oleh

Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH Hadiri Pelantikan Pengurus PERGUNU

Kuningan, LINTAS PENA. Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH mengatakan para guru NU diharapkan dapat memperkuat pembangunan SDM dengan cara-cara yang baru.

Bupati Kuningan mengatakan, ”Dunia pendidikan harus berkembang dan maju, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sebuah pergerakan serta dalam sistem pendidikan juga pada para pelaku yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan mendayagunakan teknologi dan informasi serta pembelajaran yang efektif dan efisien juga harus menjadi keniscayaan yang harus diwujudkan” ungkap Bupati saat menghadiri Pelantikan Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Kuningan Masa Khidmat 2021-2026 dengan mengusung tema “Mewujudkan Guru NKRI Bernafaskan Aswaja An-Nahdliyyah dan Berintelektual Tinggi Untuk Merespon Revolusi Industri”, di Aula Pendopo, Sabtu (06/11/2021).

Menurut Bupati, peran guru Nahdlatul Ulama sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan proses pendidikan. Sehingga para guru harus terus meningkatkan kualitas dirinya, agar mampu mendidik generasi bangsa yang berkualitas pula.

“Guru hendaknya tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan maupun ilmu agama, namun juga harus menjadi sosok yang mencerahkan, mampu memupuk nilai-nilai kasih sayang, keteladanan dan moralitas” harapnya.

Selanjutnya Bupati Acep mengatakan, bangkitkan imajinasi para siswa dengan kisah-kisah keluhuran sejarah. Baik sejarah islam maupun nusantara. Dengan imajinasi yang kuat, siswa akan lebih kreatif. Mereka juga akan memiliki rasa kebangggan yang tinggi untuk agama dan bangsanya. Didik anak kita dengan hati, dengan pendidikan menggunakan hati, siswa tidak hanya menjadi pintar, tapi juga memiliki budi pekerti yang luhur. Seperti halnya para kiyai kita mendidik di pesantren-pesantren.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan bahwa Pergunu bukan hanya wadah organisasi tetapi harus kita implementasikan bagaimana peran organisasi profesi.

“saya yakin guru mampu membendung agar siswa tidak sampai terseret pada paham yang sesat, guru adalah benteng terdepan yang setiap hari bertemu generasi penerus bangsa, mampu membekali anak-anak dengan bekal yang cukup, tidak hanya dengan kemampuan bidang keilmuan saja, namun juga akhlak serta moral yang sesuai dengan ajaran ahlusunahwajmaah” tutur Acep.

READ  Pada Rapat Paripurna DPRD Kab.Pangandaran, Komisi I Tanggapi Mengenai Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Badan Permusyawaratan Desa

Bupati berharap, semoga setelah pelantikan ini, akan muncul beberapa program dari Pergunu yang juga dapat mendukung Program Kabupaten Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan Tahun 2025.

“Saya ucapkan selamat atas dilantiknya PC Pergunu Kabupaten Kuningan, sampaikan dengan ikhlas setiap ilmu kepada para siswa, insya allah keberkahan akan terwujud, tidak hanya untuk para murid, tapi juga para guru itu sendiri” Pungkas Bupati.

Pada Kesempatan tersebut Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama KH Asep Saifuddin Chalim berpesan agar pengurus Pergunu yang baru bisa membangun kebersamaan dan bersatu. Menurut dia, Pergunu punya tugas mulia yaitu merealisasikan cita-cita luhur para pendiri bangsa yakni menjadikan Indonesia maju, adil dan makmur.

“Tugas utama guru itu adalah menciptakan generasi beriman dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Kuningan, KH Aam Aminudin mengatakan, mari dengan semangat yang baru kepada seluruh sahabat-sahabat yang telah dilantik. Gerakan kita bukan hanya pergerakan intelektual saja tapi juga peregerakan peradaban dimana saat ini kita hidup di era Internet Of Things oleh karenanya  Pergunu harus menambah Literacy Skill yang salah satunya adalah literasi digital (digital literacy). Dengan kemampuan literasi digital yang dimiliki, para guru diharapkan mampu menjawab tantangan jaman yang serba digital ini, Pergunu harus lebih hebat lagi pergerakannya yang bernafaskan ahlussunnah wal jamaah.

M. Tedi Shonhaji, S.Sos , melaporkan bahwa jumlah anggota pengurus yang di lantik sebanyak 60 orang, Tedi juga melaporkan sebanyak 20 Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan sudah terbentuk dan Pergunu Kab. Kuningan juga selama ini sudah memberikan total 100 beasiswa.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama KH Asep Saifuddin Chalim, Ketua PW Pergunu Jawa Barat   H. Saepuloh, Ketua PWNU Jabar KH Juhadi Muhammad dan Tamu Undangan lainnya. (ADING MULYADI/ Diskominfo).

Komentar