by

Hj. Rinarni M. Adil Jabat Ketua Dekranasda Kep. Meranti Masa Bakti 2021-2026

Meranti,LINTAS PENA

Hj. Rinarni M. Adil resmi menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kep. Meranti Masa Bakti 2021-2026, hal itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Ketua Dekranasda Provinsi Riau yang disampaikan dalam acara Pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau Masa Bakti 2021-2026 yang digelar secara Teleconfernce, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Senin (30/8/2021).

Turut hadir dalam acara pelantikan itu, Bupati Kep. Meranti H. Muhamamd Adil SH, Wakil Bupati AKBP. (Purn) H. Asmar, Ny. Ismiatun Asmar SE, Sekretaris Daerah Dr. H. Kamsol, serta Kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab. Meranti.

Pelantikan Hj. Rinarni M. Adil, sebagai Ketua Dekranasda Kepulauan Meranti langsung dilakukan oleh Ketua Dekrenasda Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar yang ditandai dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh Pembina Dekranasda Kep. Meranti H.M Adil.

Dalam pengarahanya selaku Pembina Dekranasda Kep. Meranti H.M Adil, meminta kepada ketua dan pengurus Dekranasda Kepulauan Meranti untuk bergerak cepat untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Salah satunya memanfaatkan semua potensi Meranti yang ada di Desa dengan memberdayakan anak-anak Meranti untuk mengangkat ekonomi masyarakat.

Adapun potens Meranti yang layak untuk dikembangkan adalah Rotan, Kopi, serta Aneka olahan Kue berbahan dasar Sagu.

Hal itu sejalan dengan program strategis Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar, yang akan mencetak 9500 usahawan baru di Meranti.

“Ayo Dekranasda cari potensi Desa sebanyak banyaknya yang terpenting bagaimana anak-anak Meranti bisa bekerja, nantinya kita butuh pembuat kue semprong 600 orang, begitu juga kue bangkit, dan olahan Sagu lainnya,” jelas Bupati.

Dan menurutnya ini juga dapat menjadi solusi bagi honorer Meranti khususnya tamat SMA yang kemungkinan akan dirumahkan sebagai peluang usaha yang cukup potensial. Hasil produksi UMKM ini bukan saja dapat dipasarkan didalam daerah tapi juga dapat dipasarkan secara global dengan memanfaatkan teknologi IT yang berkembang pesat saat ini.

“Tujuannya agar nantinya anak-anak Meranti menjadi generasi yang tangguh, bersemangat dan profesional yang mampu memanfaatkan semua potensi yang ada didaerah untuk mengangkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Adil.

Dan untuk mewujudkan hal itu Legislator DPRD Riau 2 Periode itu juga meminta kepada OPD terkait untuk ikut mengambil peran dalam membina para pelaku UMKM sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Jadi untuk membina para pelaku usaha ini tidak hanya dibebankan kepada Disperindag saja tapi diharapkan semua OPD dapat mengambil peran sesuai dengan bidangnya sehingga apa yang diprogramkan dapat berjalan lebih masif dan sukses,” ujar Bupati Adil.(PONIATUN/ Prokopim Meranti).

Comment

News Feed