by

Momentum Idul Fitri, Hari Pendidikan, Kebangkitan Nasional, dan Lahirnya Pancasila, UPN “Veteran” Yogyakarta Teguhkan Jati Diri sebagai Kampus Bela Negara

Sleman, Yogyakarta – LINTAS PENA

Masih dalam suasana lebaran, keluarga besar civitas akademika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) melaksanakan kegiatan Halal Bi Halal secara virtual, Senin (17/5/2021).

Dalam kesempatan itu, Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si. selaku Rektor UPNVY mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Selamat merayakan hari kemenangan, setelah selama 30 hari berpuasa di Bulan Ramadan melebur dosa dengan menahan haus dan lapar.

Dan, teriring pula, dengan segala kerendahan hati, Rektor menghaturkan Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga segenap civitas akademika UPNVY bisa menjadi manusia yang suci dari dosa dan kembali kepada fitrahnya di Hari Raya Idul Fitri ini.

“Umat Islam selama satu bulan penuh menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Dengan  berbekal spiritualitas Ramadan, mari kita jadikan momentum Idul Fitri untuk menguatkan tekad saling melebur dosa di antara kita dengan saling memaafkan. Menguatkan niat untuk menebar kasih sayang dengan saling bersilaturahmi meski fisik kita tidak dapat bertemu karena terhalang jarak, dan demi mendukung upaya pemerintah dalam memerangi Covid-19 untuk tidak berkerumunan,” ujarnya.

Rektor menuturkan, ini merupakan tahun kedua acara silaturahmi di lingkungan UPNVY dilaksanakan secara online, seperti tahun lalu. Hal ini mengingat Pandemi Covid-19 yang memang belum berakhir.

“Untuk tahun depan, semoga silaturahmi dan Halal Bi Halal bisa digelar secara luring. Semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir dan kehidupan kembali normal seperti sedia kala. Namun, walaupun tangan kita tidak bisa saling berjabat, tentunya ini tidak mengurangi niat tulus kita bersama untuk saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Baik itu kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja,” ungkapnya.

Kegiatan Syawalan dengan tema “Silaturahmi Era Pandemi Teguhkan Kembali Pancasila dan Kampus Bela Negara” ini, diikuti oleh 600 peserta yang terdiri dari pejabat struktural kampus, ketua atau kepala lembaga, dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan bagian administrasi dan umum lainnya di lingkungan UPNVY.

“Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi kita tetap bisa bersilaturahmi bertatap muka meski secara virtual. Karena bagaimanapun, kebersamaan dan silaturahmi inilah yang akan melahirkan energi, motivasi, dan meningkatkan sinergitas,” imbuhnya.

Rektor menyampaikan, Hari Raya Lebaran tahun ini terasa istimewa bagi UPNVY karena berdekatan waktunya dengan Hari Pendidikan (2 Mei), Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei), dan Hari Lahirnya Pancasila (1 Juni).

“Sebagai kampus yang didirikan oleh para pejuang veteran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tentunya UPNVY harus semakin meneguhkan jati dirinya sebagai Kampus Bela Negara dan yakin Pancasila sebagai ideologi negara. Selain juga harus cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, rela berkorban, dan memiliki kemampuan awal bela negara,” terangnya.(REDI MULYADI)***

Comment

News Feed