by

Anton Charliyan: “Waspadai Aksi Kejahatan Lempar Telur Bagi Pengemudi Mobil di Malam Hari”

Kota Tasikmalaya, LINTAS PENA

Perampokan terhadap pengendara mobil terutama di malam hari, mengingatkan kita dengan berbagai modus kejahatan di jalan, misalnya saja modus lempar telur. Karena beragam modus memang yang dilakukan perampok terhadap pengendara mobil. Mulai dari ranjau paku, pura-pura tertabrak ataupun berlagak menolong.Namun kini ada modus baru yang dilakukan para penjahat itu. Modus barunya adalah merampok di jalan dengan memanfaatkan telur.
            “Modus baru perampokan terhadap pengendara mobil dengan menggunakan telur ini sudah mulai marak. Jika anda mengemudi dimalam hari dan tiba-tiba,kaca mobil depan dilempar dengan TELUR….!!!”JANGAN operasikan wipper/semprotkan air/cairan apapun…!!!” Pengendara mobil terutama pada malam hari, Anda harus waspada bila mengalami hal ini,”ungkap Irjen Pol (Purn) Dr.H.Anton Charliyan,MPKN mantan Kapolda Jawa Barat ini kepada LINTAS PENA di rumah kediamannya di Kawasan Jln.Simpang Lima Kota Tasikmalaya.

Lantas, bagaimana modusnya?

Anton Charliyan menjelaskan, bahwa perampok akan melempar telur ke kaca depan mobil calon korban. Karena terkena lemparan telur dipastikan pengendara akan memperlambat laju mobil dan mengaktifkan wiper atau penyeka hujan di kaca mobil.” Telur yang terlempar jika dicampur dengan air akan berubah putih seperti susu dan  akan

menghalangi penglihatan Anda sampai dengan 92.5% ! | Sehingga anda terpaksa berhenti di

pinggir jalan dan risikonya sudah dipastikan akan jadi korban perampokan !!! Ini modus terbaru yang digunakan oleh perampok dijalan pada waktu malam hari.”tuturnya.

Telur ini bukan sembarang telur, menurut Abah Anton panggilan akrab Anton dan   apabila tercampur dengan cairan atau air akan berubah seperti air susu yang kental. “Harapan perampok…!!! Disaat telur dilemparkan, otomatis pengendara akan mengoperasikan wipper dan menyemprotkan air ke kaca depan mobil, Telur kemudian dengan cepat menutupi hampir seluruh bagian kaca depan akibat sapuan wiper.Upaya menyalakan wiper ini agar kaca mobil bersih dari pecahan telur. Namun inilah yang salah, yang terjadi justru pecahan telur itu akan lengket merata dan lebih luas. Akibatnya pandangan pengendara akan terhalangi.”kata mantan Kadiv Humas Polri ini.
            Saat inilah pengendara terpaksa berhenti dan berusaha membersihkannya. Bahkan tanpa sadar, banyak pengemudi yang turun dari mobil untuk melihat apa yang terjadi.Kesempatan inilah yang digunakan perampok untuk merampas dan mengancam nyawa sopir dan penumpangnya.” “Saat itulah pelaku beraksi dan menodongkan senjata tajam ke pengemudi dan melancarkan aksinya untuk merampok. Pada kesempatan itu, pelaku perampokan yang sudah mengintai, akan menyergap anda ketika sibuk membersihkan kaca mobil. Karenanya saya menghimbau agar para pengemudi mobil harus waspada saat mengalami kejadian ini,”paparnya

Lalu bagaimana cara menghadapi dan mengatasinya?  Anton Charliyan yang dikenal sebagai tokoh masyarakat Jawa Barat dan pecinta seni budaya ini memberikan tips bila  modus pelemparan telur ini terjadi pada anda,maka tindakan yang anda harus lakukan antara

lain :

1.) Bila kendaraan sedang melaju kencang perlu kiranya mengurangi kecepatan ,namun kendaraan tetap berjalan ( jangan terlalu pelan apalagi berhenti ).

2.)  Jangan menghidupkan atau mengaktifkan wipper agar pecahan telur tidak merata, usahakan tetap dapat melihat kedepan dengan memanfaatkan celah-celah pecahan telur yang menempel di kaca depan.

3.) Menghentikan kendaraan untuk membersihkan kotoran/pecahan telur hanya bila sudah menemukan tempat yang diyakini cukup aman, yaitu daerah yang cukup ramai atau di dekat kantor polisi.

“Marilah kita menjadi pribadi yang peduli kepada sesama, tolong sebarkan…!!! Agar saudara saudara kita yang biasa mengemudi mobil di malam hari lebih berhati-hati dan selamat dari kejahatan  !!! Semoga bermanfaat,”pungkas Anton Charliyan. (REDI MULYADI)***

Comment

News Feed