by

Takdir

Oleh: Gus Fath,.GMH,.CH,.CH.t.,NL.p,.(CI)  

TAKDIR merupakan ketentuan suatu peristiwa yang terjadi karena pilihan makhluk itu sendiri, yang akan dipertanyakan dan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah di Mahsyar kelak.

Umat Islam memahami takdir sebagai bagian dari tanda kekuasaan Tuhan yang harus diimani sebagaimana dikenal dalam Rukun Iman. Penjelasan tentang takdir hanya dapat dipelajari dari informasi Tuhan, yaitu informasi Allah melalui Al Quran dan Al Hadits. Secara keilmuan umat Islam dengan sederhana telah mengartikan takdir sebagai segala sesuatu yang sudah terjadi.

Takdir adalah keputusan dan ketentuan Allah, takdir dibagi dua yakni takdir mubran dan takdir muallaq. Takdir mubran sifatnya mutlak keputusan Allah tidak bisa dirubah (seperti ketetapan waktu kematian, waktu jodoh dan waktu rezeki). Kapan kita mati ? Kapan kita dapat jodoh ? Dan kapan rezeki kita datang ? Itu adalah takdir mubran mutlak keputusan Allah, hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Sedangkan takdir muallaq yaitu takdir yang bisa kita ikhtiarkan atau syareatkan atau kita usahakan dengan ikhtiar atau syareat doa atau jimat, seperti rajah hizib wafaq yang berisikan ayat-ayat suci seperti jimat tolak bala’, jimat keselamatan, jimat kerejekian, pengisian badan dan lain-lain.

Sehingga bala’ atau marabahaya atau masalah kehidupan yang tadinya Allah akan turunkan seperti ukuran “BATU” yang besar, Akan tetapi Insya Allah batu yang tadinya besar akan menimpa kita maka akan hancur berkeping-keping seperti pasir berserakan, Nah… itulah hakikat dari do’a, hizib, rajah atau jimat dalam hal takdir bersifat muallaq.

Takdir Mu’allaq bisa diubah dengan ikhtiar manusia seperti dengan berdoa.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman :“Tidak ada sesuatu yang dapat menolak Qadla kecuali doa” (HR. at-Tirmidzi).

Menurut pandangan ulama batin, apa-apa yang terkandung dalam rajah atau hizib atau jimat pada hakikatnya adalah “doa” dan wasilah atau Ikhtiar atau syareat dalam merubah takdir manusia yang sifatnya muallaq tadi.

(Gus fath,.GMH,.CH,.CH.t.,NL.p,.(CI)  adalah Guru Besar Padepokan Kirawa. Bimbingan via WhatsApp 0857-1490-6129)

Comment

News Feed