by

Pemerintah Desa Rajamaldala Kec.Rajapolah Wujudkan Pembangunan Draenase Jalan Lingkungan

Kab.Tasik LINTAS PENA

Pemerintah desa Rajamandala kecamatan Rajapolah wujudkan drainnase jalan lingkungan kp Tonjong dawajaya yakni Progres Capaian Peningkatan

 Wujudkan  Drainase jalan lingkungan kp tonjong dawajaya Desa Rajamandala

DalamTerwujudnya tatanan masyarakat yang hidup secara harmonis dalam lingkungan yang aman, tertib, sehat, selaras dan lestari dengan menjunjung nilai-nilai budaya lokal adalah cita-cita peradaban masyarakat perkotaan ke depannya. Pengembangan komunitas menuju tatanan masyarakat Madani merupakan upaya membantu penghuninya bertanggung jawab membangun hubungan-hubungan dengan komunitas yang lebih luas bahkan dengan lingkungan mereka secara harmonis,Ungkap kades Rajamandala Rajapolah Enjang Jalaludin SH kepada Lintas pena.

Dia pun menyampaikan bahwa Pengembangan komunitas diawali dengan memperkokoh perilaku masyarakat yang berbasis nilai-nilai universal (kebersamaan, kekeluargaan, kerelawanan, kejujuran, dan lain-lain) yang mendasari nilai-nilai kearifan lokal sebagai modal sosial yang memperkuat tatanan komunitas dengan saling mempererat sesama anggota masyarakat,katanya. sehingga terwujud budaya yang menjunjung etika, menghormati hukum dan peraturan, menghormati hak-hak warga lainnya, tertib, bersih, sehat dan mampu menciptakan pengaturan dan keamanan lingkungan serta pengaturan kebersihan dan kesehatan lingkungan,terangnya.

Penyusunan Rencana Tata Bangun Lingkungan (RTBL) di suatu kawasan merupakan salah satu usaha dalam mengantisipasi dan mengupayakan suatu kawasan menjadi suatu perangkat pedoman dan pengendalian pembangunan fisik yang akan menjadi alat untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada dalam kawasan tersebut.

Gayung bersambut. Dengan adanya bantuan dana Program bantuan provinsi jawa barat  keinginan masyarakat untuk dapat membangun  draenase jalan lingkungan kp Tontong dawajaya desa Rajamandala.

Di samping kebutuhan jalan lingkungan, masyarakat juga sangat memerlukan pembenahan drainase yang mampu mengalirkan air hujan dan limpahan dari tempat tinggi, yang lokasinya tepat di kp Tonjong  dawajaya Ini betul-betul penting, karena jika saluran drainase ini tidak cepat-cepat dibenahi dapat semakin merusak jalan aspal (jalur pintas dari kp tonjong dawajaya menuju ke jalan utama) yang saat ini ada. Jalur ini juga sangat dibutuhkan, karena selain sebagai penghubung juga sebagai sarana warga Desa Rajamandala mendistribusikan hasil buminya ke kota.

“Ayeuna mah jalan raoseun, teu barecek sareng pribados dina bade angkat icalan ka pasar jadi lancar, teu kahalangan ku becekna jalan,” (artinya: sekarang jalan sudah lebih enak, tidka lagi becek dan secara pribadi saya bisa berangkat berjualan ke pasar dengan lancar, tidak terhalang beceknya jalan) kata seorang warga yang dikenal sebagai penjual kangkung pada acara evaluasi kegiatan Pembanguna draenase jalan di kp tonjang dawajaya Desa Rajamandala yang dilaksanakan pembangunan  drainase jalan lingkungan bersama BKM PWD Desa Rajamandala dan Kepala Desa (Kades) Rajamandala Enjang jalaludin SH merupakan  penerima manfaat dari terlaksananya kegiatan Pembangunan draenase jalan linkungan di Desa Rajamandala Rajapolah

Desa Rajamandala memang telah melaksanakan kegiatan, pembuatan . Draenase Jalan ini dimanfaatkan oleh Warga masyarakat Desa Rajamandala dan sekitarnya.

Kedua, pembuatan drainase jalan lingkungan di kp Tonjng dawajaya, yang menyerap dana Bantuan provinsi sebesar Rp 69.300 000.- dengan Pelaksana kegiatan adalah  Drainase jalan linkungan ungkap Enjang Jalaludin SH terangnya. Volume terealisasi: panjang 253  meter, lebar 25 Cm dan tinggi 50 Cm. Drainase jalan lingkungan dengan sumber anggaran tersebut dari bantuan provinsi jawa barat (Banvrop) tahun 2021.

Enjang Jalaludin SH Kades Rajamandala mengaku sangat bangga atas terlaksananya kegiatan pembangunan Draenase di Desa Rajamandala Rajapolah. “Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena kami melihat dalam pelaksanaan kegiatan Pembangunan Draenase jalan lingkungan terlihat jelas, masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan, drainase jalan lingkungan ini, dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan, serta rasa tanggung jawab, bahu-membahu ikut menyukseskan pelaksanaan kegiatan pembangunan draenase jalan lingkungan tersebut,” tutur Enjang jalaludin SH kades, Rajamandala

Lebih lanjut ia berharap kegiatan pembangunan draenase jalan lingkungan ini dapat benar-benar memicu kebersamaan masyarakat dalam memaksimalkan pemberdayaan masyarakat di Desa Rajamandala. pungkasnya  (JOHAN ROHANI)*

Comment

News Feed