oleh

PDAM Tirta Intan Garut, Gelar Workshop Akhir Tahun 2021

Garut, LINTAS PENA. Diakhir tahun 2021 PDAM Tirta Intan Kabupaten Garut, Menggelar workshop “Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata Tata Usaha Negara” dalam workshop ini sebagai Narasumber nya adalah Kasi Datun Kejaksaan Negeri Garut, Bapak Fery Nopiyanto, SH. Kegiatan ini dilaksanakan di fave hotel yang di hadiri oleh para pejabat PDAM Tirta Intan Garut, dari tingkat kepala seksi, kepala cabang dan kepala bagian.jumat, 31 Desember 2021.

Menurut Direktur Utama PDAM Tirta Intan Kabupaten Garut, Dr. H. Aja Rowikarim, Tujuan adanya kegiatan workshop ini adalah :

1. Untuk nambah wawasan agar prilaku sebagai karyawan Perumda Air minum senantiasa beraktivitas pada perusahaan/PDAM sesuai aturan yang berlaku, tidak melakukan pelanggaran yang berujung tindak lanjut dengan kejaksaan.

2. Karyawan yang telah dibekali pengetahuan dan pemahaman penyuluhan hukum diharapkan bertindak dengan penuh kesadaran tidak ragu lagi mengambil sikap      sesuai ketentuan ketika menghadapi situasi dilapangan dalam menjalankan tugas fungsinya melaksanakan pelayanan Air minum bagi masyarakat pelanggan PDAM Garut

3. Adanya pencerahan dari penyuluhan hukum oleh kejaksaan-datun untuk mensikapi situasi yang menyebabkan terhambatnya pelayanan PDAM diantaranya :

Adanya klaim-klaim kepemilikan oleh ahli waris terhadap lahan-lahan yang ada sumber mata Airnya, atau bangunan yang sudah ada pasilitas PDAM. seperti Intik reservoir, tanah yang dilewati jaringan Pipa PDAM.

Adanya pihak pihak yang menganggu intek penampun air pada sumber sehingga air terganggu dan tidak mengalir

Adanya Pemutusan Pipa jaringan PDAM di sumber mata air oleh seseorang atau kelompok tertentu sehingga air terhenti mengalir mati.

Aliran air pada Pipa Utama PDAM berkurang oleh seseorang atau kelompok-kelompok tertentu yang tidak diketahui pelakukanya secara berulang-ulang dengan cara di bolongan/dibocorkan pada kolam, perkebunan.

Adanya perbaikan jalan dengan alat berat beco, dan terbekonya jaringan pipa PDAM sehingga aliran terhenti.

Mati aliran PLN secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan Pompa PDAM terhenti dan menjadi sebab utama kerusakan Pompa PDAM karena Mati dan hidup PLN secara tiba-tiba.

4. Memberikan pemaham pada karyawan PDAM untuk tidak melakukan Pelanggaran -pelanggaran yang berlanjut dengan kejaksaan diantaranya:

Sambungan illegal diantaranya :

1. Pemasangan Sambungan Rumah tanpa Water Mater

2. Pemasangan Sambungan Rumah ada Water Mater tapi tidak tercatat pada sistem pencatatan PDAM.

Saat ini ada yang melakukan sambungan illegal untuk segera mengakuinya dan menyelesaikan secara bertanggung jawab, sebelum diketahui atau adanya  laporan yang berujung tindak lanjut dengan kejaksaan.

5. Pemahaman dan tindak lanjut atas terdapatnya sebagian pelanggan-pelanggan yang belum bayar berbulan-bulan, ada yang bertahun-bertahun airnya masih mengalir atau kemudian di tutup, namun air yang digunakan tidak dibayar masih tersisa tagihan air yang telah digunakannya. (Hendra)

Komentar

News Feed