by

NASEHAT TENTANG ILMU

Oleh: Ir H.Deden Hidayat

Sahabat Nabi , Abu Darda’ Rodhiyalloohu ‘Anhu Berkata :

“Kamu Tidak Akan Menjadi Seorang Ulama’ Hingga Kamu Menjadi Seorang Penuntut Ilmu ( Lebih Dahulu ), Dan Dengan Ilmu Pun Kamu Tidak Akan Menjadi Seorang Ulama’ Hingga Kamu Mengamalkan nya”.

“Ilmu Adalah Pohon, Sedangkan Amal Adalah Buah. Seseorang Tidak Bisa Di Sebut Sebagai Ahli Ilmu Sampai Ia Mengamalkan Ilmu nya”.

“Jangan Ragu Untuk Beramal Meski Ilmu Yang Kau Miliki Baru Sedikit, Dan Jangan Ragu Untuk Belajar Meski Amal Yang Kamu Miliki Baru Sedikit.

Tapi, Kumpulkan Lah Kedua-kedua nya Meski Hanya Dapat Sedikit-Sedikit Dari Kedua nya”.

“Tidak Ada Sesuatu Yang Paling Memprihatinkan Melainkan Seorang Ahli Ilmu Yang Di Tinggalkan Manusia Karena Keburukan Akhlaq nya Dan Seorang Yang Bodoh Yang Di Ikuti Manusia Karena Banyak Ibadah nya”.

“PARA AHLI HIKMAH MENGATAKAN : “Ilmu Adalah Pelayan Amal, Sedangkan Amal Adalah Tujuan Akhir Dari Ilmu”.

“Andai Bukan Karena Amal, Maka Takkan Dicari Ilmu, Dan Andai Bukan Karena Ilmu Takkan Di Minta Amal.

Dan Sungguh Bagiku Meninggalkan Suatu Amal Kebaikan Karena Tidak Tahu Lebih Aku Sukai Dari Pada Meninggalkan nya Karena Malas Melakukan nya”.

“Harta Takkan Bermanfa’at Tanpa Di Belanja Kan. Demikian Pula Ilmu Takkan Bermanfa’at Tanpa Di Amalkan Dan Diperhatikan Tuntutan nya”.

“Hendak nya Setiap Orang Memperhatikan Diri nya Sendiri Dan Memanfa’atkan Waktu Sebaik Mungkin, Karena Hidup Ini Sebentar, Kematian Sangat Dekat, Jalan Sangat Mengerikan, Tipuan Di Sana-Sini, Bahaya Malang Melintang, Malaikat Maut Selalu Mengintai, Allah SWT Selalu Mengawasi, Kepada-Nya Tempat Kembali”.

“Barang Siapa Beramal Baik Sekecil Apapun Dia Akan Melihat nya, Barang Siapa Beramal Buruk Sekecil Apapun Dia Akan Melihat nya Pula”.

RASULULLAH SAW BERSABDA : “Pada Hari Kiamat, Setiap Orang Takkan Di Biarkan Berlalu Selangkah Pun Sampai Di Tanya Tentang 4 Perkara :

1.  Tentang Umur nya.

Bagaimana Ia Menghabiskan nya..?.

2. Tentang Ilmu nya.

Apa Yang Sudah Di Amalkan..?

3. Tentang Harta nya.

Dari Mana Mendapatkan nya Dan Ke Mana di Belanja Kan nya..?

4. Dan Tentang Jasadnya.

Untuk Apa Di Gunakan…?”.( H.R. Turmudzi )

IMAM SYAFI’I BERKATA :

“Aku Mencintai Orang-Orang Sholeh Meskipun Aku Bukan Termasuk Di Antara Mereka.

Semoga Bersama Mereka Aku Bisa Mendapatkan Syafa’atnya Kelak.

Aku Membenci Para Pelaku Maksiat, Meskipun Aku Tak Berbeda Dengan Mereka.

Aku Membenci Orang Yang Membuang-buang Usia nya Dalam Kesia-siaan, Walau Pun Aku Sendiri Adalah Orang Yang Banyak Menyia-nyiakan Usia”.

“ILMU TANPA AKAL IBARAT SEPERTI MEMILIKI SEPATU TANPA KAKI. DAN AKAL TANPA ILMU IBARAT SEPERTI MEMILIKI KAKI TANPA SEPATU.”

Comment

News Feed