by

Bupati Tasikmalaya Hadiri Webinar Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Kolaboratif Dalam Mempercepat Penanganan Pandemi

Kab.Tasikmalaya – LINTAS PENA

Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto,S.IP didampingi Forkopimda menghadiri Webinar Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Kolaboratif Dalam Mempercepat Penanganan Pandemi, melalui video conference, dengan narasumber Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., MM bertempat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Senin (02/08/2021).

Dalam Webinar Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Kolaboratif dalam Mempercepat Penanganan Pandemi COVID-19 yang disiarkan kanal YouTube Pusdalops BNPB, Senin (2/8), Tito mengatakan dampak pandemi menyebabkan krisis multidimensi sehingga penanganannya memerlukan multidimensi. Penanganan tidak dapat dilaksanakan secara sektoral. “Perlu ada keserempakan kebijakan antara pusat dan daerah dalam satu strategi yang sama,” tegasnya.

Kolaborasi tak hanya antar pemerintah, tapi juga semua pihak. Sebab, menggerakan masyarakat, mendisiplinkan masyarakat, dan membuat agar masyarakat tidak saling tertular memerlukan pengendalian yang tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. “Kita perlu merangkul simpul-simpul yang berpengaruh dalam sistem sosial kita. Hanya dengan kebersamaan dan kolaborasi yang solid, maka kita bisa menghadapi pandemi ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BNPB, Letjen Ganip Warsito mengatakan, penanganan berbasis mikro merupakan penanganan yang ampuh dan khas dimiliki oleh Indonesia sebagai solusi penanganan pandemi. Strategi ini dapat dijalankan dengan efektif dengan melibatkan seluruh pihak, dari provinsi, kabupaten/kota, kelurahan, hingga ke RT/RW. “Oleh karena itu, pimpinan daerah memiliki peran sangat besar terhadap pengendalian kasus saat ini,” ungkap Ganip.

Hadir pada acara tersebut Sekda H. Mohamad Zen, Kepala DKPP dr. Heru Suharto, dan Kepala Satpol PP Iwan R.(ADE B ALIEF/KOMINFO)****

Comment

News Feed