by

Kementerian Perhubungan Bangun Flyover Perlintasan diatas Jalan Kereta menghubungkan Dua Desa

Kab.Tasik LINTAS PENA

Kementerian Perhubungan saat ini tengah membangun Flyover Uderpass di kp Cidahu  untuk menghubungkan dua desa, yakni  Desa Mekarwangi dan Desa Nusawangi kecamatan Cisayong kabupaten tasikmalaya.Tujuan pembangunan  bertujuan untuk mengatasi dan mendukung seterilisasi  perlintasan jalan kereta Api cepat katanya,akibat adanya perlintasan sebidang rel kereta Jakarta -Surabaya. Pembangunan flyover merupakan salah satu program sterilisasi beberapa perlintasan jalan dan kereta yang dilakukan Kementerian perhubungan untuk mendukung proyek The Java Northline Upgrading Project yang akan mengembangkan jalur kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya.

“Kami ditugasi untuk memperbaiki atau mensterilkan kurang lebih sekitar  perlintasan sebidang dengan jalan raya di sepanjang perlintasan rel kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Kami akan membangun fly over dan underpass hingga jembatan penyeberangan orang (JPO) termasuk perbaikan jalan lingkungan di sekitarnya,” kata Iyan Sopian mewakili PT Dwi Tunggal karya, beberapa waktu lalu.

Pembangunan Flyover underpass di Desa Mekarwangi penghubung ke Desa Nusawangi dilakukan untuk mengatasi masalah  yang kerap terjadi kecelakaan pada jam sibuk di Jalan desa Mekarwangi menuju Desa Nusawangi, Flyover Underpass ini memiliki panjang 206 meter dengan jalan pendekat   (Barat) dan (Timur).

Pembangunan fly over dikerjakan oleh kontraktor PT. Dwi Tunggal Karya (Persero) Tbk. Total penanganannya sepanjang 206 meter dengan lebar 4 meter dengan bahu jalan yang masing-masing lajur memiliki lebar sangar berpareatif 2,7 meter, 3 meter dan bagian barat Plyoverhanya lebar 2,5 meter, katanya.

Konstruksi fly over Underpss dikerjakan sudah 7 bulan berljalan

Dalam mendukung sterilisasi perlintasan jalan dan kereta, Kementerian Perhubungana melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN)  Ditjen Bina Marga juga telah melaksanakan pembangunan Flyover Underpass penghubung Desa Mekarwangi Nusawang sepanjang 206 meter dengan lebar  4 meter. konstruksi flyover Underpass menggunakan teknologi corrugated mortar busa Pusjatan yang merupakan pengembangan teknologi timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang. Teknologi ini pernah digunakan sebelumnya oleh Kementerian perhubungan dalam membangun Flyover di Kota Bandung, Jawa barat. Ke dua desa Warga masyarakat Mekarwangi dan Desa Nusawangi sebagai penerima manfaat yang di wakili kedua kepala desa Mekarwangi Tatang  Rustandi ,dan kades Nusawangi Ading mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah terkait atas dibangunnya Flyover Underpass di wilayahnya pungkasnya.. (JOHAN ROHANI)*

Comment

News Feed