by

Bahasa Sunda Sebagai Bahasa Ibu

Oleh: Hari Nurman, S.S. (Guru Bahasa Sunda SMAN 4 Tasikmalaya)

BAHASA merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh manusia, baik secara individual maupun berkelompok  di dalam lingkungannya. Untuk menyatakan pikiran, perasan dan keinginannya, manusia menggunakan media bahasa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa setiap bahasa yang ada di dunia ini mempunyai kegunaan dan manfaat bagi masyarakat pemakainya.

            Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa ibu yang digunakan oleh masyarakat  Jawa  Barat  yang dalam perkembangannya turut memperkaya khasanah bahasa nasional. Bahasa Sunda merupakan alat komunikasi utama antara masyarakat pemakainya. Hal tersebut dibuktikan oleh adanya kedudukan dan fungsi bahasa Sunda. Kedudukan bahasa Sunda ialah sebagai bahasa daerah, dan sebagai bahasa daerah bahasa Sunda   berfungsi sebagai alat komunikasi masyarakat sunda, lambang identitas daerah,dan sebagai alat pennyampai kebudayaan daerah. Kedudukan bahasa Sunda  dalam hubungannya dengan bahasa nasional yaitu sebagai  pendukung bahasa nasional,sebagai alat pengembangan serta pendukung kebudayaan nasional. Dengan demikian Peranan Bahasa sunda sangat besar , baik sebagai alat komunikasi masyarakat pemakainya maupun sebagai alat pengembangan  budaya nasional.

            Bahasa Sunda dikatakan sebagai bahasa ibu  karena sampai saat  ini bahasa Sunda masih berfungsi sebagai bahasa pertama kali  dikenalkan oleh orang tua kepada anaknya yang baru lahir,seperti contoh kata emam,nenen,bobo , bahkan dalam nyanyianpun ketika meninabbokan anaknya  sering terdengar nyanyian “nelengnengkung-nelengnengkung  gera gede gera jangkung gera sakola dibandung .  Begitu Pula dalam Dunia Pendidikan  pelajaran bahasa Sunda diajarkan dari tingkat SD,SMP, sampai SMA. Hal tersebut sangat berpengaruh sekali terhadap keberlangsungan Bahasa Sunda  di lingkungan masyarakat dan dunia pendidikan.Dengan demikian bahasa sunda tetap eksis digunakan sebagai   alat komunikasi masyarakat Sunda .

            Bahasa sunda Sebagai bahasa Ibu merupakan lambang identitas Suku Sunda, Karena suatu suku bangsa apabila tidak memiliki bahasa daerahnya(bahasa Ibu) akan kehilangan identitas kedaerahan nya.karena salahsatu ciri jatidiri identitas suatu Suku bangsa adalah Bahasa. Bahasa Sunda juga dipakai sebagai alat penyampai kebudayaan daerah, dengan bahasa Sunda kebudayaan daerah sunda bisa lebih terkenal baik di tingkat lokal,nasional bahkan dunia,seperti wayang golek  yang disampaikan menggunakan bahasa Sunda.

            Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu dalam hubungannya dengan bahasa Nasional yaitu sebagai pendukung bahasa nasional. bisa dibayangkan apabila bahasa daerahnya tidak ada maka yang mendukung bahasa nasional pun hilang.Sejatinya adanya Bahasa nasional karena didudukung oleh bahasa daerahnya.Seperti  kosa kata dalam kamus besar Bahasa Indonesia  itu salah satunya berasal dari serapan bahasa daerah (Sunda).

            Dilihat dari fungsi bahasa Sunda,Baik itu sebagai bahasa daerah maupun dalam hubungannya dengan bahasa Indonesia, Bahasa Sunda perlu dilestarikan dan dipelihara sesuai dengan perkembangannya. Suatu bahasa akan tetap ada selama masyarakat pemakainya masih tetap setia menggunakan bahasa dalam komunikasi sehari-hari baik di lingkungan keluarga,lingkungan kerja, lingkungan pendidikan dan lain-lain.Dengan demikian bahasa Sunda akan tetap ada apabila masyarakat Sunda masih menggunakannya.

Comment

News Feed