by

Zamzam Adi Purnama,S.Pd: “Peringatan Nuzulul Qur’an Sebagai Bahan Silaturahmi”

Kota Tasikmlaya-LINTAS PENA

Selain dari peristiwa malam lailatul Qadar di bulan Ramadhan diantaranya ada salah satu peristiwa yang sangat istimewa dan bersejarah yaitu memperingati Nuzulul Qur’an, karena di bulan Ramadhan itulah Al Qur’an diturunkan. Ada hal penting yang  harus diperhatikan setiap kali kita memperingati hari besar Islam, yaitu sebagai bahan silaturahmi. “Silaturahmi maksudnya sebagai bahan perenungan  sejauh mana kita berkumpul dan menjalin persaudaraan dalam aplikasi kehidupan sehari-hari,” ujar ustadz Zamzam disela –sela pembicaraan sesaat setelah acara peringatan Nuzulul Qur’an di Mesjid Qornice, Rabu  (28/4).

Selain sebagai Mukjizat tutur ustadz Zamzam Al Qur’an juga mengajarkan pentingnya menjalin silaturahmi dan mengikatnya lebih jauh dalam persaudaraan. “Kalau kita semua punya kemauan untuk berkumpul dan bersilaturahmi maka dengan sendirinya akan terjalin kebersamaan menuju persaudaraan,” ungkap Ustadz Zamzam Adi Purnama,S.Pd.

Dalam memperingati Nuzulul Qur’an di mesjid perum Qornice yang diadakan setelah pelaksanaan salat tarawih yaitu diisi dengan acara tawasulan, tadarusan dan ditutup dengan do’a yang diikuti oleh warga, Insya Allah Rahmat Allah SWT akan diturunkan umumnya untuk warga Kota Tasikmalaya wabil khusus warga perum Qornice .  

Kuatkan Ikatan Persaudaraan, lanjut ibu Ovie Oktaviani,S.Pd  agar sesama umat Islam dalam menghadapi perbedaan dalam hal beribadah jangan dipertajam, apalagi sampai menimbulkan pertengkaran. Perbedaan adalah rahmat jangan sampai menimbulkan perpecahan. “Berbeda boleh tetapi bertengkar jangan, berbeda Yes bertengkar No,”tutur ibu Ovie salah satu warga perum Qornice .

Tolong-menolong dasarnya  tertera dalam kitab suci Al- Qur’an surat Al Maidah ayat 2, Bermusyawarahlah dalam menghadapi berbagai macam persoalan sebagaimana hal ini tertera dalam surat As-Syura ayat 38, tidak ada perkara yang sulit kalau mau didialogkan, Nabi mengajarkan apabila kita menghadapi permasalahan untuk dimusyawarahkan terlebih dahulu, uraian terakhirnya yaitu membentuk masyarakat yang berkeseimbangan sebagaimana disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 201 dan Al Qashas ayat 77.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini dihadiri oleh warga perum Qornice Residence Rt 01 Rw 01 Kelurahan Cipawtira Kecamatan Mangkubumi dengan tema Dengan Nuzulul Qur’an Kita Jadikan Al Qur’an Sebagai Rahmat dalam Berbangsa, Bernegara dan Bermasyarakat. Ustadz Zamzam  juga berharap agar Indonesia khususnya warga kota Tasikmalaya dapat mewujudkan sebagaimana dalam Surat Saba ayat 15 yaitu Baldatun Toyyoibatun Waroffun Ghofur, Kota Tasikmalaya yang gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, semoga. (ZAP).

Comment

News Feed