by

Pentingnya Aktivitas Fisik Untuk Anak Selama Masa Pandemi Covid 19

Oleh :Firdaus, S. Pd (Guru Penjasorkes SDN Kemirimuka 2, Kota Depok)

SUDAH satu tahun lebih pandemi virus corona melanda negeri kita tercinta ini. Bukan hanya terjadi di Indonesia bahkan sampai keseluruh penjuru dunia. Badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization) telah menetapkan bahwa wabah virus corona dengan penyakitnya yang disebut Covid-19 sebagai pandemi global karena tingkat penyebaran dan keparahan penyakitnya yang sangat mengkhawatirkan. Sehingga merubah seluruh aktifitas kegiatan manusia, dimana ada himbauan dari pemerintah untuk tetap dirumah, selalu menggunakan masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan sebelum maupun sesudah aktifitas, selalu jaga jarak terhadap orang lain dan menghindari kerumunan.

Ketika wabah virus Corona melanda seluruh dunia termasuk Indonesia dan dinyatakan sebagai sebuah pandemik, merubah seluruh aktifitas kegiatan manusia. Di masa pandemi saat ini memaksa guru dan siswa belajar jarak jauh. Banyak siswa selama pembelajaran ini menngunakan berbagai media yang digunakan untuk belajar online, seperti menggunakan TV, HP, laptop dan internet dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Dengan tinggal di rumah dalam waktu lama terutama pada anak-anak dapat meningkatkan perilaku malas gerak, penurunan aktivitas  gerak dan gaya hidup yang negatif.

Dalam situasi pandemi saat ini sebagai guru yang mengajar pendidikan jasmani diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan  kebugaran jasmani siswa sehingga tercapai imunitas yang baik. Menurut Samsudin (2008:2) Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi.

Peran pendidikan jasmani sangat penting  dalam pembentukan kebugaran jasmani. Selain itu dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada anak. sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi dan percaya diri serta antusias untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik adalah suatu gerak tubuh yang dilakukan oleh otot-otot rangka yang merupakan bentuk pengeluaran tenaga (dalam kilo-kalori) seperti melakukan suatu pekerjaan, waktu senggang dan aktivitas sehari-hari lainnya. (Adi Sapoetra : 2005). Aktifitas fisik merupakan kebutuhan pokok manusia. Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, maka akan meningkatkan kebugaran jasmani. Menurut T. Cholik Muthohir (dalam Ismaryati, 2006: 40), pengertian kebugaran jasmani adalah kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Dalam situasi dan kondisi saat inilah guru pendidikan jasmani dituntut untuk dapat mengembangkan kreativitas pembelajaran. Guru dapat membuat dan mengimplementasikan proses edukasi dengan beragam cara belajar di rumah, yang tentu kesemuanya berbasis online (daring). Ada yang membuat konsep menjelaskan nya secara online, pengerjaan tugas praktek secara video, melakukan tatap muka melalui media aplikasi zoom meeting, serta ada juga yang memanfaatkan konten-konten gratis dari berbagai sumber belajar. Selain itu guru harus mampu merencanakan pembelajaran dengan matang. Pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru dapat bekerja sama dengan orang tua, misalanya tugas-tugas berbasis proyek. Guru dapat memanfaatkan  WhatsApp Grup kelas. Membuat tugas tutorial kepada siswa contohnya gerakan lari dan senam, guru dapat memberikan melalui media Youtube. Guru juga dapat memberikan materi pembelajaran sekaligus membuat laporan dan lembar kerja siswa yang membuat pembelajaran aktif, dapat juga memanfaatkan fasilitas Google form.

Guru pendidikan jasmani juga dituntut untuk mampu merancang dan membuat, atau mendesain pembelajaran yang ringan dan efektif. Memilih materi dengan memanfaatkan perangkat atau media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Contohnya adalah materi dengan tidak menggunakan alat seperti lari, senam atau materi yang berkaitan dengan aktivitas gerak untuk meningkatkan kebugaran jasmani seperti push up, sit up, back up  dan naik turun tangga. Dengan anak melakukan aktivitas fisik maka akan meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh anak akan tetap bugar dan menjaga kesehatan.

Perlu disadarkan bahwa aktifitas fisik itu penting untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi saat ini.(***

Comment

News Feed