oleh

Bupati Kuningan Hadiri Acara Hajat Bumi Desa Dukuhmaja Kec Luragung

Kuningan,LINTAS PENA – Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH menghadiri acara Hajat Bumi Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung yang bertempat Alun-alun Desa Dukuhmaja. Jumat (22/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Kepala Desa Dukuhmaja yang masih aktif menjabat serta kepala desa terpilih, juga Forkopimcam kecamatan Luragung. Dalam sambutanya kepala Desa yang masih aktif Rohaman menyampaikan, “Pelaksanaan hajat bumi ini rutin kami laksanakan setiap tahunnya. atas nama kepala desa, saya mengucapkan selamat datang ke Bupati di desa Dukuhmaja. Alhamdulillah Bupati bersedia hadir. Kami juga mengucapkan banyak terimakasih semoga ini menjadi silahturahmi yg barokah. melalui acara ini kita sama-sama memanjatkan rasa syukur atas semua nikmat dan rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Acara berlangsung meriah, walaupun ditengah terik matahari tak mengendurkan semangat para masyarakat menyaksikan acara tersebut. Kehadiran Bupati disambut meriah oleh masyarakat Desa Dukuhmaja. Tak lupa pula disuguhkan juga penampilan Tari-tarian dan juga Marching Band.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Acep menyampaikan Kegiatan hajat bumi ini menjadi wujud syukur kita atas limpahan rahmat, berkah, dan rejeki dari allah ta’ala. Selain mengingat untuk berbagi, momen ini juga menjadi pengingat untuk lebih menjaga, peduli, dan melestarikan lingkungan. Bumi adalah perantara rejeki kita, melalui hasil panen, tanah yang subur, lingkungan yang nyaman dan tentram, sehingga perlu terus kita syukuri dan jaga bersama. Juga momen babarit ini kita jadikan juga sebagai sarana memanjatkan doa bagi kita, agar masyarakat dapat terbebas dari segala macam bencana. Untuk itu saya ingin mengucapkan selamat kepada warga desa dukuhmaja ini dalam menikmati pesta hajat bumi ini.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada Rohaman sudah memimpin Desa dukuh maja selama ini dengan sangat baik. Dan juga memberikan ucapan selamat kepada kepala Desa yang baru terpilih Rosidin. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik. Juga untuk para perangkat Desa semoga bisa cepat beradaptasi ke kepala Desa yg terpilih.

“Hari jumat hari yg berkah, hari yang pas untuk mengadakan syukuran. Hajat Bumi ini merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat dan rezeki yg telah diberikan Allah SWT. dan mari sama-sama kita doakan leluhur kita semoga ditempatkan ditempat yg mulia. Semoga kita dapat merenungi semua pesan yang terkandung dari setiap prosesi yang telah di wariskan secara turun temurun melalui kebudayaan yang amat mahal ini. Warisan kebudayaan yang suatu saat akan kita turunkan kepada anak cucu kita, yang menggambarkan bahwa negara kita, bangsa kita sangat kaya akan keanekaragaman budaya”. tutup Bupati Kuningan. (ADING MULYADI/ Prokompim  Kuningan)****