by

Inilah Kunci Sukses Belajar Ilmu Hikmah

Oleh: Ustadz Agus Al Fatih (Ki Ageng Kumbang Sedayu) Guru Besar SPIH Benteng Nusantara Jolang Emas Palembang)

HIKMAH adalah pengetahuan tentang Alquran  dan Hadis dengan kebaikan yang melampaui batas syariat, hingga menembus titik hakikat dan makrifat. Dengan ilmu hikmah, seseorang akan menjadi pribadi yang cerdas dan arif.

Allah memberikan hikmah-Nya kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya. Hal ini tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 269.

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

Hendaknya setiap Muslim meperlajari ilmu hikmah. Sebab, banyak hal dalam hidup ini menjadi berantakan dan salah kaprah karena manusia kehilangan hikmah

Hanya ada satu cara untuk mempelajari ilmu hikmah, yaitu melalui transfer ilmu. Transfer ilmu yang dimaksud adalah mempelajari ilmu hikmah dari ahlinya dengan mengandalkan semua indera yang manusia punya.

Cara ini yang dilakukan para sahabat terhadap Rasulullah. Ketika Rasulullah SAW menyampaikan ilmu kepada para sahabat, beliau sampaikan melalui lisan, dalam bentuk sabda atau praktik yang bisa dilihat langsung oleh para sahabat.

Namun demikian, belajar ilmu hikmah itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena banyak di antara yang mendalami ilmu hikmah yang mengalami kegagalan. Kenapa demikian?

1. Yakin : Apabila anda yakin kepada ilmunya sebagai perantara dan yakin kepada Kuasa Allah, maka ilmu anda pasti ampuh dan terjadi yang namanya keajaiban. Sebaliknya apabila anda tidak yakin / skeptis, walapun ilmu tersebut ampuh, ilmu tersebut akan tawar / sirna dengan sendirinya.

2.Ikhlas Mengamalkan suatu ilmu harus dengan keikhlasan, tanpa rasa keterpaksaan. Mengamalkan ilmu dengan mencampurkan hawa nafsu ingin sakti untuk tujuan tidak baik / kesombongan / takabur tidak akan berhasil.

3.Sabar. Ketika ilmu yang anda amalkan belum masuk, anda harus sabar, terkadang khodam ilmu ingin menguji tingkat kesabaran anda, amalkan terus, pasti ilmu tersebut segera masuk dalam diri anda.

4.Istiqomah.Artinya tetap, apabila Anda biasa mengamalkan wirid sehabis sholat 5 waktu, maka langgengkanlah / lakukan terus hal tersebut. Ada pepatah berbunyi “Al Istiqomah Khoirum min alfi Karomah : Istiqomah lebih baik daripada 1000 kemuliaan” 1 ilmu yang anda istiqomahkan lebih baik nilainya daripada puluhan ilmu yang tidak istiqomah. Istiqomah memang sangat berat. Yang mudah adalah istirahat saja

5.Takwa. artinya mentaati segala perintahNYA dan menjauhi segala laranganNYA, Seandainya anda mengamalkan suatu ilmu tetapi sholat 5 waktu anda tinggalkan itu sama saja bohong.

6. Tawakal adalah memasrahkan apa yang kita lakukan sepenuhnya kepada Allah dan menyadari Allah sebagai sumber semua kekuatan.

Yang menyebabkan seorang pelaku tirakat mengalami kegagalan

TIRAKATNYA PAMRIH BUKAN KARENA ALLAH

Tanda tirakat tidak ikhlas :

1. Ngarepin khodam

2. Sibuk minta discan/diterawang

3. Mikirin apakah ilmunya sudah masuk atau belum

4. Mikirin dan nungguin kapan bisa merasakan reaksinya

5. Mikirin dan nungguin kapan bisa merasakan sensasinya (hawa panas, dingin, hangat)

Kunci sukses tirakat itu fokus saja zikir mendekatkan diri pada Allah saja. Tidak  usah banyak mikir. Loss gak rewel

PENYEBAB ILMU GOIB TDK MANJUR DALAM DIRINYA :

1.  Kurang yakin. Selalu ragu.atau mencari pengakuan orang atau testimoni orang dulu untuk membentuk keyakinan

2. Sering bingung.karena takut salah .bahkan ejaan bacaan kata aja kita teliti nahwu sorofnya .

3. Selalu mencari sanad ilmu dulu atau mencari data2 silsila yg memberi ilmu/ berburuk sangka kepada pengijazah 

4. setiap ritual selalu malas, ngantuk, takut. Ketakutan tanpa sebab. Dan selalu takut pada yang tidak jelas

5 tidak percaya diri, selalu mengatahkan dirinya apa aku bisa?. Aku kayaknya gak bisa. Atau dengan kata kata semoga aku bisa. Kenapa aq kok belum bisa dll. Semua kata kata seperti di atas adalah kata yang menghijab diri/ menutup aura. Juga kata yang akan menutup aliran energi/ cakra goib. Karena program alam bawah sadarnya.

6. Selalu menawar ilmu. Atau sering tawar menawar tentang mahar ilmu. Tentang tata cara ilmu…..emangnya beli sayur di tawar……hehehe…

7. Tidak Istiqomah/ ajeg. Istiqomah lebih utama dari 1000 karomah. Sekarang wirid besok gak.

Sebenarnya masih banyak lagi.tapi 7 ini yang paling penting dalam diri kita. .. BARAKALLAH

Suatu pemahaman yang banyak keliru, Apakah ilmu hikmah itu harus bersanad…???

Pahami lagi amalan yang mana yang harus bersanad.

Menurut ulama yang harus bersanad itu amalan thoriqoh bukan amalan hikmah, inilah tafsiran qoul imam ghozali siapa yang tidak punya guru ,maka gurunya syaithan. Tidak semua amalan harus bersanad apalagi harus sampai kepada Rosulullah SAW

Contoh:

Sunan Kalijaga terkenal menciptakan berbagai Ajian Jawa Arab, Jawa saja, tidak butuh sanad yang menyambung kepada Rasulullah karena Rasulullah  tidak pernah mengajarkan ajian bahasa Jawa/ Sunda/Daerah.Amalan yang didapat dari ilham mimpi, maka tidak butuh sanad.

Amalan bahasa daerah tidak butuh sanad yang menyambung kepada Rosulullah,  karena Rosulullah tidak pernah mengajarkan amalan bahasa daerah nusantara

Amalan dari hati suara tanpa wujud juga tidak butuh sanad.

Sanad itu sangat penting bila berhubungan dengan amalan tarekat, hubungan , ruhaniyah, dan terutama dalam ilmu hadist, fikih.

Jika hal itu berhubungan dengan ilmu hikmah, para ulama beda pendapat.

Syaikh Athiyyah Abdul Hamid, justru menyuruh meminta izin apabila yang diamalkan itu harus melalui riyadoh khalwat.

Jika hanya sebuah bacaan ataupun amalan dari fadilah-fadilah suatu doa ataupun ayat ayat maka tidak dianggap perlu.

Semoga bermanfaat

KONSULTASI SPIRITUAL & SUPRANATURAL

Perguruan Seni Pernafasan dan Ilmu Hikmah (SPIH)  “BENTENG NUSANTARA JOLANG EMAS” GRAHA AL QURAN JOLANG EMAS

Jl. Cipta Marga No.53 RT.53/03, ( Seberang Massjid Jami’ Abi Hasan Palembang)

Kel. Bukit Sangkal,Kec. Kalidoni Palembang – Sumatera Selatan Telp/WA: +62 813-6880-0114  *(REDI MULYADI)***

Comment

News Feed