by

Romo Sigit Widodo: “Raja Akik Indonesia”, Benarkah Batu Mulia dan Akik Bermanfaat untuk Kesehatan?

MENJAGA kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari yang ilmiah sampai yang tidak biasa. Batu kesehatan, seperti batu akik atau kristal diyakini sebagai salah satu cara menjaga kesehatan yang efektif. Tidak hanya menarik bagi penampilan, tetapi batu mulia ini diklaim memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun, apakah batu kesehatan benar memiliki efek yang positif terhadap kesehatan? Apa saja jenis batu kesehatan?

            Untuk mengetahuinya lebih jelas lagi, LINTAS PENA mencoba menghubungi “Raja Akik Indonesia” Romo Sigit Widodo panggilan akrab Drs.R.Sigit Widodo Nugrohadi,MM seorang kolektor sejati batu pusaka asal Purworejo ini, karena lebih dari 30 tahun mengoleksi ribuan jenis batu akik teutama batu akik pusaka yang punya nilai jual tinggi, juga dikenal sebagai pimpinan Padepokan Rangga Wijaya.

“Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya jika kita memahami jenis-jenis batu kesehatan yang beredar dalam masyarakat beserta khasiat-khasiatnya yang diyakini oleh masyarakat.  “ujarnya

Romo Sigit Widodo mengakui, bahwa ada beberapa jenis batu akik/batu mulia/pertama/mustika yang diketahui dapat bermanfaat bagi Kesehatan, terutama menjaga keseimbangan tubuh, memperlancar sirkulasi darah, mencegah masuknya oksidan atau racun dan manfaat lainnya.

“Beberapa jenis batu alam di bawah ini sering digunakan dalam praktek pengobatan alternatif. Dari obsidian sampai batu rubi, inilah batu alam yang bermanfaat bagi kesehatan!

Batu alam tidak hanya berguna sebagai komposisi bangunan rumah.”jelas dia

Beberapa jenis batu alam juga bisa kita gunakan untuk meningkatkan kesehatan kita.Para pakar dan ahli kesehatan dunia percaya bahw bebatuan yang dihasilkan secara murni oleh bumi pertiwi kita memiliki pancaran energi tertentu yang mengeras di saat proses alami pembekuan batu. “Sudah banyak juga orang yang menerapkan teori ini.Sebagian besar memakainya sebagai perhiasan, tetapi banyak juga yang memaksimalkan fungsi kesehatan batu alam ini sebagai dekorasi rumah.”

Beberapa jenis batu alam yang dipercaya dapat bermanfaat untuk Kesehatan pemakainya di antaranya adalah:

TIGER’S EYE

Tiger’s eye atau mata harimau adalah salah satu batu kesehatan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Batu kesehatan ini dipercaya mampu menambah motivasi dan mengurangi kecemasan, keraguan dalam diri, dan rasa takut. Ametis Ametis dikenal dengan istilah batu kecubung berwarna ungu dan dipercaya dapat membantu kita untuk tidur, mengurangi pemikiran negatif, membersihkan darah, meringankan rasa sakit dan stres, serta meningkatkan produksi hormon tubuh. Safir Batu kesehatan berwarna biru yang dikenal dengan harganya yang mahal ini diyakini mampu membantu mengatasi masalah pada mata, darah, dan sel, serta membantu meringankan insomnia, kecemasan, dan depresi.

BATU MERAH DELIMA/BATU RUBI (RUBY)

Batu kesehatan rubi dikenal dengan ciri khas warna merahnya yang dapat meningkatkan vitalitas, sensualitas, dan intelektual. Tidak hanya itu, batu kesehatan rubi juga dipercaya dapat mengeluarkan racun dari darah dan menjaga sistem peredaran darah. Obsidian Batu kesehatan obsidian memiliki warna hitam yang elegan dan berfungsi untuk melindungi penggunanya dari energi negatif. Batu kesehatan ini juga dipercaya dapat menjaga sistem pencernaan, mengurangi nyeri dan kram, serta untuk detoks tubuh.

Batu alam kedua yang bermanfaat baik untuk tubuh kita dan dijadikan sebagai dekorasi cantik adalah batu merah delima, atau yang biasa disebut dengan batu rubi.Batu ini merupakan salah satu dari empat batu berharga lainnya yaitu zamrud, safir, dan intan.Batu rubi dipercaya dapat meningkatkan rasa kepercaya dirian seseorang, juga menghilangkan kepenatan.Manfaat lainnya jika digunakan sebagai alat praktik kesehatan adalah untuk mengeluarkan racun, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan imun tubuh.Batu rubi juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit liver, ginjal, dan sistem pencernaan tubuh yang tersumbat.

BATU GIOK

Batu ini tentunya sudah tidak asing bagi para pecinta batu alam.Banyak karya seni dan dekorasi rumah yang dibuat menggunakan bahan dasar batu hijau mengkilap ini.Mulai dari vas bunga, bingkai foto, guci, patung, hingga hiasan akuarium.Tapi tahukah kamu bahwa batu giok juga memiliki khasiat baik bagi tubuh kita?Batu giok dipercaya dapat membuang energi buruk dari tubuh kita dan menggantikannya dengan chakra positif.Chakra positif yang dipancarkan oleh batu ini juga dapat melancarkan aliran darah, membebaskan kita dari rasa pegal-pegal dan sakit kepala.

JENIS BATU ALAM KUARSA

CLEAR QUARTZ

Clear quartz memiliki ciri khas berupa kristal putih yang dipercaya dapat meningkatkan energi. Batu kesehatan ini juga mampu menambah konsentrasi dan memori, serta menjaga daya tahan dan keseimbangan tubuh. Rose quartz Berbeda dengan batu kesehatan clear quartz, rose quartz memiliki warna merah muda dan diyakini dapat membantu menjaga hubungan dengan orang lain dan diri sendiri, serta dan membantu melewati masa-masa sulit yang memicu stres. Jasper Jasper atau yasper merupakan batu kesehatan berwarna merah yang disebut bermanfaat untuk meningkatkan semangat dalam melewati stres yang dialami, serta membantu meningkatkan kepercayaan diri dan ketangkasan saat berpikir.

Karena tampaknya yang terlihat seperti kristal murni, batu kuarsa sudah banyak digunakan sebagai bahan utama dekorasi-dekorasi rumah.Bahkan, beberapa desainer dunia sudah banyak yang merubah batu ini menjadi perabotan rumah, seperti wastafel, bak mandi, meja, rak dinding, dan lain-lain.Permukaannya halus, berwarna netral, dan mengkilap, cocok untuk desain rumah minimalis.Dalam segi kesehatan, batu kuarsa disebut dapat membantu meningkatkan reproduksi

BATU ALAM OBSIDIAN

Batu obsidian terkenal sebagai batu kesehatan yang dapat menyeimbangkan energi positif dan negatif pada tubuh manusia dan ruangan sekitarnya.Batu ini dibilang sebagai kedua sisi Yin dan Yang, dimana sisi Yin selalu mengimbangi sisi Yang.Begitu juga fungsi batu obisidian.Menurut ahlinya, batu ini dapat dengan mudah mengidentifikasi energi kotor dalam diri kita, dan membersihkannya secara perlahan.Baik itu energi positif yang berlebihan atau energi negatif yang tidak terbendung, dua-duanya akan tetap terjaga seimbang.Beberapa ahli kesehatan sudah menunggakan batu ini dalam praktek kesehatan mereka sehari-hari karena energi batu ini dapat membantu mengeluarkan racun jahat pada tubuh manusia.Cara menggunakannya pun berbeda-beda.Ada yang menggunakannya sebagai batu pijit, batu sauna, atau batu terapi panas.

BATU ONYX

Batu onyx berwana hitam pekat dan mengkilap, dan lebih sering digunakan sebagai perhiasan dibandingkan sebagai dekorasi rumah.Dari jaman dahulu, sudah banyak orang yang menjadikan batu ini sebagai jimat keberuntungan dan alat praktek kesehatan.Batu onyx ini dipercaya memiliki sifat spiritual yang dapat membersihkan tubuh kita dari racun dan energi negatif.Batu onyx juga disebut dapat meningkatkan intuisi dan menjernihkan pikiran seseorang berkat chakra murni yang dipancarkan dari dalam batu.Dengan cara memijatnya pada titik badan tertentu seperti area di belakang telinga, pelipis, dan tulang belakang, batu onyx dapat membantu aliran chakra positif dalam tubuhmu untuk bersikulasi secara lancar.

BATU KECUBUNG

Sama seperti batu merah delima, batu kecubung juga disebut-sebut dapat membantu aliran darah pada tubuh manusia.Menurut para ahlinya, batu ini memiliki chi positif yang bisa mengarahkan aliran energi positif pada tubuh manusia, sehingga membebaskannya dari kelelahan dan rasa stres.Batu ungu yang menawan satu ini juga dikatakan sebagai simbol kepercayaan diri dan semangat seseorang, itu lah mengapa batu ini sering dijadikan sebagai material utama gelang atau kalung terapi.

Salah satu jenis batu kecubung yang paling terkenal adalah kecubung wulung.Kecubung wulung, selain bisa membantu aliran darah dalam tubuh kita untuk tetap lancar, juga dapat memancarkan aura pesona dalam diri seseorang.Percaya atau tidak, harga kecubung wulung bisa dijual dengan harga puluhan juta satu gramnya. Gila, ya!

BATU SAFIR

Batu safir merupakan salah satu batu mulia terpopuler yang keberadaanya sampai sekarang masih sering dicari banyak pemburu batu mulia.Tidak hanya keindahan warna birunya, batu safir juga memiliki banyak keunggulan lainnya seperti harga jualnya yang tidak pernah menurun dan manfaat kesehatannya yang bejibun.Riset membuktikan bahwa batu mulia satu ini dapat digunakan sebagai alat terapi hipnosis untuk orang-orang yang ingin berhenti merokok, menghilangkan rasa stres, dan kecanduan pada alkohol.

Saking besarnya energi chi positif pada batu ini, rakyat Tiongkok jaman dahulu menggunakan batu ini sebagai alat penenang tentara-tentara perang yang terjangkit PTSD syndrome.

Di negeri kita, para terapis menggunakan batu safir dalam perawatan kecantikan alternatif.

Konon, batu ini dapat membuka aura baik dan mengunci aura buruk pada seseorang.

BATU BERLIAN

Lho, enggak salah menggunakan batu berlian yang biasanya dipakai sebagai perhiasan menjadi media penyembuh penyakit?Ya, tidak cuma sekedar aksesori biasa, jenis batu alam yang satu ini ternyata juga banyak dipakai sebagai media penyembuh berbagai macam penyakit.

Menurut para pakar, batu berlian berfungsi sebagai alat detox yang dapat mendorong racun keluar dari tubuh manusia.

Selain itu, batu ini juga disebut-sebut dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh anak remaja, menambahkan stamina orang dewasa juga sebagai alat pijat dalam penyembuhan dan perawatan penyakit akut seperti kanker, katarak, dan diabetes.

Semua keunggulan berlian ini datang dari warna dan kilaunya yang diterapkan sebagai pure light.

Para ahli pijat alternatif percaya bahwa jenis batu alam ini mengeluarkan energi cahaya dan chakra positif yang mengimbangi energi buruk dalam tubuh kita…sehingga badan tetap terasa bugar dan kondisi emosional kita pun tetap stabil.

BATU KYANITE

Jenis batu alam yang terbuat dari mineral yang membeku ini sudah lama dipakai di dalam dunia praktek kesehatan.Berbeda dengan beberapa batu alam sebelumnya yang dimanfaatkan untuk kesehatan fisik, batu kyanite dipakai sebagai media penyembuhan mental.

Batu kyanite memiliki efek yang menenangkan, membawa aura positif yang dapat membuang pikiran-pikiran kotor.Batu ini biasanya dipakai untuk mengobati pasien sakit jiwa, depresi, sampai schizophrenia.Cara pemakaian batu kyanite untuk penyembuhan mental adalah dengan dipijatkan pada pelipis wajah atau dengan menempatkannya di sudut ruangan rumah.

CITRINE

Batu kesehatan citrine memiliki peranan secara psikis karena dapat melepaskan sifat-sifat negatif dalam diri dan membantu meningkatkan pikiran, motivasi, dan optimisme.

TURQUOISE

Batu kesehatan berupa kristal berwarna biru ini bisa menyeimbnagkan emosi dan berkhasiat untuk daya tahan tubuh, sistem pernapasan, dan kerangka tubuh. Moonstone Hampir serupa dengan batu kesehatan lainnya, moonstone juga mampu mengurangi stres dan membantu perkembangan diri.

BLOODSTONE

Seperti namanya, batu kesehatan bloodstone diyakini dapat membersihkan darah dengan melancarkan peredarannya dan membasmi energi negatif dari luar.

 Apakah batu kesehatan bermanfaat bagi kesehatan? Ini pastinya bagian yang kita nantikan. Faktanya, tidak ada riset yang bisa membuktikan khasiat dari batu kesehatan ini. Malahan, suatu studi menemukan bahwa partisipan yang diberikan batu kesehatan asli maupun palsu tetap memberitahukan adanya sensasi tertentu dari memegang kristal tersebut.

 Oleh karenanya, sensasi-sensasi tersebut kemungkinan besar diakibatkan oleh efek plasebo dari bebatuan tadi. Meskipun batu kesehatan diyakini dapat membantu secara fisik, psikis, dan spiritual, tetapi belum ada penelitian ilmiah yang mendukung manfaatnya. Walau begitu, sugesti positif yang didapatkan pemakai batu mulia tentu memberi manfaat untuk kesehatan, sekaligus meningkatkan penampilan.

Inilah beberapa jenis batu alam yang beserta manfaatnya bagi tubuh manusia dan ruangan sekitarnya.Semoga bermanfaat  . (REDI MULYADI)***

Comment

News Feed