by

Bupati Kuningan Resmikan Katarak Center

Kuningan,- LINTAS PENA. Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menghadiri Bakti Sosial Khitanan Massal dan Peresmian Katarak Center di Kuningan Eye Center (KEC), Jl. Jend. Sudirman, Kamis (25/11/2021) pagi. Kegiatan Khitanan Massal tersebut di gelar atas kerjasama antara Dinas Kesehatan Kuningan dan BSMI Kab.Kuningan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke -57 Tahun.Kedatangan Bupati yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kuningan Hj. Susi Lusiyanti, MM beserta rombongan, disambut langsung jajaran direksi dan para dokter serta pegawai setempat.

Menurut laporan Panitia, peserta yang mengikuti Khitanan Massal tersebut sebanyak 40 Orang dan sekaligus peresmian Katarak Center. 

Direktur Utama dr. Achmad Budi Utomo, SpM, sekaligus pemilik Kuningan Eye Center, dalam ucapan selamat datangnya mengatakan, khusus untuk katarak center ini kita memiliki tim yang sudah bergerak selama setahun terakhir untuk penjaringan warga Kuningan yang memiliki Katarak di Mata,  kita sudah melakukan screening ke desa-desa di Kab.Kuningan dan jumlah pasien yang sudah di operasi katarak dalam setahun terakhir sebanyak 4050 orang.

Harapannya dengan adanya katarak center ini dapat mengedukasi masyarakat tentang Mata Katarak dan membantu warga yang kurang mampu, dimana warga yang tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti JKN KIS dll akan kami bantu fasilistasi di Katarak Center ini.Selain itu, sambungnya, sebagai bentuk sinergitas dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas katarak.

Masih kata dr. Achmad, bagi masyarakat yang terdaftar dalam kepesertaan BPJS kesehatan, bisa melakukan operasi katarak kapan saja tanpa dipungut biaya, tanpa harus menunggu program bakti sosial yang dilakukan pihaknya.

Sementara, Bupati Kuningan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Kuningan Eye Center atas prakarsanya menggelar pelaksanaan bakti sosial tersebut. Menurutnya, pelaksanaan Baksos itu, merupakan bentuk kepedulian dari pihak KEC kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Katarak adalah penyebab utama kebutaan di Indonesia. Untuk itu, saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada dr. Achmad beserta jajaran dengan diresmikan nya Katarak Center Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, sekaligus adanya turut serta pihak swasta membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ucap Acep.

Selanjutnya Bupati berharap, kegiatan Baksos yang dilaksanakan KEC dapat diikuti oleh pihak lainnya, karena menurutnya, pemerintah tidak dapat secara paripurna mengatasi berbagai persoalan yang ada, sehingga perlu dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak. “Semoga bakti sosial yang dilaksanakan Kuningan Eye Center dan dengan diresmikannya Katarak Center ini bisa membantu masyarakat Kuningan dan ini adalah Sebagai salah satu bentuk sinergitas antara pihak swasta dan pemerintah,” imbuhnya. (ADING MULYADI/ Diskominfo)

Comment

News Feed