by

Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Ciamis Ajak Santri Siaga Jiwa Raga

Ciamis, LINTAS PENA.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memimpin langsung upacara peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan di halaman pendopo Bupati. Jum’at, 22/10/21. Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah, Unsur Forkopimda, Kepala Kementrian Agama, para Pimpinan Organisasi Keagamaan Ciamis serta tamu undangan lainnya.

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Ciamis juga dilaksanakan secara virtual dan ditayangkan secara langsung dalam kanal YouTube Diskominfo Ciamis. Bertindak sebagai sebagai Komandan Upacara yaitu Bayu Wiyarta Yasin Santri Ponpes Darrusalam, pembaca Naskah Ikrar Santri oleh Yulida Khusni Ramdani dari Ponpes Miftahul Ulum Bangunsirna dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 atas nama Ginalia Mukri Dinara dari Ponpes Arrisalah.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa Raga”. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya selaku inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air.

“Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada aqidah, nilai dan ajaran Islam Rahmatan lil ‘alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia, ” ucapnya. “Sedangkan Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia,” imbuhnya.

Menurut beliau, siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga Tazkiyatun Nafs yaitu mensucikan jiwa. Selanjutnya, Bupati mengatakan tema santri siaga jiwa raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini.

“Insya Allah santri menjadi garda terdepan ikut memerangi covid 19 dan menjadi contoh di dalam kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan Insya Allah kontribusi santri bagi bangsa ini makin hari makin besar,” tuturnya. Selain itu, beliau menuturkan Hari Santri Nasional menjadi momen pengingat sekaligus refleksi terkait kontribusi santri bagi kemerdekaan Indonesia. “Kontribusi ini terbukti dalam perjalanan sejarah kita, di mana para santri hadir dalam setiap tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa dan santri menjadi komponen penting salah satu pilar ketika Indonesia meraih kemerdekaan,” terang Bupati.

Terakhir, di moment Hari Santri Nasional, ini Bupati Ciamis mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mendoakan para pahlawan baik dari kalangan ulama, Kiyai, santri yang telah Syahid di medan perang demi kemerdekaan kemaslahatan bangsa dan agama. “Selamat Hari Santri Tahun 2021 Santri Siaga Jiwa Raga, semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan meridhoi langkah kita semua, ” Pungkasnya. Di akhir acara Bupati Ciamis juga menyerahkan bantuan alat-alat kebersihan dari PT. Unilever Indonesia dengan total penerima sebanyak 250 pesantren yang secara simbolis di berikan kepada 5 orang dari perwakilan. (SUNAR/Diskominfo Ciamis)

Comment

News Feed