oleh

Sambang Kamtibmas Bhabinkamtibmas ke Siskamling

Jakarta, – Dalam hubungan dengan masyarakat, pengawasannya, dan memberikan perlindungan untuk mencegah tawuran dan mewujudkan Pilkada aman dan damai menjadi prioritas yang dilakukan kepolisian, seperti halnya yang dilakukan personil Polsek Kawasan Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Aiptu Sutiyono sebagai Bhabinkamtibmas Muara Angke Polsek Kawasan Sunda pada Rabu (16/10/2024) malam dengan kegiatan kunjungan/sambang sekaligus giat Siskamling bersama warga masyarakat di RT 09 RW 22 Muara Angke.

Dalam rangka menjaga Harkamtibmas di wilayah Muara Angke, Aiptu Sutiyono berpesan untuk bersama menjaga anak-anak agar tidak terlibat dan ikut serta dalam tawuran, dan memastikannya untuk jam 22.00 WIB sudah pulang ke rumah. Aiptu Sutiyono juga mengimbau kepada petugas Siskamling dan mengingatkan agar alat-alat listrik dimatikan, kompor gas dilepas dari tabungnya mencegah bahaya kebakaran.

Menjelang pelantikan Presiden pada bulan Oktober 2024 dan Pilkada DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024, Aiptu Sutiyono juga mengajak untuk tetap menjaga ketertiban dan saling menghormati, apapun pilihannya sama-sama saling menghargai.

Ia juga mengimbau agar ditingkatkan  keamanan lingkungan dalam giat Siskamling di jam rawan dan bilamana ada suatu permasalahan atau gangguan Kamtibmas (Guantibmas) di lingkungan agar melaporkan ke pihak kepolisian.

Tak lupa, Aiptu Sutiyono juga memberikan imbauan terhadap bahaya Narkoba dan minuman keras (Miras). Ia juga mengimbau untuk tidak percaya dengan berita hoax dan atau tidak terpancing hal-hal yang memprovokasi, yang nantinya akan merugikan diri sendiri atau kelompok.

Aiptu Sutiyono juga memberikan imbauan, apabila terjadi gangguan Kamtibmas segera lapor ke Kantor Polisi terdekat atau dapat menghubungi Bhabinkamtibmas.

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Indrawienny Panjiyoga, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa AKP Hitler Napitupulu, S.H., M.H., dalam keterangannya Kamis (17/10/2024) kepada awak media ini menjelaskan bahwa semua ini dilakukan untuk memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat, dan menghindari hal-hal yang bersifat gangguan Kamtibmas. “Polisi saat tidak bertugas juga harus selalu diteladani, sehingga mempertahankan posisi terhormat di masyarakat tempat dia tinggal dan melayani,” kata Kapolsek.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa AKP Hitler Napitupulu juga menjelaskan bahwa ini adalah bentuk perhatian dan sopan kepada warga jika mencari bantuan terkait adanya gangguan Kamtibmas dan memberikan informasi Kamtibmas, dan mereka yang ingin mengajukan pengaduan, menjaga stabilitas, dan memastikan keselamatan masyarakat di wilayah hukum Polsek Kawasan Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

“Bhabinkamtibmas harus selalu harus selalu memperhatikan masyarakat dan bersimpati, harus selalu siap untuk memberikan pelayanan dan bantuan yang diperlukan kepada semua orang tanpa memandang status sosial, harus dapat diandalkan, memiliki martabat dan keberanian serta menumbuhkan karakter dan kepercayaan masyarakat,” tutup AKP Hitler Napitupulu. (*)

Komentar