by

Penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di Perusahaan PT Rentang Buana Niaga Makmur

Kab..Tasik.-LINTAS PENA

PT Rentang Buana Niaga Makmur adalah Sebuah Perusahaan  yang beralamat dijalan Raya Ciawi Km 8 Kp Cidadap Desa Jatihurip Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya Ketika Lintaspena berkunjung ke Perusahaan PT Rentang Buana Niaga Makmur Kompirmasi mengenai kesehatan dan keselamatan kerja Karyawan dilingkungan Perusahaan tersebut, Dadan (Personalia PT.RBNM) mengatakan di perusahaan  sudah mengenal K3 dan menerapkannya dengan baik? K3 adalah dasar kerja yang harus di utamakan untuk pekerja sehingga mereka bisa meminimalkan adanya kecelakaan kerja yang mengakibatkan kerugian berupa luka maupun kematian. Kesehatan dan keselamatan karyawan sudah menjadi isu hangat dan harus diperhatikan oleh perusahaan. Oleh karena imbuh Dadan Personalia (PT RBNM) itu ilmu K3 harus diterapkan dengan baik. Apasih manfaat penerapan K3 dalam dunia kerja? Yuk kita bahas bersama tegasnya.

Memberikan Pengetahuan untuk Pekerja

Menerapkan K3 di tempat kerja merupakan sarana untuk membagikan ilmu kepada karyawan, beberapa orang akan lebih mudah memahami jika ilmu diterapkan langsung daripada menggunakan teori. Jadi dengan memulai K3 di tempat kerja bisa memberi pemahaman secara langsung kepada pekerja dan mereka bisa menyerap ilmu dengan baik pula,katanya.

Memberi Perlindungan Kepada Pekerja

Menerapkan K3 adalah bentuk memberikan bekal perlindungan dunia kerja, sehingga bisa meminimalkan kecelakaan di tempat kerja. Jika mereka sudah di bekali ilmu dengan baik maka mereka bisa mengetahui bagaimana caranya bersikap dan apa yang harus dilakukan atau dihindari saat bekerja untuk melindungi diri misalnya seperti penggunaan APD di tempat kerja seperti masker, jas, kacamata lab dan sarung tangan untuk yang bekerja dengan bahan kimia misalnya,maupun helm proyek dan sepatu boot untuk pekerja lapangan. Hal-hal sederhana adalah dasar untuk bekerja secara sehat dan aman sehingga bisa memberikan perlindungan kepada karyawan. Perlindungan ini menghindari dan meminimalkan akibat dari kecelakaan kerja,terangnya

Mengurangi Angka Kecelakaan Kerja.

Dari tahun ke tahun angka kecelakaan yang terjadi di lingkungan kerja terus naik, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran pekerja akan ilmu K3, dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja, bisa meminimalkan korban kecelakaan kerja karena sudah melakukan protokol kerja yang aman dan terlindungi. Penerapan K3 memberikan efek yang sangat besar untuk melindungi karyawan baik untuk keselamatan kerja saat ini maupun masa depan,terangnya.

Mengurangi Pengeluaran untuk Kompensasi Karyawan

Menerapkan K3 dalam dunia kerja juga mempengaruhi finansial perusahaan, jika pekerja perusahaan mengalami kecelakaan kerja dari luka sampai meninggal, perusahaan pastinya harus memberikan kompensasi untuk biaya penyembuhan korban. Semakin perusahaan melindungi pekerjanya maka kecelakaan kerja dapat di tekan, sehingga uang kompensasi pekerja pun bisa berkurang,ungkapnya.

Jadi penerapan K3 dalam dunia kerja sangat dibutuhkan untuk melindungi dan menekan angka kecelakaan bekerja sehingga lingkungan kerja lebih aman dan mendukung produktifitas pekerja. Penerapan K3 di dunia kerja bisa didahului dengan mengadakan pelatihan dan konseling K3 dengan para ahli sehingga penerapan dalam perusahaan bisa mengenai target dengan baik. Selanjutnya dalam penerapan kesehatan SMK3 juga didukung dengan program program yang merupakan bagian dari pemenuhan terhadap peraturan dan standar yang telah diterapkan yaitu sebagai berikut: Edukasi kesehatan Untuk mendukung kesehatan karyawan (PT.RBNM) setiap tiga bulan sekali diadakan edukasi berupa ceramah kesehatan yang bersumber dari beberapa Rumaksakit yang diwakili oleh para dokter.Selain Ceramah kesehatan perusahaan juga setiap tahun melaksanakan medical check-up untuk setiap karyawan. Pada awal tahun 2021ini ceramah kesehatan dilaksanakan lebih banyak seputar pencegahan Covid-19, adaptasi kebiasaan baru dan Vaksin. Selain itu metode yang dilakukan dalam ceramah kesehatan lebih banyak menggunakan media daring melalui aplikasi,dan untuk medical check-up lebih fokus pada pengujian indikasi Virus Covid-19 dikaryawan yaitu dengan metode Rapid Test, Anti Gen dan Swab Test,dan PCR. Vaksinasi tahap satu dan tahap dua pun telah dilaksanakan buat seluruh staf dan karyawan (PT.RBNM). Audit ISO Mutu K3 dan lingkungan untuk tetap menerapkan mutu keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan yang telah dibuktikan dalan sertifisasi ISO maka ditahun 2020 badan sertifisasi ISO mutu,K3 dan lingkungan telah melakukan surveillance,ditahun 2021 ini akan dilakukan surveillance kembali pada ahir tahun pungkasnya.( JOHAN ROHANI)*

Comment

News Feed