by

9 Ekor Domba di Panjalu Ciamis Dimangsa Macan Kumbang

Ciamis, LINTAS PENA. Sebanyak 9 ekor ternak domba milik warga Dusun Nanggela Desa Sandingtaman Kec. Panjalu – Kabupaten Ciamis Jawa Barat dimangsa macan kumbang, sehingga cukup meresahkan warga terutama pemilik hewan ternak. Macan tersebut mulai turun dari pegunungan dan masuk ke wilayah permukiman warga diperkirakan pada malam hari, yang sampai saat ini warga mengaku resah dengan berkeliarannya binatang buas tersebut.

Kepala Dusun Nanggela Tatang Saprudin membenarkan adanya 9 Ekor ternak domba yang dimangsa binatang buas macan kumbang. Peristiwa tersebut terjadi kurang lebih dua bulan sampai Kamis malam 11/11 2021 mencapai 9 ekor ternak milik warga, kata Saprudin kepada Lintas Pena.

Dengan adanya kejadian tersebut, Kadus Nanggela Tatang Saprudin melaporkan langsung ke Pemerintah Desa Sandingtaman dan langsung melaporkan ke BKSDA Kabupaten Ciamis. Meski para peternak tidak meminta kerugian, namun para peternak yang berada di Dusun Nanggela meminta agar BKSDA Kabupaten Ciamis bisa menangkap binatang buas untuk dilepas kehabitatnya.

Warga juga meminta solusi keamanan dari BKSDA seperti apa.  Salah seorang warga Udin mengatakan turunnya macan kumbang kepermukinan penduduk, lantaran habitatnya terganggu .lanjunya, menggatisipasi agar binatang buas tidak turun gunung dan betah dihabitatnya maka harus dihindari perburuan liar. Juga harus ada pagar pengaman dengan kawat berduri disetiap kandang yang rawan terancam binatang buas, katanya.( HENDAYA, LP).

Comment

News Feed