oleh

Pemerintah Pusat Apresiasi Kinerja Pemerintah Kabupaten OKI Kendalikan Inflasi

OKI Sumsel, LINTAS PENA—Pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir  dalam upaya pengendalian inflasi.

.           “Tingkat inflasi nasional pada bulan September 2024 yang tetap rendah dan stabil merupakan andil pemerintah daerah dan elemen terkait dalam pengendaliannya” ujar Sekretaris Itjen Kemendagri, Ahmad Husin Tambunan, S. STP, M. Si pada evaluasi triwulan III, Pj Bupati OKI, Asmar Wijaya di Inspektorat Kemendagri, Jakarta,Rabu (16/10).

Tambunan menjelaskan Realisasi inflasi nasional pada bulan September 2024 terkendali di level sebesar 1,84 persen (yoy), atau lebih rendah dibandingkan Agustus 2024 sebesar 2,12 persen (yoy), dan masih masuk dalam rentang target 2,5% plus minus 1%.

Tingkat inflasi yang diklaim terendah selama 20 tahun terakhir itu menurut dia juga di dorong oleh angka inflasi Kabupaten OKI sebesar 1,72 persen di bawah inflasi nasional.

“Oleh karenanya pemerintah memberikan apresiasi karena inflasi bisa ditekan di bawah 3 persen bahkan menyentuh 1,84 persen berkat dukungan pemeirintah daerah,” ujarnya.

Meski demikian Sesjen Itjen Kemendagri tetap meminta daerah menjaga daya beli masyarakat.”Kalau terjadi deflasi terlalu dalam yang senang konsumen, namun produsen atau petani mereka bisa rugi. Kenapa bisa murah karena suplai banyak. Konsumen senang namun petani menjerit. Jangan sampai turun drastis turunnya pelan,” tambahnya.

Sementara Pj. Bupati OKI, Asmar Wijaya dalam paparannya menjelaskan berbagai upaya pengendalian inflasi di Kabupaten OKI. Terkendalinya inflasi di OKI terang dia salahsatunya di dorong oleh Penurunan harga sejumlah komoditas pangan, seperti cabai merah, cabai rawit, yang memasuki  musim panen di sejumlah wilayah.”Gerakan tanam cabai serentak yang dilakukan di desa-desa telah memasuki musim panen sehingga mendorong ketersedian stok ditingkat masyarakat,” Ujar Asmar.

Selain itu upaya lain yang dilakukan Pemkab OKI dalam pengendalian inflasi diantarantaranya terus melakukan pemantauan harga, gelar operasi pasar, menjaga pasokan barang serta kerjasama daerah penghasil surplus komoditi penyebab inflasi seperti bawang merah.

Selain inflasi, Inspektur I Itjen Kemendagri Brigjen Pol Rustam Mansur juga mengingatkan upaya Pemda untuk menjaga kondusivitas wilayah terutama dimomentum Pilkada serentak.

“Agar cepat dideteksi potensi kerawanan di daerah disaat Pilkada seperti berita Hoax. Koordinasikan dengan Forkopimda lakukan upaya-upaya early warning system,” terangnya.(MUHTAR.K.A)

Komentar