by

Drs.H.Yono Kusyono M.Pd : Ketua Dekopinda Kabupaten Tasikmalaya Siap Bentuk Koperasi Sekunder

Kab.Tasikmalaya LINTAS PENA

Drs.H.Yono Kusyono M.Pd terpilih jadi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabuaten Tasikmalaya periode 2021 – 2025 secara aklamasi pada musyawarah yang digelar di Pendopo Baru Sigaparna pada Selasa 27 Maret 2021 yang lalu.Pada acara pelantikan tersebut secara resmi oleh Ketua Dekopinwil Jawa Barat Nurodi.SE., Sekda Kabupaten Tasikmalaya DR.H.Mohamad Zen M.Pd,.TNI ,Polri ,Kejari  dan  60 orang perwakilan ketua, ketua koperasi di Kabupaten Tasikmalaya serta tamu undangan lainnya. 

Drs.H.Yono Kusyono M.Pd   berterima kasih sekali bisa mendapatkan kepercayaan memimpin Dekopinda Kabupaten Tasikmalaya 5 tahun kedepan ini merupakan amanah yang harus dijalankan dengan sebaik baiknya.

Pria kelahiran Bandung 5 Mei 1957 ini  memaparkan pengalaman dirinya bekerja yang pertama diangkat CPNS tahun 1979 di Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat di Bandung,Kabupaten Ciamis  dan  berbagai dinas intansi di Kabupaten Tasikmalaya sampai pensiun tahun 2013

            “Selanjutnya saya aktif di legislatif menjadi anggota DPRD kab Tasikmalaya Periode 2014 – 2019 dari Partai PDI Perjuangan pimpinan H.Ade Sugianto S.IP yang sekarang Bupati Tasikmalaya Kebetulan saya waktu di DPRD menjabat Komisi 1 selama 2 tahun dan di Komisi 4 selama 3 tahun .Tasyakur binnikmah pengalaman selama itu bisa menambah ilmu,menambah wawasan,pengalaman pengalaman menambah famili “jelas suami tercinta Hj.N.Lilis Julawati S.Pd.M.Pd Sekretaris IGTKI PGRI Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam organisasi,  dia diberi amanah menjadi wakil ketua di DPC PDI Perjuangan, Ketua Dekopinda, Ketua Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil,Ketua Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan periode 2019-2024 dan Bendahara Umum DKM Mesjid Agung Baiturrohman Kabupaten Tasikmalaya itu jabatan amanah dan mudah mudahan  bisa melaksanakan sesuai dengan tupoksinya.

Bicara soal perkoperasian yang saat ini ada di Kabupaten Tasikmalaya, menurut H.Yono Kusyono, tercatat ada sekitar 400 koperasi .”Kami akan berusaha melaksanakan dan mendrongkrak perekonomian dimasa pandemi covid-19 ini bisa berjalan dengan baik Dalam waktu dekat agenda awal saya akan bicara dengan Pak Bupati Tasikmalaya selaku pembina  Dekopinda akan membentuk koperasi sekunder,kemudian ingin mempunyai kantor Sekretariat Dekopinda yang representatip dan strategis. Jadi nantinya Dekopinda akan melajsanakan pembinaan yang rutin,pelatian pelatihan para pelaku koperasi,pelatihan perpajakan  kerja sama dengan Kantor Pajak dan kami akan berkolaborasi mencari modal, kami tidak akan menuntut dari tabungan wajib,tabungan pokok anggota,tabungan sukarela.yang tentunya kami Dekopnda harus piawai juga untuk mencari pendanaan modal mereka misalkan dari CSR BUMN, Perbankan atau mengajul ke Kementerian Koperasi.”paparnya.

            Adapun visi Dekopunda Kabupaten Tasikmalaya yaitu  “Barometer Terdepan Dalam Menggerakan Dan Membangun Gerakan Koprasi Sebagai Wadah Bersama Berazaskan Kekeluargaan”.

Sedangkan misinya yaitu

1.Mengembangkan kapasitas dekopinda sebagai lembaga gerakan koprasi yang handal,kuat,mandiri.

2.Meningkatkan kapasitas kelembagaan dengan Restrukturisasi dan Revitalisasi dewan koprasi indonesia daerah

3.Meningkatkan dan membangun kapasitas kelembagaan gerakan koprasi untuk mengembangkan

Usaha peningkatan hubungan kerjasama dan akses permodalan

4.Membangun kerjasama stategis dan meningkatkan mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan intansi/lembaga yang terkait sebagai mitra pemerintah yang kredibel.

“Tasyakur binnikmah setelah musda pelantikan pasukan Dekopinda Kabupaten Tasikmalaya sebagai teman teman pengurus mitra kami. Kami tidak menempatkan ada atasan ada bawahan tapi kami berkolaborasi bersama-sama.

Harapan kami kedepan semoga keberadaan  Dekopinda harus terasa oleh para pelaku koperasi se Kabupaten Tasikmalaya  bahwa dekopinda itu ada dan hadir untuk menjebatani kemajuan koperasi”.jelas Drs.H.Yono Kusyono M.Pd mengakhiri obrolan.(ADE BACHTIAR ALIF)*

Comment

News Feed