by

Peran Pembayaran Non Tunai Dalam Jual Beli Merch K-pop

Oleh: Rr. Shinta Dewi Harimurti (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Ekonomi Pembangunan)**

DI INDONESIA budaya Korea pop atau biasa disebut K-pop sudah semakin terkenal. Baik dari kalangan anak kecil hingga remaja. Semenjak pandemic Covid 19,Sekolah banyak yang diliburkan sehingga banyak anak-anak atau remaja Indonesia yang merasa bosan jika belajar dirumah. Oleh sebab itu untuk menghibur kebosanan mereka sebagian besar dari mereka mencari hiburan seperti menonton drakor dan menjadi fangirl/fanboy boygrup atau girlgrup musik korea. Dari hobi mereka menjadi fans kpop,tentu ada goods/barang yang diperjual belikan. Contohnya seperti album,aksesoris dan barang lain yang berhubungan dengan kpop  Album bagi para fans kpop merupakan barang yang wajib harus dimiliki,bagi mereka. Membeli  album merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan sekaligus sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih fans kepada idol nya yang telah memberikan comeback untuk menghibur para fans. Dari penjualan album kpop yang saya amati saat ini yaitu album Don’t Fight The Feeling milik boygrup EXO. EXO merupakan boygrup music korea yang debut pada 8 April 2012,yang pada tahun ini yaitu tanggal 7 Juni 2021 melakukan comeback pertama mereka setalah hiatus 1 tahun, alasan EXO hiatus yaitu karena beberapa member menjalani tugas Negara mereka yaitu wajib militer (Wamil). Dari album comeback kali ini, album ini merupakan album special yang diberikan EXO kepada fans nya (EXO-L). Oleh sebab itu banyak dari EXO-L berbondong-bondong membeli album ini. Sebelum tanggal perilisan nya semua seller yang menjual album sudah membuka Pre Order pembelian album, karena album merupakan salah satu barang yang memiliki nilai/penghargaan jika penjualannya tinggi sebelum tanggal perilisan. Album Don’t Fight The Feeling merupakan album EXO ke 7 dan album ke 6 yang berhasil mendapatkan predikat sextuple million seller.Dari pembelian album tersebut tentu ada web penjualan, Salah satunya Ktown4U. Ktown4u merupakan platform penjualan online album kpop yang menghitung chart penjualan setiap album,dari penjualan terendah hingga tertinggi.

Untuk sistem pembayaran dari pembelian album di Ktown4u ini menggunakan sistem pembayaran non tunai yaitu paypal. Paypal merupakan rekening virtual yang menyediakan jasa pengiriman atau pembayaran secara online antar Negara,PayPal juga melayani transaksi keuangan antar Negara secara online yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengatasi masalah keuangan secara cepat dan aman. Metode yang digunakan PayPal saat ini sangat berbeda dengan metode sebelumnya,dimana dulu jika mengirimkan uang harus menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos yang membutuhkan waktu lama dalam pelaksanaanya,sehingga metode ini sangat tidak efisien dan pada akhirnya PayPal inc yang merupakan perusahaan dalam jaringan menciptakan penyediaaan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama.  Selain untuk pengiriman uang atau pembayaran, paypal juga bisa menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening PayPal. Semua kemudahan ini tentu akan sangat berdampak positif bagi bisnis dan juga beragam urusan keuangan yang dijalankan, di mana PayPal memang memiliki jangkauan yang luas dan bisa diakses di berbagai negara di dunia. Selain itu PayPal juga dapat membantu menjaga rahasia data pribadi dalam setiap pembayaran dalam kegiatan belanja online, di mana pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan yang biasanya akan tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi yang lainnya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa peran pembayaran non tunai terhadap pembelian merch kpop sangat dibutuhkan. Dimana jika kita membeli secara langsung barang kpop yang kita inginkan jelas akan mengeluarkan biaya yang lebih untuk ke korea. Dan jika kita menggunakan pembayaran menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos akan memakan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu system pembayaran non tunai pada masa modern seperti ini sangat penting,selain mempercepat waktu,pembayaran non tunai juga sudah ketat akan keamanannya. Sehingga tidak usah khawatir akan kejahatan transaksi melalui platform online.(***

Comment

News Feed