by

SIFAT SIFAT MALAIKAT

Oleh: Ir.H.Deden Hidayat

Sifat-sifat malaikat yang diyakini oleh umat Islam adalah sebagai berikut:

Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.

“Mereka (malaikat) selalu bertasbih (beribadah kepada Allah) pada waktu malam dan siang hari tiada henti-hentinya.” (QS. Al-Anbiya’ 21:20).

Tidak memiliki sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.

Selalu takut dan taat kepada Allah.”Mereka (malaikat) takut kepada Tuhan mereka yang diatas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)”. (QS.An-Nahl:50).

Tidak pernah bermaksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkanNya.“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS.At-Tahrim 66:6).

Mempunyai sifat malu.Nabi Muhammad bersabda: “Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang laki-laki yang malaikat pun malu terhadapnya”. (HR. Muslim.)

Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.Nabi Muhammad bersabda “Barang siapa makan bawang putih, bawang merah, dan bawang bakung janganlah mendekati masjid kami, karena malaikat merasa sakit (terganggu) dengan hal-hal yang membuat manusia pun merasa sakit”. (HR. Muslim).

Tidak makan dan minum.“Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata, “Silakan Anda makan.” (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata, “Janganlah kamu takut.” Dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishak).”(QS.Adz-Dzariyat 27-28).

Mampu mengubah wujudnya.”…Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al-Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur, Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.”(QS. Maryam 16-17).

Memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya.“Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun.” (QS. Al-Ma’arij : 4).

Petunjuk dalam ayat tersebut sangat jelas bahwa perbandingan kecepatan terbang malaikat adalah dalam sehari kadarnya 50.000 tahun. Berdasarkan metode penghitungan yang dilakukan DR. Mansour Hassab El Naby seperti dalam tulisannya bahwa untuk satu hari yang berkadar 1.000 tahun sama dengan kecepatan cahaya (299.792,4989 km/detik). Berdasar rumus-rumus dan cara yang sama untuk perbandingan sehari sama dengan 50.000 tahun dapat diperoleh hasil perhitungan sama dengan 50 kali kecepatan cahaya (14.989.624,9442 km/detik).

(Kesimpulannya adalah berdasarkan informasi dari Al Qur’an dapat dihitung kecepatan terbang malaikat dan Jibril yaitu 50 kali kecepatan cahaya).      

Mari bangun sholat tahajud dan berdoa Semoga semua yg di group ini selamat dunia akhirat nya, sucses dunia akhirat nya dan di mudahkan rezeki nya.aamiin 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Comment

News Feed