by

Wabup Ciamis Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pesantren Murottalul Qur’an Al Mubarok Sukamantri

Ciamis, – LINTAS PENA

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra meletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Murottalul Qur’an Al Mubarrok bertempat di Dusun Nusasirem Desa Cibeurem Sukamantri, Senin (25/10/2021).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Sukamantri beserta unsur Muspika, kepala UPTD, Kepala KUA, Ketua MUI Kecamatan, Kepala Desa Cibeureum, tokoh masyarakat dan tokoh ulama.

Dalam sambutannya Wabup Ciamis mengatakan pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia dan sudah berdiri sebelum kemerdekaan. “Pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia, bahkan sebelum kemerdekaan pun sudah berdiri, banyak sumbangsih yang diberikan pesantren pada bangsa ini,” ucap Wabup.

Diterangkan Wabup, Ciamis saat ini memiliki lebih dari 500 pesantren, dengan kultur pesantren yang sudah menjadi hal biasa di Ciamis. “Kultur pesantren sudah menjadi hal yang biasa, mudah-mudahan dengan banyaknya pesantren tersebut dapat berbanding lurus dengan peningkatan SDM, ” jelasnya.

“SDM yang betul-betul unggul, berwawasan dan berakhlakul karimah,” Tambahnya.

Menurutnya, terdapat satu sisi pergeseran nilai di pondok pesantren saat ini dibandingkan dengan pondok pesantren jaman dahulu. “Saya berharap pesantren tidak hanya bergerak di bidang pendidikan dan dakwah saja, tetapi harus juga berperan di bidang lainya seperti sosial, budaya, ekonomi bahkan politik, ” Terangnya.

“Mudah-mudahan kedepan cita-cita Bupati dan saya dapat terwujud, yakni santri tidak hanya jadi mubaligh tapi jadi polisi, tentara, dokter dan profesi yang lainya, ” Jelasnya menambahkan.

Terakhir Wabup mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Yayasan atas  pembangunan pondok pesantren Murottalul Qur’an Almubarok Sukamantri. “Kita sama-sama do’akan agar senantiasa duberikan kelancaran sehingga apapun yang diniatkan dapat terlaksana dengan baik, ” Pungkasnya.(SUNAR/DISKOMINFO)***

Comment

News Feed