oleh

Digitalisasi Marketing Guna Meningkatkan Pendapatan Petani Tanaman Hias dan UMKM di Desa Sidomulyo Kota Batu, Jawa Timur

Oleh: Septiana Widiya Astuti ( Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang) ***

PELAKSANAAN Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 28 Gelombang 02 di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur masih berjalan. Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM ini didampingi dan di arahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fitrian Aprilianto, S.E.,M.E., yang selalu memberikan nasihat serta saran kepada kelompok 28 mengenai program kerja dan teknis pelaksanaannya.

Pada hari Jum’at 4 Maret 2022 telah berjalan salah satu dari program kegiatan kelompok 28 yaitu sosialisasi “Digital Marketing” yang di sampaikan oleh kak Ikhsan (Mahasiswa Jurusan Management UMM) dan di hadiri oleh ibu-ibu PKK Desa Sidomulyo.

Digitalisasi marketing sangat penting di masa pandemi covid-19 saat ini terutama untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Sidomulyo yang mayoritas berpropesi sebagai petani tanaman hias. Dimana kita ketahui dampak lain yang muncul selain kesehatan ialah dampak ekonomi, mengakibatkan pendapatan masyarakat menurun sedangkan pengeluarannya tetap atau malah meningkat. Terutama akhir-akhir ini kasus yang positif karena gejala covid omicron mulai meningkat sehingga PPKM kembali di berlakukan.

Sesi sosialisasi ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari perwakilan Ibu-ibu PKK dan sambutan coordinator kelompok 28 gelombang 2 yaitu Septiana Widiya Astuti, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars PKK. Acara selanjutnya langsung keacara inti yaitu pemateri menyampaikan materi tentang “Dogitalisasi Marketing” harapannya Ibu-ibu dapat menerapkan hal-hal yang sudah disampaikan di UMKM yang ada di Desa dan bagi petani tanaman hias.

Sesi selanjutnya kami menjelaskan secara langsung cara membuat dan menggunakan platform atau e-commers pemasaran online, harapannya dengan kami ajarkan atau menjelaskan secara langsung maka Ibu-ibu PKK akan paham dan menerapkan hal tersebut di BUMDES atau UMKM yang ada di Desa Sidomulyo, agar meningkatkan pendapatan masyarakat.

Diakhir sesi sosialisasi, kami memberikan kesempatan kepada hadirin untuk bertanya dan Ibu-ibu PKK yang hadir cukup antusias dengan materi yang telah di sampaikan dimana mereka juga memberikan pertanyaan yang menarik sesuai dengan pengalaman dan kendala yang mereka hadapi dalam berbisnis.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini harapannya dapat membantu masyarakat Desa Sidomulyo dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemic covid-19.(***