oleh

Muyawarah Desa Khusus Penetapan Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan Langsung Tunai Desa Cikadu Tahun 2023

Kab Tasik, LINTAS PENA. Badan Permusyawaratan Desa Cikadu kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, menyelenggarakan Musyawarah Desa Khusus untuk memverifikasi ,memvalidasi dan menetapkan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2023 . Musyawarah Desa Khusus yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Cikadu pada hari Senin tanggal 27 Februari 2023, Dalam Kegiatan Acara tersebut dihadiri oleh Forkompimcam Kecamatan Cisayong, Ketua BPD Desa Cikadu, Gangan Nugraha, plt Kepala Desa Cikadu beserta perangkat desa, Ketua RT/RW ,PKK , KPMD dan segenap tamu undangan. Acara dibuka oleh Ketua BPD gangan Nugraha dilanjutkan sambutan Camat Cisayong, juga dilanjutkan sambutan oleh Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (KASI PMD) yang mempunyai Tugas melaksanakan dan membina Pembangunan serta mengoordinasikan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi. (PMDE) Kecamatan Cisayong Oleh Bapak Drs, Agus, Suryana.

PLT kepala Desa Cikadu Saoban Muhamad MH mengatakan bahwa BLT DD tahun 2023 merupakan lanjutan program pemberian BLT desa tahun sebelunnya. Pada tahun 2022 pemerintah lebih menekankan penggunaan Dana Desa untuk BLT desa dengan menetapkan persentase minimal.Menurut Pelaturan Persiden nomor 104 tahun 2021 tentang rincian APBN tahun anggaran 2022 Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk perlindungan sosial, berupa BLT Desa paling sedikit 40% program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% dukungan pendanaan penanganan Covid -19 paling sedikit 8% dan program sektor prioritas Nasional sesuai kewenangan desa lainnya. Persentase penggunaan tersebut dihitung dari Dana Desa pada setiap desa.

Hal ini Ungkap PLT Kepala Desa Cikadu Saoban Muhamad MH berbeda dengan penggunaan Dana Desa tahun 2023. Pemerintah menetapkan pola minimal dan maksimal dalam penganggaran BLT DD. sehingga Desa dapat menentukan kebijakan sesuai dengan kondisional desa terangnya. BLT DD paling sedikit 10% dan maksimal 25 % Oprasional pemerintah desa 3% program ketahanan pangan dan hewani 20% dukungan pendanaan untuk penanganan Covid -19 mitigasi bencana alam dan non alam. BLT desa sebagai mana dimaksud dalam pelaturan Mentri Keuangan Nomor 128/PMK.07/2021 tentang pengelolaan Dana desa pasal 32 ayat (1)huf a dapat diberikan kepada keluarga penerima manpaat yang memenuhi kriteria, ungkapnya. Acara dilanjutkan penyepakatan dan penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa sejumlah 22 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). terangnya. (JOHAN ROHANI)

Komentar