by

Sinergisitas PMM Mitra Dosen Dengan Kelompok UMKM Kreatif Membuahkan Hasil Sampai Dikancah Regional dan Nasional

Malang,LINTAS PENA

Pendampingan yang dilakukan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyrakat ( DPPM ) melalui Program Kelompok Mitra Internal ( PKMI ) dan didasari dengan Pengabdian Pada Masyrakat oleh Mahasiswa ( PMM ). Memberikan dampak yang signifikan pada lingkup masyrakat sehingga kita tetap bersinergi dalam mengembangkan potensi ditengah-tengah masyrakat kususnya kali ini kami berkesampatan bersinergi dengan Kelompok UMKM RW 02 Klampok Kasri Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang.

Dibawah naungan dosen pembimbing lapangan dan selaku kordinator kelompok Ibu Dra. Arfida BD. MS dan sebagai Dosen pada Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang konsisten dalam mengembangkan Kelompok UMKM Kreatif serta tetap Komitemen dalam mendampingi kelompok tersebut.

Pendampingan yang dilakukan oleh Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat DPPM Universitas Muhammadiyah Malang kepada UMKM kreatif RW 02 Klampok kasri Kelurahan Gading kasri kota Malang sejak 2014 lalu telah membuahkan hasil pasalnya program kelompok mitra internal (pkmi) yang juga bersinergi dengan program pengabdian pada masyarakat oleh  mahasiswa (PMM) menjadikan UMKM kreatif RW 02 Salah satu pendukung Kelurahan Gading kasri menuju Lomba tingkat provinsi.

pendampingan yang dilakukan dppm Umm mulai dari membentuk struktur organisasi pemberdayaan kreativitas UMKM pendampingan pembuatan NPWP jika studi banding ke beberapa kota di Jawa Timur koordinator PKMI-PMM Umm Ibu Dra. Arfida BD. MS mengatakan keberhasilan Kelurahan Gading kasri menuju nama provinsi dan saat ini sudah memasuki 4 salah satunya didukung oleh keberadaan UMKM kreatif RW 02 kelompok Asri

Jika terus dikembangkan tidak menutup kemungkinan dapat menembus tingkat nasional Pengertian Program kemitraan masyarakat internal dan juga bersinergi dengan program pengabdian masyarakat mahasiswa. Ibu Arfida Mengungkapkan “keberlanjutan sejak tahun 2014 kami telah membentuk yang ada di kecamatan Kemudian kita juga upaya Bagaimana mulai awal Jangan mudah yang diminati tapi harus menanggung dulu ya itu dari Bank Jatim

demikian juga pengembangan agar usahanya lebih maju lagi harus punya NPWP kemudian juga kami aja baik-baik di Surabaya ke Malang yang terdekat Sidoarjo wilayah provinsi Jawa Timur dan akan menjadi Menuju lomba provinsi dan Alhamdulillah sudah belajar di tempat ini terus berkembang semoga dikasih yang dibagi dua salah satu sistem tingkat nasional”

UMKM Kreatif RW 02 Kelurahan Gading kasri harus dapat menjelaskan selama 7 tahun mendampingi pembuatan produk unggul mulai dari pembuatan tas dompet dan sepatu dari sak semen ada juga olahan makanan dari kentang yang telah terjual ke luar pulau seperti Kalimantan tahun 2021 ini ada produk baru yang diproduksi yaitu permen Jelly yang merupakan program Pendampingan Berdiri sejak tahun 2014. Sehingga Ketua UMKM Kreatif mengungkapkan

“Karena kekurangan kami ada dari berbagai pihak sehingga Alhamdulillah ketika kami di samping ini banyak peningkatan-peningkatan yang kami dapatkan Rizal pelatihan marketing kami dikenalkan juga dengan penataan buku penjualan sehingga setiap kali setiap bulan kita untuk mengetahui bagaimana perkembangan jualan itu juga berkaitan dengan pajak Alhamdulillah kami juga sudah dikenalkan pajak sehingga 90% anggota kamu itu sudah berkembang”

Lurah Rendra Kurnia menyambut baik dan menjelaskan “berarti kan yang dilakukan oleh dppm Umm dan berbagai kegiatan yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Malang seperti pmm yang merupakan bentuk sinergitas antara Kelurahan dengan perguruan tinggi dengan harapan dapat meningkatkan potensi Masyarakat khususnya di RW 02” Selain itu menurutnya di tengah pandemi dibutuhkan ide kreatif sebagai upaya memulihkan ekonomi khususnya UMKM kreatif Kelurahan Gading kasri .

Salah satu bentuk sinergitas antara Kelurahan dengan 4 bulan ini Tentunya ini menjadi salah satu juga hal yang menurut Kami adalah beberapa potensi Masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan Gading Asri jadi semacam bentuk penggalian-penggalian potensi ekonomi kreatif hal ini ditambahkan juga sama pak Lurah Gading Kasri Rendra Kurnia

“Salah satu hal yang sangat-sangat kita harapkan dalam kondisi masa pendudukan 716 Bagaimana bisa menumbuhkan ide kreativitas serta dengan cara memulihkan ekonomi khususnya ekonomi kreatif dppm juga mendorong pemberdayaan masyarakat di bidang lain seperti pembudidayaan ikan lele pembuatan limbah plastik kerajinan rajutan pembuatan sanggar pelatihan UMKM.

Harapannya pendampingan tersebut berkesinambungan sehingga program yang ada didukung perkembangan UMKM bisa berjalan optimal dan signifikan kedepan nya. Kerja sama ini telah berlangsung secara berkala dalam pengembangan SDM pada Kelompok UMKM kreatif RW 02 Klampok Kasri Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang. (RLS)

Comment

News Feed