by

Mulailah Dengan Akhir Dalam Fikiran

Oleh: Juajir S. Kertanegara (Presiden Pusat Penguatan Lumbung Desa dan Kelurahan Indonesia)

SAHABATKU, judul tulisan ini saya ambil dari salah satu kebiasaan manusia yang dibahas di dalam buku “The 7 Habits of Highly Efective People”.  Ternyata manusia unggul dan sukses senantiasa terbangun di dalam dirinya suatu kebiasaan memulai sesuatu dengan membangun mimpi besar di dalam jiwanya.

Tak terbayangkan kepada kita bahwa mimpi besar Jules Verne dalam bukunya “From the Earth to the Moon” telah membawa kita memasuki peradaban dunia maya saat ini. Pemanfaatan ruang angkasa untuk aktivitas satelit yang mampu memancarkan gelombang elektromagnetik telah membawa dunia menjadi tanpa batas (Borderless World) yg kini memainkan peran strategis dalan kehidupan manusia.

Untuk itu saya mengajak seluruh sahabatku untuk memulai sesuatu dengan akhir dalam fikiran kita. Dengan kata lain, Marilah kita bangun mimpi-mimpi besar yang positif.

MIMPI BESAR SAYA

1. Saya bermimpi menjadikan Lumbung Desa dan Kelurahan sebagai Soko Guru Perekonomian rakyat yang berdiri di atas Pondasi nilai Gotong Royong (sesuai dengan paradigma Ekonomi Pancasila).

2. Saya bermimpi mereposisi kontrak investasi internasional terhadap pengelolaan sumberdaya alam untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat (sesuai dgn amanah Psl 33 UUD-1945). Untuk itu, hasil yg diperoleh dari pengelolaan sumberdaya alam secara tegas diporsikan untuk mensupport program peningkatan kesejahteraan rakyat, dan ini harus ditegaskan di dalam undang-undang. Sehingga bangsa ini memiliki kedaulatan dan ketahanan energy untuk memenuhi kebutuhan energy rakyatnya.

3. Saya bermimpi Indonesia menjadi gudang pangan dunia dan melepaskan kebergantungan impor (beras, kedelai, jagung, agar-agar, garam, daging sapi) dengan mewujudkan gerakan Swasembada Pangan. Sehingga bangsa ini dapat meraih kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

4. Saya bermimpi untuk menegakkan Kedaulatan Energi dengan menjadikan Pertamina sebagai BUMN Khusus yg diberikan peran strategis di negeri sendiri melalui monopoli pengolahan energi negara untuk kesejahteraan rakyat.

5. Saya bermimpi Indonesia kembali menjadi Bangsa Maritim Besar yg pernah terjadi pada masa sebelum kehadiran Kolonialisme Belanda, dengan membangun armada laut yang kuat dan mampu mengelola potensi sumberdaya laut yang sungguh sangat besar jumlahnya.

6. Saya bermimpi menjadikan Indonesia bebas dari praktik KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) dengan membangun Sistem Pemerintahan yang AMANAH.

7. Saya bermimpi Indonesia menjadi Negara Penemu dan Pencipta, dan bukan menjadi negara pengguna dan konsumen. Untuk itu, saya akan memfasilitasi dan mendorong SDM yang kreatif, inovatif, dan produktif untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

8. Saya bermimpi Indonesia kembali menjadi dirinya secara penuh dan menyeluruh, yaitu negara Pancasila yang konsisten dlm setiap perikehidupan bermasyarakat dan bernegara, yang akan meraih Bangsa yang Baldatun Toyibatun Warahbun Ghofur, toto tentrem kerto raharjo, gemah ripa lohjinawe.

Semoga mimpi saya mendapat hidayah dan ridho dari Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin.

Hormat, Juajir S. Kertanegara

Comment

News Feed