan, kebijaksanaan, filsafat, perkataan yang sesuai, benar dan penuh kebaikan.Oleh karena itu bisa dijabarkan lagi ilmu al hikmah adalah ilmu yang hak, benar, yang diambil dari hikmah asma allah al’zhom, hikmah ayat-ayat al-quran dan doa-doa yang mustajab untuk mencapai keselamatan, kesejahteraan, kebahagiaan zhohir dan batin dunia akhirat dengan cara mendekatkan diri kepada allah swt, taqarrub ilallah..

Al Hikmah sebenarnya sangat dekat dgn tasawuf. Hal itu bisa dilihat dari sejarah asal-usul Al-Hikmah bahwa H. Oddo adalah orang yg pertama kali menyalurkan ilmu hikmah kepada Abah Toha dan H Amilin yang kemudian d pertemukan pada Abah Syaki. H.Oddo tentunya hanya meneruskan garis keilmuannya dari ayahnya yakni Syech Abdul Karim al-Bantany seorang ulama besar yang mewariskan thoriqoh qodiriyah naksabandiah dari Syech Akhmad Khotib Sambas. Syech Abdul Karim al-Bantany seorang ulama besar yang mewariskan thoriqoh qodiriyah naqsyabandiyyah dari Syech Akhmad Khotib Sambas Bin Abdul Ghoffar (lahir di Sambas-Kalimantan Barat bermukim dan tinggal dimekkah sebagai pendiri thoriqot naqsyabandiyyah qodariyah) Kepada H.Oddo.

KENAPA HARUS PUNYA ILMU AL-HIKMAH ?

Karena mungkin tidak ada Ilmu seindah dan semudah ilmu Al-Hikmah,indah karena cukup menyebut nama ALLAH, mudah karena hanya dengan mengeraskan perut, (kompres)

maka sudah mencakup seluruh tujuan.Misalnya untuk menghindari seluruh mahluk Allah yang berniat jahat atau untuk pengobatan.

Kenapa indah? Karena likalimatin thoyibah, ” laa illaha ilallah ”, bahwa tidak ada kalimat sebagus dan seindah kalimat, ” laa illaha ilallah ”.Yang bergerak diperut dalil akhirul kalam,” laa illaha ilallah dakholal jannah ”.

Untuk menyelamatkan kita di akhirat sedangkan yang bergerak di tangan ” Ya Abdul Jabbar ”,yang disebut tingkat dua untuk menyelamatkan kita di dunia.Kalimat ” Abdul jabbar ” dari gerakan tangan atau yang disebut ”Muhammadur Rasulullah” menurut ulama dalam kitab tafsir showi itu adalah bahasa ahli neraka yang tertolong oleh Nabi Muhammad SAW setelah di angkat ke surga, mereka memberi julukan ” Ya Abdul Jabbar ” kepada Nabi Muhammad SAW.Tetapi di kitab lain ” Ya Abdul Jabbar ”, itu merupakan julukan malaikat Izrail yang diberikan oleh ahli surga yang tidak merasakan neraka.

Diriwayatkan dalam kitab ”Jawahirul Buchori” ketika Rasul pulang dari perang handak,

beliau beristirahat dengan seorang sahabat bernama Jabir dibawah satu pohon yang rindang.

Pedang Rasul digantung di salah satu dahan pohon dan sahabat Jabir pun pergi menjauh dengan maksud supaya tidak mengganggu istirahatnya Rasul.

Tiba – tiba muncul seorang kafir Arabi yang berniat membunuh Rasul, kafir Arabi itu mengambil pedang Rasul yang tergantung di dahan. Dan mengarahkannya ke leher Rasul, tetapi dia langsung terpental dan akhirnya lari.Setelah kejadian itu sahabat Jabir menghampiri Rasul dan bertanya, ”Ya Rasul, aku melihat pedang tadi di arahkan tepat di leher Engkau tapi mengapa mereka bisa terpental?” Rasulullah menjawab :”Aku hanya menyebut nama ALLAH”.

Inilah salah satu riwayat Rasul yang menggambarkan betapa indahnya dan mudahnya Al-Hikmah, Karena hanya dengan menyebut nama ALLAH bisa menghindarkan seluruh makhluk ALLAH yang berniat jahat terhadap kita. Walaupun riwayatnya waktu itu Rasul tidak dibarengi dengan mengeraskan perut. karena itu adalah bagian dari mukjizat ke Nabian

Menurut ulama dalam kitab ”Pawaidul Makiyah”, setiap sindiran itu syair dan setiap syair adalah haram setiap ilmu adalah sihir adalah haram.Sedangkan menurut hadist Rasul setiap omongan anak Adam haram kecuali amar ma’ruf nahi mungkar maka syair tersebut haram kecuali Syair Ruku Wudhu,rukun sholat dan lain – lain.

Sihir,setiap ilmu sihir haram kecuali Al- Hikmah , karena syarat dari Al-Hikmah harus Islam, yaitu Islam yang sanggup menjalankan segala perintah -Nya dan sanggup meninggalkan segala larangan -Nya. Baca dua kalimat syahadat atau menyebut nama Allah itu Halal lain itu hanya Allah yang tahu. Mukjizat adalah ke istimewaan bagi Nabi dan Rasul dari Allah, maka ukuran Ilmu bukan dari Nabi dan Rasul.

Hidayah dan Maunah adalah ke istimewaan bagi orang yang ahli ibadah. Sedangkan Istidzrad merupakan sindiran Allah bagi orang yang bukan ahli ibadah.Apa khijab? Adalah kelihatan. Apa Istidzrad ? Adalah sindiran.Kenapa Mukhasafah hanya terbayang? Karena ilmu tidak akan berkembang.Barang siapa yang sudah bisa melihat neraka dan surga maka tidak akan sanggup hidup di dunia.Tetapi kalau Rasul Nabi Muhammad SAW, surga atau neraka sudah sebanding atau seimbang dengan badan beliau yang sudah dari cahaya.Namun Hidayah atau Mukhasafah itupun harus di atur atau mengerti hukum – hukum syara atau agama karena setan tidak mau ketinggalan.

Mukjizat adalah milik dan jatahnya Nabi dan Rasul Allah Mukhasafah adalah milik dan jatahnya Wali dan UlamaHidayah/Maunah adalah milik jatahnya Orang-orang mukmin – mukminat yang sholeh. Istidzrad adalah miliknya dukun dan lain-lain, dikasih kelebihan tapi bukan ahli ibadah

(3) SANAD/SILSILAH ILMU AL-HIKMAH

Menurut riwayat abahwa ilmu hikmah :Imam Ja’far Shoddiq Menuntut ilmu hikmah dari ayahnya (Imam Muhammad Al-Baqir) dan dia dari ayahnya (Imam Ali Zaenal Abidin)dan dia dari ayahnya (Al-Husein) dan dia dari ayahnya (Ali Bin Abi Tholib) dan Ali Bin Abi Tholib dari RASSULULLAH SAW.

Dengan demikian ,maka bertambah yakinlah kita bahwa ilmu hikmah ini,bersumber dari Allah ditiurunkan kepada Rasulullah SAW dan kepada sahabat terus-sambung menyambung sampai kepada para waliyullah dan kepara guru ILMU HIKMAH.

Belajar ilmu Hikmah harus dibimbing oleh guru ilmu hikmah,karena proses pembukaannya (penggoresan) agak sulit, Ibarat membuka brankas uang pada kunci kombinasi.Sang gurulah lewat izin dan ridho Allah,mencari kombinasi tersebut.Setelah ditemukan ,maka pintu bawah sadarnya akan terbuka dengan mudah(digores) dan akif yang insya Allah dengan izin dan ridho Allah SWT dapat digunakann untuk menjaga diri dari kejahatan zohir dan bathin.

Belajar ilmu hikmah,sama halnya dengan memiliki kunci kesuksesan hidup.Betapa tidak hampir setiap permasalahan hidup dapat diatasi atas pertolongan Allah semata via zikir dan doa yang hikmah/sirr/hakekat.Orang yang ahli dalam ilmu hikmah disebut Hukama’ dan Orang yang ahli ilmu syari’ah/Fiqih disebut fuqoha, Orang yang ahli ilmu tafsir disebut Mufassir.

.           Kesuksesan AL-HIKMAH bersumber pada kedekatan kita kepada Allah serta kepandaian kita menjaga dirI.Perinsip(motto) Al-Hikmah : MUSUH JANGAN DI CARI,KALAU ADA JANGAN LARI BILA PERLU DI BELI,BERTAQWA KEPADA ALLAH SEPANJANG HARI,DIATAS LANGIT ADA LANGIT.

KERJA AL-HIKAMH ILMIAH (LOGIKA=MASUK AKAL):

Tubuh manusia berisi rangkaian listrik(unsur api),dengan berbagai tegangan.Tegangan itu mengahsilkan medan energi(bio energi)yang disebut AURA.Medan ini dapat dapat dibangkitkan dan dikendalikan dengan senam dan jurus Al-Hikmah,zikir dan doa ,sehingga dapat digunakan untuk menarik dan menolak,karena bersifat magnet.jika seseorang yang beraliran negatif hendak menyeranng kita,maka daya tolak secara otomatis akan bangkit ,hingga membuat orang yang berniat jahat TERPENTAL TANPA DI SENTUH.

Masalah ini juga sudah dijelaskan dalam Al-quran surat;Al-anfal:17 Artinya: Maka(yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka ,akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka,dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar,tetapi ALLAHLAH yang melempar.(Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka)da memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin,dengan kemenangan yang baik.Sesungguhnya ALLAH maha mendengar lagi maha melihat(Q.S.Al-ANFAL:17)

Juga diterangkan pula dalam surat Al-Maidah ayat 11: Artinya: suatu kaum bermaksut hendak menngerakkan tangan kepada mu (untuk berbuat jahat)maka Allah menahan tangan mereka dari kamu(Q.S. Al-maidah ayat:11:

Peristiwa ini pernah dialami Rasullullah SAW.Ketika beliau akan dibunuh oleh Da’tsur dan Surokoh, Sebelum membunuh, mereka bertanya kepada Rosulullah :”Sebentar lagi engkau akan saya pancung.Coba katakan .! pada siapa engkau minta tolong?…” .Seketika itu,Rasulullah mengucap:”ALLAHU AKBAR…!,Maka Da’tsur dan Surokoh terpental beberapa tombak dan jatuh bergelimpangan tanpa daya.Alhamdulilla Rasulullah selamat dan mereka lansung msuk Islam. Ilmu hikmah bagi Rasulullah sebagai Mu’zijat, bagi waliyullah sebagai Karomah, dan bagi orang yang sholeh sebagai Maunah’

Ustadz Ahmad Fuadi menambahkan, bahwa ilmu Al-Hikmah termasuk ilmu yang ampuh,tapi mudah dipelajari oleh setiap umat islam,dan dapat dibuktikan secara ilmiah. “Khusus Majelis Taklim dan Sholawat Al Goffar   diberi pelajaran Senam dan Jurus Al-hikmah serta zikir dan do’a demi untuk mendekatkan diri kepada Allah.Senam dan Jurus berfungsi untuk membangkit bio energi lstrik yang ada dalam tubuh kita sehingga tubuh tetap sehat dan kuat ,jauh dari penyakit dan para penjahat dll.”tuturnya

Sedangkan zikir dan do’a untuk menerapkan ajaran:

1.LILLAH : segala amal perbuatan apa saja, baik yang hubungan langsung kepada Alloh dan Rosul-Nya SAW, maupun yang hubungan denga masyarakat, dengan sesama makhluk pada umumnya, baik yang wajib, yang sunnah atau yang wenang, asal bukan perbuatan yang merugikan/bukan perbuatan yang tidak diridhoi Alloh, melaksanakannya supaya disertai dengan niat dan tujuan untuk mengabdikan diri kepada Alloh Tuhan Yang Maha Esa dengan ikhlas tanpa pamrih ! LILLAHI TA’ALA!, LAA ILAAHA ILLALLOOH ( = tiada tempat mengabdi selain kepada Alloh ). WAMAA KHOLAQTUL JINNA WALINSA ILLAA LIYA’BUDUUN ( = dan tiadalah AKU menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-KU ) (Al Dzariyaat-56)

2.BILLAH : Menyadari dan merasa senantiasa kapan dan dimanapun berada, bahwa segala sesuatu termasuk gerak-gerik dirinya lahir batin , adalah Alloh Tuhan Maha Pencipta yang menciptakan dan menitahkannya. Jangan sekali-kali merasa lebih-lebih mengaku bahwa diri kita ini memiliki kekuatan atau kemampuan. LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH ( tiada daya dan kekuatan melainkan atas titah Alloh-BILLAH )

3.LIRROSUL : Disamping niat mengabdikan diri / beribadah kepada Alloh- LILLAH seperti diatas, dalam segala tindakan dan perbuatan apa saja, asal bukan perbuatan yang tidak diridhoi Alloh, bukan perbuatan yang merugikan, supaya juga disertai niat mengikuti jejak tuntunan Rosululloh SAW. “ YAA AYYUHAL-LADZIINA AAMANUU ATHII ‘ULLOOHA WA ATHII ‘UR-ROSUULA WALAA TUBTHILUU A’MAALAKUM “ ( Hai orang-orang yang beriman ( BILLAH ), taatlah kepada Alloh ( LILLAH ) dan taatlah kepada Rosul ( LIRROSUL ), dan janganlah kamu merusakkan amal-amalmu sekalian ( Muhammad 33 )

4.BIRROSUL : Disamping sadar BILLAH seperti diatas, supaya juga menyadari dan merasa bahwa segala sesuatu termasuk gerak-gerik dirinya lahir batin ( yang diridhoi Alloh ) adalah sebab jasa Rosululloh SAW. “ WAMAA ARSALNAAKA ILLA ROHMATAN LIL’AALAMIIN “ (= Dan tiada Aku mengutus Engkau Muhammad melainkan rohmat bagi seluruh alam ( Al Anbiya 107 ).

“Penerapan LILLAH –BILLAH dan LIRROSUL-BIRROSUL seperti diatas adalah merupakan realisasi dalam praktek hatiDari dua kalimat syahadat   ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLOH SAW  “pungkasnya.

Bagi yang berminat dan konsultasi keilmuan Al Hikmah dari Ustadz Ahmad Fuadi pimpinan MAJELIS TA’LIM & SHOLAWAT AL GOFFAR  Jalan KH Abdul Latif Gang Mawar Lingkungan Rau Barat RT 001 RW 011 Kelurahan Cimuncang Kecamatan Serang Kota Serang Banten 42111  Whatsapp : 0812-8529-7961 ( Tidak Melayani SMS )

Rute Bus : Naik Bus Tujuan Merak, Berhenti Di Patung / Terminal Pakupatan Kota Serang, Lalu Naik Ojek Menuju Alamat Diatas ( Tanyakan Mang Ahmad / Majelis Al Goffar )

Rute Kereta :  Naik Kereta Tujuan Stasiun Taman Sari Kota Serang, Lalu Naik Ojek Menuju Alamat Diatas dan  tanyakan Mang Ahmad / Majelis Al Goffar  (REDI MULYADI)***

Comment

News Feed