oleh

Kegiatan Rutin Ketua MUI Ciamis dan Pimpinan Pesantren Miftahul Ridwan  Pangaray Gegempalan

Ciamis, LINTAS PENA–Selain tugas sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI ) Kabupaten Ciamis Drs. KH. Saeful Ujun  juga memiliki Pondok Pesantren yang bernama Miftahul Ridwan  Pangaray, Gegempalan Desa Maparah Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Sebelum melaksanakan tugas pokok, Pimpinan Ponpes Miftahul Ridwan  Drs. KH. Saeful Ujun Ini sambil berolahraga, selalu mempersiapkan untuk menu para santrinya  dengan menjaring ikan yang letaknya di lingkungan Pondok pesantren.

Wartawan LINTAS PENA saat berkunjung pagi hari, Minggu, 23/3/2024, ia mengatakan ini rutin setiap pagi kegiatan saya, ucapnya. Alhamdulilah berkat kepercayaan kepada lembaga kami, Bank Indonesia (BI) Cabang Tasikmalaya memberikan  8 unit kolam Bioflop berserta peralatan termasuk benih ikan nila prima, ia menambahkan bakhan sudah panen 3 kali, ini bertujuan untuk mensejahterakan para santri serta para ustadnya,

Selain itu Kementrian Agama pusat  juga memberikan sejumlah 16 kolam Bioflop  yang dikhususkan untuk penanaman ikan gurame berupa bibit yang berukuran dua jari, ini bisa dijual setelah Tiga bulan dengan ukuran 4 jari, ini semua dikelola oleh para santri dan  ustadnya, sekarang jumlah santri ada 185 orang dengan guru ngaji ada 6 orang ustaz, diperkirakan dengan Diniyah 200 orang, selain itu setiap Selasa ada pengajian ibu-ibu jamaah kurang lebih 300 orang ada juga dari desa Sadewata, semua jamaah diantar jemput oleh kendaraan operasional yayasan.

Untuk sementara belum punya ruang belajar,  para santri ini belajarnya di rumah-rumah, di Masjid dan Gazebo, rencana kedepan akan membangun asrama putra  4 ruang, yang bisa menunjang 50 orang , harapan besar para santri  ini bukan hanya bisa mengaji, tetapi harus kreatif disegala bidang, biasanya suka meniru para ustadnya  sendiri, dan Ponpes Miftahul Ridwan ini baru berdiri 2,5 tahun, Pungkasnya. ( Hendaya/ Husen, LP)