by

Mata Air Sungai Rengganis Cagar Alam Pangandaran Di Percayai Bikin Awet Muda

Pangandaran, LINTAS PENA.

Menguak sejarah cirengganis yang konon mata air yang muncul dari mulut goa cirengganis di percaya dapat mengobati berbagai macam penyakit hingga dapat menjadikan awet muda dan memancarkan aura kecantikan bagi kaum hawa yang mandi atau sekedar membasuh muka dengan air dari mata air cirengganis. Sabtu (05 /06/2021). Nama goa Rengganis ini sendiri di ambil dari nama Dewi Rengganis yang merupakan Putri Pertama dari Eyang Argopuro seorang Petapa dari dari Desa Bagelen, Purworejo, Wonosobo yang mengembara ke Tatar Galuh pada abad 14 hingga abad 16.

Demikian di kisahkan sejarah ini oleh Abah Kumis yang merupakan Relawan Pembantu Juru Sejarah Nabati budaya “Dewi Rengganis yang merupakan Istri dari Raden Anggalarang Pendiri Kerajaan Galuh Tanduran atas Permintaan Sang Suami Kepada Ayahnya Prabu Haurkuning, salah satu Raja di tanah Pajajaran waktu itu. Ungkap Abah Kumis mengisahkan. Masruroh warga setempat bahwa Raden Anggalarang tidak mendapat restu untuk mendirikan kerajaan Galuh Tanduran oleh Sang Ayah lantaran kawasan tersebut merupakan Hutan belantara yang banyak binatang buas juga karakteristik masyarakat pendatang yang keras hingga membuat sang Raja setengah hati mengijinkan putranya untuk mendirikan kerajaan tersebut.

Misteri Goa Rengganis dan Cikal Bakal Kerajaan Galuh Tanduran Begitu sayang nya sang Ayah kepada anak nya Raden Anggalarang hingga berdirilah kerajaan itu Raden Anggalarang pun menjadi Raja dan Dewi Rengganis permaisur yang Cantik jelita. Karna kecantikan Dewi Rengganis inilah para Bako atau bajak laut dari Daerah Nusakambangan ingin merebut dan memiliki Dewi Rengganis tak peduli itu Istri Raja.

Upaya para Bajo untuk menculik Dewi Rengganis tak kunjung berhasil karena Dewi Rengganis selalu di lindungi oleh Patih Patih Kidang Pananjung. Nah Goa dengan mata air tersebut lah dalam kisah ini dahulu nya terletak di sekitar kerajaan sehingga sang permaisuri Dewi Rengganis sering mandi di mata air tersebut, terlepas dari mitos mengenai air yang bisa mengobati berbagai macam penyakit serta dapat membuat awet muda tersebut berasal dari nilai sejarah. Jelas Abah Kumis. Wisatawan dari berbagai Daerah baik lokal maupun mancanegara ramai mengunjungi tempat wisata alam yang berada di cagar alam pantai timur Pangandaran, sekitar 2km dari pintu masuk Cagar alam pantai timur Pangandaran di tempuh dengan berjalan kaki menyusuri kawasan taman wisata alam (TWA). (EL)

Comment

News Feed