oleh

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Melalui Media Game Edukatif

Oleh. Erfin, M.Pd. (SDN 3 Sukasari Kota Tasikmalaya)

PENDIDIKAN memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Peranan guru sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan. Salah satu peran penting guru dalam pendidikan adalah sebagai fasilitator yang memberikan pelayanan atau fasilitas kepada siswa dalam proses pembelajaran. Kondisi pandemi tentunya tidak menyurutkan smenagat guru untuk terus berinovasi memberikan pera teraiknya demi mewujutkan muta pendidikan ke arah yang lebih baik.

Kaitannya dengan kondisi sekarang peran guru sebagai motivator yang berperan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa sangatlah dibutuhkan. Motivasi belajar tumbuh dan berkembang dalam diri sehingga mampu membangun pembelajaran yang bermakna serta berpengaruh pada prestasi siswa. Pendidikan tidak hanya berkutat pada masalah teknis saja, melainkan juga harus memperhatikan masalah psikologis siswa.

Aspek psikologis siswa menjadi acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Aspek ini yang justru perlu disiapkan sebaik mungkin agar proses belajar menjadi bermakna (meaningful learning) dan menyenangkan bagi siswa. Berbagai upaya dilakukan guru untuk meminimalisisr adanya kemunduran pembelajaran di era pandemi ini. Salah satunya guru harus pandai meramu strategi pembelajaran yang bervariatif untuk mengembangkan psikologis siswa dalam pembelajaran di masa pandemi ini.

Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa tidak lepas dari kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus berinovasi dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif sebagai syarat keberhasilan proses pembelajaran. Media berbasis digitalisasi salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran di masa pandemi ini. Pengguaan gawai/ HP tentunya dapat membantu pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi. Namun demikian, keberadaan dalam penggunaan gawai harus dibatasai dengan konten-konten positif. Salah satu aplikasi yang bisa membantu pembelajaran di masa pandemi dengan game edukatif.

READ  Mr.Bruce Walker D.D.S Kunjungi Kampus SDN Sinartanjung Kota Banjar

Pemanfaatan media game edukatif diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan unsur visual yang menarik. Permasalahan yang ada dalam game menuntut siswa untuk menunjukkan kemampuannya dalam menyelesaikan  setiap level permainan. Tampilan visual game edukatif yang menarik akan memancing keingintahuan siswa sehingga memunculkan motivasi instrinsik. Game edukatif yang dikembangkan meliputi beberapa level permainan yang harus diselesaikan siswa untuk memperoleh skor tertinggi. Siswa yang menginginkan skor tertinggi untuk menyelesaikan permainan akan berusaha aktif dalam bermain game tersebut.(***

Komentar