oleh

Inilah 4 Wanita Misteri Indonesia Yang Melegenda

Oleh : KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H, C,NSP, C.CL, C.MP ( Advokat Peradi Perjuangan, Budawayan, Penulis, Spiritualis )

TERNYATA ada 4 wanita mistis dan legendaris di Indonesia yang sangat populer. Indonesia merupakan negara yang kaya akan cerita mistis, 4 wanita mistis ini telah banyak dibicarakan di kalangan masyarakat bahkan kisah mereka telah didokumentasikan dalam sebuah film.

Banyak hal-hal mistis yang ada di sekitar kita. Indonesia memiliki 4 tokoh wanita mistis yang sangat populer dan telah menjadi legenda di masyarakat sampai sekarang ini.

Mak Lampir

Wanita dalam cerita mistis legenda selanjutnya adalah Mak Lampir. Legenda Mak Lampir atau Nenek Lampir berasal dari Sumatera tepatnya yaitu di kaki Gunung Berapi di Kabupaten Agam. Konon sosok Mak Lampir merupakan seorang wanita yang ingin hidup abadi sehingga dia bersekutu dengan golongan jin dan setan untuk mewujudkan keinginannya.

Wanita ini akhirnya hidup selama ribuan tahun dan berkelana di sepanjang hidupnya sehingga dia dujuluki Mak Lampir. Kabarnya Mak Lampir telah mendirikan kerajaan iblis yang terletak di Puncak Gunung Merapi Jawa.

Konon katanya Datuk Panglima Kumbang adalah kekasih Mak Lampir yang masih menjadi seorang putri, tetapi hubungan mereka tidak direstui orang tuanya, sehingga sang putri (Mak Lampir) melakukan pertapaan di atas Gunung Merapi.

 Pada akhirnya Datuk Panglima Kumbang meninggal dalam pertempuran dan sang putri pun melakukan segala cara untuk menghidupkan kembali kekasihnya itu. Akhirnya sang panglima pun kembali hidup tetapi dia malah takut dengan sosok sang putri yang telah menjadi mak lampir. Inilah awal mula terjadinya peperangan dalam dunia ghaib antara aliran putih dengan aliran hitam.

Nyi Blorong

Nyi Blorong merupakan sosok wanita mistis yang banyak menyebarkan kesesatan kepada manusia untuk mencari pesugihan. Konon katanya, sosok mistis ini adalah putri ular, tetapi cerita yang beredar lainnya adalah Nyi Blorong merupakan seorang putri yang bernama Nyimas Dewi Anggatasari yaitu cucu dari Raja Caringin XI.

READ  Ketua TP. PKK Labusel Hadiri Acara Pembagian Bibit, Benih, Pupuk dan Alsintan di Persawahan Desa Sabungan

Kanjeng Ratu Kidul

Kanjeng Ratu Kidul merupakan tokoh wanita mistis yang dipercaya sebagai penguasa alam ghaib. Istana ratu ini berada di Pantai Selatan Pulau Jawa sehingga banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai Ratu Penguasa Pantai Selatan.

Menurut kepercayaan masyarakat, sosok ratu ini merupakan sosok wanita yang baik dan dia telah menjaga daerah sepanjang Pesisir Pantai Samudera Hindia dari orang-orang yang akan berbuat maksiat.

Jadi setiap orang yang akan berbuat maksiat disekitar pantai ini akan berpikir dua kali sebelum melakukannya. Asal usul Ratu Pantai Selatan ini masih menjadi misteri, sebagian kabar yang beredar adalah sosok ratu ini merupakan seorang putri  yang berasal dari Kerajaan Siliwangi, tetapi sebagian besar masyarakat mempercayai bahwa sosok ratu ini merupakan sosok ghaib yang memiliki aliran putih atau baik.

Nyi Loro Kidul

Nyi Loro Kidul merupakan sosok wanita ghaib penunggu pantai selatan dan selalu dikaitkan dengan warna hijau. Konon katanya, wanita dalam legenda misteri ini adalah seorang putri dari Kerajaan Pajajaran. Raja Pajajaran memiliki 7 orang selir dan saat itu permaisuri telah melahirkan seorang putri yang sangat cantik melebihi kecantikan permaisuri dan ke-7 selir raja,

Putri ini bernama Putri Lara Kadita. Karena rasa iri maka ke-7 selir itu menyebarkan penyakit kepada sang putri sehingga dia harus diusir dari istana.

Dalam pengembaraannya sang putri bermimpi bertemu dengan orang suci dan memberinya nasehat untuk mensucikan dirinya.

Setelah terbangun akhirnya sang putri  melompat kelautan dan terbawa gulungan ombak, akhirnya sang putri memperoleh kembali kecantikannya bahkan memperoleh kekuatan ghaib untuk membalas semua perbuatan ke-7 selir raja.

Itulah beberapa informasi seputar 4 tokoh wanita mistis dan legendaris di Indonesia yang sangat populer dikalangan masyarakat jawa dan sekitarnya.(****

Komentar