oleh

Diskopdagperin Kabupaten Kuningan Meraih 3 Penghargaan

KUNINGAN –    Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan kembali menorehkan prestasi di bawah kepemimpinan Trisman Supriatna, S.Pd., M.Pd., sejak 22 September 2023. Sebelumnya, Trisman Supriatna telah sukses memimpin Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan.

Pada hari jumat, tanggal 10 November 2023, Diskopdagperin berhasil memenangkan penghargaan bergengsi, yaitu Pasar Tertib Ukur, yang diberikan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Pasar Rakyat Desa Cibingbin menjadi penerima prestasi ini. Seremoni penganugerahan dihelat di Hotel Pullman Bandung Grand Central, dengan tema “Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen.” Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, secara langsung memberikan penghargaan dalam beberapa kategori, termasuk Penghargaan Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Perlindungan, Penghargaan SNI Pasar Rakyat, Penghargaan Daerah Tertib Ukur, dan Penghargaan Pasar Tertib Ukur. Tidak kurang dari 107 Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Majalengka, turut meraih Penghargaan Pasar Tertib Ukur.

Kemudian pada hari Senin, tanggal 13 November 2023, Dedy Rachman, salah satu pendamping UMKM Diskopdagperin Kuningan, yang meraih penghargaan sebagai Pendamping UMKM Juara Terbaik Kabupaten Kuningan pada program UMKM Juara Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Penghargaan tersebut diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat di Grand Sunshine Resort & Convention, Kabupaten Bandung, dan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat.

Tak kalah mengesankan, Agus Rahwan Awaludin, pelaku UMKM binaan Diskopdagperin Kuningan, produsen alat khitan laser merk Sonix, memperoleh penghargaan sebagai UMKM Unggulan Kabupaten Kuningan dalam program UMKM Juara Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, yang juga diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat.

Prestasi-prestasi ini memperkuat posisi Diskopdagperin Kuningan sebagai SKPD yang berfokus pada pelayanan kepada masyarakat dalam membangun perekonomian di  Kabupaten Kuningan. “Kami berkomitmen untuk terus melangkah maju dan meningkatkan prestasi di masa yang akan datang,” kata Trisman Supriatna, Kepala Diskopdagperin Kuningan. “Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Kuningan.”

Dalam mengangkat sektor UMKM, Diskopdagperin Kuningan memberikan dukungan penuh kepada pelaku usaha seperti Pak Agus pengusaha alat khitan laser tersebut, produknya telah merambah pasar internasional dengan ekspor ke beberapa negara. Sekarang produk alat Kesehatan tersebut telah diterima oleh 62 negara, termasuk di Eropa dan Australia. Tidak sedikit dokter di luar negeri yang mengakui dan mengapresiasi kualitas alat khitan yang mempunyai branding “Cautter Khitan Sonix” tersebut.

Sebagai pembina UMKM, Diskopdagperin Kuningan aktif mendorong agar produk-produk lokal dapat bersaing di pasar global. Pendampingan yang komprehensif, melibatkan seluruh rantai pasokan dari hulu sampai hilir, adalah bagian dari inisiatif Dinas untuk memastikan daya saing produk UMKM di pasar global. Upaya ini tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal tetapi juga menjadikan UMKM sebagai agen perubahan yang berperan dalam perekonomian internasional. (ADING MUYADI/Diskominfo).